Sponsors Link

15 Cara Menurunkan Panas Pada Anak Usia 2 Tahun Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Bila buah hati berusia 2 tahun mengalami panas, orangtua pasti khawatir. Meskipun kebanyakan sudah mengetahui bahwa panas adalah mekanisme tubuh terhadap adanya infeksi dan tidak selalu berbahaya. Apalagi kalau panas ternyata adalah demam non infeksi seperti karena kelelahan atau demam akibat imunisasi. Hal tersebut sering terjadi pada anak usia dua tahun. Tiba-tiba anak panas di malam hari atau anak panas saat bangun tidur siang. Dan artikel ini akan membahas beberapa cara menurunkan panas pada anak usia 2 tahun yang bisa dilakukan di rumah sebagai pertolongan pertama.

ads
  1. Obat Turun Panas

Jika orangtua yang masih memiliki buah hati balita ingin menyediakan obat apotek atau obat kimia, obat penurun panas badan, dapat menyediakan obat yang mengandung paracetamol. Obat ini menurunkan panas dan meredakan nyeri yang termasuk kategori aman untuk anak. Banyak merk obat yang mengandung paracetamol. Di antaranya adalah Sanmol.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres adalah cara menurunkan panas pada anak usia 2 tahun sejak zaman dahulu atau boleh dikatakan cara yang sangat tradisional. Namun, beberapa ahli kesehatan mengakui keefektifannya. tubuh Disarankan untuk kompres penurun panas dengan air hangat pada dahi, ketiak, dan lipatan paha.

  1. Minum Air Hangat

Minum air hangat sebanyak mungkin untuk mencegah dehidrasi. karena dehidrasi dapat menyebabkan suhu badan semakin meningkat. Sedangkan minum air hangat juga memicu tubuh untuk menetralisir panas.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi tetap disarankan kepada anak yang suhu tubuhnya meningkat. Usahakan mandi dengan air hangat. Air dingin akan menyebabkan tubuh menggigil sesudahnya. Sedangkan mandi air hangat akan menyebabkan tubuh menjadi berkeringat dan segar. Akibatnya panas tubuh juga akan menurun perlahan.

  1. Istirahat

Balita demam biasanya masih tetap melakukan aktivitas. Ajak anak untuk lebih banyak beristirahat dan tidak melakukan aktivitas fisik yang biasa. Dengan beristirahat gejala demam biasa dapat teratasi dengan cepat. Apalagi jika dikombinasi dengan hal-hal yang telah disebutkan di atas.

  1. Menggunakan Pakaian Tipis

Jika demam anak 38 derajat, jangan berikan pakaian dan selimut tebal. Cukup kenakan pakaian pendek yang tips menyerap keringat. Meskipun diyakini akan mengeluarkan keringat dan menurunkan panas, pakaian dan selimut tebal akan memerangkap panas tubuh dan memicu tubuh meningkatkan suhu tubuhnya. Dengan obat penurun panas, obat herbal demam panas, atau kompres, suhu panas dapat turun dengan sendirinya.

  1. Teh Jahe

Jahe menghangatan tubuh. Selain itu, kandungan minyak atsiri di dalamnya data menurunkan panas. Minuman jahe juga cukup disukai anak. Dengan minum jahe panas turun dan melegakan pernapasan yang tersumbat apabila demam flu pada anak atau demam batuk pilek pada anak atau demam akibat radang tenggorokan.

Sponsors Link

  1. Konsumsi Sup Hangat

Sebagian besar anak menyukai makan sup. Ini termasuk resep makanan untuk anak demam yang disukai. Sup hangat dapat memicu tubuh mengeluarkan panas melalui keringat. Selain itu, kandungan gizi lengkap yang terdapat dalam sup akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan melegakan pernapasan.

  1. Bawang Merah

Manfaat bawang merah untuk demam anak sangat ampuh. Caranya mudah, hanya dengan mengiris tipis dan mencampurkannya dengan minyak kelapa dan membalurkannya ke seluruh tubuh. Karena khasiat bawang merah didapat tidak dengan mengkonsumsinya, maka akan lebih mudah untuk digunakan dan tidak perlu membujuk anak untuk memakannya.

ads

  1. Minuman Probiotik

Kandungan minuman probiotik yang dikatakan mengandung bakteri baki, sangat bagus dikonsumsi anak yang demam. Kandungannya dapat menurunkan panas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menyehatkan pencernaan. Namun, jangan gunakan minuman ini untuk anak yang menderita demam diare atau demam cirit birit.

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu tanaman bumbu dapur yang mengandung zat penurun panas, anti infalamasi, dan antibiotik alami. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung untuk merasakan khasiatnya. Tetapi jika anak sulit untuk memakan bawang putih karena bau dan rasanya, bawang bisa dicampurkan lebih banyak ke dalam sup yang dikonsumsi anak.

  1. Buah-Buahan

Buah penurun panas anak umumnya mempunyai rasa manis menyegarkan. Anak-anak kebanyakan suka, sehingga konsumsi banyak buah adalah cara menurunkan panas pada anak usia 2 tahun yang sangat efektif. Khususnya buah-buahan yang banyak mengandung cairan seperti melon, semangka, dan jeruk. Pisang juga dapat dikonsumsi sebagai makanan penurun demam. Dengan konsumsi buah, berarti mengatasi dehidrasi, menurunkan panas, dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C nya.

  1. Madu

Manfaat madu untuk demam anak terkenal sangat ampuh. Apalagi madu anak saat ini ditambahkan dengan ekstrak tanaman lain seperti temulawak, jahe, dan sebagainya. Khasiatnya menjadi bertambah. Konsumsi madu juga sangat disukai anak karena rasanya yang manis.

  1. Air Kelapa Muda

Demam anak sampai 40 derajat sangat tinggi. Demam yang demikian dapat menyebabkan anak mengalami dehidrasi. dehidrasi tersebut ditandai dengan bibir pucat, kering, dan pecah-pecah. Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi dengan air putih. Tetapi jika di seitar ada air kelapa muda, maka bisa diminumkan untuk lebih cepat mengatasi dehidrasi dengan kandungan elektrolitnya. Selain itu air kelapa muda adalah penawar racun yang segar jika diminum dan menurunkan panas.

Sponsors Link

  1. Kompres Herbal dan Plester Kompres

Kompres menggunakan daun cocor bebek atau daun singkong yang ditumbuk halus dapat efektif bagi demam anak dan sakit kepala. Sementara bagi yang ingin praktis dapat menyediakan plester kompres demam untuk dewasa dan anak yang dijual di apotek atau toko obat sebagai kompres. Ini juga efektif menggantikan kompres dengan air hangat.

Sebenarnya banyak bahan di sekeliling kita yang dapat dijadikan obat alami penurun panas. Namun, tidak semua bisa digunakan sebagai cara menurunkan panas anak pada usia 2 tahun. Apalagi jika obat harus diminum atau dikonsumsi, anak-anak akan sulit dibujuk. Segeralah ke dokter jika demam terus meninggi, demam berkepanjangan, demam menunjukkan gejala bukan jenis demam biasa, keluar bintik merah, dan dehidrasi berat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan