Sponsors Link

Kompres Demam Pake Air Hangat atau Dingin? Ini Jawaban Paling Tepat

Sponsors Link

Pada umumnya tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar ia hidup atau berada pada saat tertentu. Salah satu kemampuan tubuh manusia yaitu mampu untuk menyesuaikan suhu dalam tubuh dengan suhu udara disekitarnya, sebagai contoh jika seseorang yang sedang berada di bawah terik matahari sehingga membuat tubuhnya terasa panas dan cara tubuh untuk menyeimbangkan kondisi tubuhnya yaitu dengan mengeluarkan keringat yang mana merupakan bagian dari cairan tubuh.

ads

Tubuh yang mengeluarkan keringat ini bertujuan untuk mengurangi panas tubuh dengan cara membuka pori-pori tubuh sehingga uap akibat panas dapat dikeluarkan dan sebaliknya apabila tubuh terkena suhu udara yang dingin cara tubuh untuk mengatasi hal ini justru dengan cara tidak mengeluarkan keringat karena dengan demikian panas dalam tubuh dapat tetap terjaga untuk waktu yang lama.

Peningkatan suhu tubuh yang meninggi tidak hanya dapat disebabkan oleh faktor cuaca atau udara yang dingin saja karena tingginya suhu tubuh juga dapat menjadi sebuah gejala dari penyakit yang sedang diderita tubuh. Peningkatan suhu tubuh ini biasanya disebut sebagai demam, demam bukanlah sebuah penyakit melainkan sebuah gejala dari penyakit yang sedang menyerang tubuh seperti demam akibat radang tenggorokan.

Untuk mengatasi demam terkadang dapat terjadi secara tiba-tiba tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena biasanya memerlukan sebuah diagnosis yang tepat guna mengetahui apa penyebab dari timbulnya demam tersebut sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat terhadap demam yang sedang dialami. Terdapat beberapa jenis demam yang dapat menjadi penyebab panas pada anak naik turun.

Kompres demam pake air hangat atau dingin ?

Demam yang menyebabkan hanya mencapai atau berhenti meningkat pada suhu 390C biasanya dapat dikatakan sebagai demam ringan yang cenderung tidak membahayakan, namun apabila demam dapat menyebabkan suhu meningkat dari tingkat suhu tersebut maka haruslah diwaspadari karena bisa saja berbahaya bagi keselamatan. Suhu tubuh yang meningkat secara tiba-tiba tanpa adanya tanda awal tubuh akan mengalami demam terkadang dapat menimbulkan kepanikan tersendiri baik bagi diri pribadi maupun orang yang berada disekitar sehingga terkadang binggung saat demam sebaiknya kompres dingin atau hangat agar demam segara turun.

Disaat tubuh yang mengalami demam tinggi secara tiba-tiba pastinya akan dilakukan beberapa cara penanganan seperti memberikan kompres demam pake air hangat atau dingin guna menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat, namun perlu diketahui juga mengenai cara tepat melakukan kompres yang benar seperti apa dan apakah lebih baik memilih kompres demam pake air dingin atau hangat guna mempercepat menurunkan suhu tubuh.

Sebenarnya penggunaan kompres dengan air hangat atau dingin memiliki beberapa manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh, sebelum memilih mengkompres demam tinggi perlu diketahui cara apa yang paling tepat untuk dilakukan yaitu seperti :

  1. Kompres dengan menggunakan air dingin

Terkadang suhu yang dingin sangat diperlukan oleh tubuh guna mengatasi beberapa masalah yang sedang terjadi. Sedari dulu tentunya banyak orang tua atau orang terdekat kita yang memiliki menggunakan air dingin sebagai bahan untuk mengkompres tubuh agar suhu tubuh yang tinggi akibat demam dapat segera diturunkan. Banyak orang yang berfikir bahwa suhu badan yang panas dapat dikendalikan dengan menggunakan suhu yang dingin sehingga masih banyak orang yang binggung untuk memilih kompres demam pake air hangat atau dingin, padahal kenyataanya hal ini tidak akan berlaku apabila digunakan dalam cara mengatasi demam tinggi yang sedang terjadi.

Sponsors Link

Sehingga dapat dikatakan bahwa air dingin yang digunakan untuk mengkompres tubuh yang sedang demam tinggi tidak akan bekerja dengan efektif justru malah akan menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah menggigil akibat dingin yang dirasakannya. Efek dingin baik itu yang berasal dari es batu atau air dingin sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya bagi tubuh. Bebebarapa manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh dengan menggunakan es batu atau air dingin yaitu dapat membantu memperlancar peredarah darah disekitar kulit yang diberikan es batu atau air dingin dalam jeda waktu tertentu.

Sebagai contoh es batu banyak dimanfaatkan oleh orang untuk memerahkan bibir, selepas merasakan dinginnya es batu aliaran darah yang berada disekitar wajah atau bibir akan mencoba mengalir ke daerah yang telah terkena es batu. Kompres es batu juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan akibat cendera atau hal lainnya serta dinginnya es batu dan air dingin ini dapat merilekskan otot tubuh yang kaku.

Sponsors Link

  1. Kompres dengan menggunakan air hangat

Jika sedang dihadapkan untuk memilih kompres demam pake air hangat atau dingin guna mengatasi demam tinggi yang sedang dirasakan oleh tubuh, jawaban yang paling tepat yaitu dengan memilih kompres dengan air hangat. Seperti yang dijelaskan pada pembahasan demam diatas bahwa tubuh cenderung menyesuaikan atau menyeimbangkan suhu tubuhnya yang sedang panas dengan mengeluarkan keringat dan uap dari pori-pori tubuhnya. Kenapa tubuh tidak mendinginkan suhunya dengan memanfaatkan udara yang dingin pula dan malah memilih kembali memanaskan suhu tubuhnya?

Saat suhu tubuh yang sedang tinggi ini sedang berlangsung, tubuh cenderung akan berusaha mengeluarkan panas dari dalam dengan cara membuka pori-pori tubuhnya. Kompres air hangat lebih efektif bekerja dalam membantu tubuh menyeimbangkan kembali suhu normalnya dengan cara memperbesar pembuluh darah sehingga darah dapat dengan cepat mengalir ke seluruh bagian tubuh sehingga tidak akan menyebabkan demam jantung berdebar. jika mengguankan air dingin justru akan berdampak pada menyempitnya pembuluh darah sehingga sel darah yang membawa uap air dalam tubuh akan menjadi lambat mengalir.

Efek hangat yang dirasakan ketika tubuh dikompres dengan air hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman ketika sedang dalam keadaan beristirahat atau tertidur di malam hari. Terdapat beberapa jenis demam yang dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah menggigil jika terkena suhu udara yang dingin oleh karena itu kompres dengan menggunakan air dingin sangat tidak dianjurkan jika ingin demam tinggi dapat diatasi dengan segera.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika dihadapkan dengan pilihan menggunakan kompres demam pake air hangat atau dingin untuk mengatasi demam lidah putih sangat dianjurkan untuk menggunakan air hangat untuk mengkompres demam yang sedang diderita tubuh. Saat sedang demam tinggi tubuh cenderung lebih mudag berdehidrasi akibat mengeluarkan cairan tubuh berupa keringat oleh karena itu ada baiknya jika tetap meminum air putih yang banyak dan dapat disertai dengan  memakan beberapa jenis buah yang sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan