Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Anak Demam Menggigil di Malam Hari

Sponsors Link

Anak pada dasarnya mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuhnya belum sempurna. Apalagi jika ditambah dengan kondisi anak yang banyak aktivitas, lingkungan kurang sehat, kurang selera makan, dan sebagainya. Maka, demam akan mudah sekali menyerang. Demam menggigil pada anak atau kedinginan sendiri adalah bagian dari macam-macam panas pada anak. Karena suhu tubuh meningkat, maka otot akan melakukan gerakan berulang-ulang / menggigil untuk menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan.

ads

Secara umum, demam menggigil di malam hari dapat menjadi gejala demam biasa. Namun, jika terjadi demam berkepanjangan dan demam menggigil di malam hari, dapat diakibatkan oleh demam dengue pada anak, demam tifus, demam malaria, demam pada penderita TBC, dan demam infeksi saluran kemih. Di bawah ini adalah cara mengatasi demam anak menggigil di malam hari.

  1. Jangan Panik

Penting ketika anak sakit adalah orangtuanya tidak panik. Orangtua yang panik biasanya agak sulit berpikir dan melakukan tindakan yang tepat.

  1. Mengukur Suhu Badan Anak

Tindakan selanjutnya adalah mengukur suhu badan anak dengan termometer. Mengukur badan dengan termometer akan menghasilkan ukuran yang tepat. Suhu yang ditunjukkan oleh termometer dapat dijadikan acuan seberapa tinggi panas anak.

  1. Perhatikan dan Catat Gejala

Dengan tidak panik maka orangtua akan mudah mencatat atau minuman mengingat semua yang dialami dan dirasakan anak. Ini penting, jika suatu saat anak harus ke rumah sakit / klinik, dokter akan lebih cepat mendiagnosa dan memberi penanganan tepat.

  1. Kompres

Karena sebenarnya demam menggigil terjadi karena suhu badan meningkat hingga 40 derajat Celcius, maka kompres penurun panas adalah langkah efektif. Gunakanlah kompres air hangat atau plester kompres demam untuk anak. Anak demam dilarang kompres air dingin atau dengan alkohol.

  1. Obat Penurun Panas

Obat penurun panas badan jenis paling aman seperti paracetamol atau merk Sanmol dapat diberikan bersamaan dengan kompres. Obat ini dapat diberikan 4 hingga 6 jam sekali jika demam tidak turun.

  1. Obat Tradisional Penurun Demam

Obat tradisional penurun panas anak jika tersedia dapat digunakan menggantikan Paracetamol. Obat ini misalnya manfaat madu untuk demam, sari jahe, atau olesan minyak bawang merah. Banyak orang meyakini bahwa obat ini lebih aman dibandingkan obat kimia, meskipun efeknya tidak secepat Paracetamol.

  1. Minum Air Hangat

Cara mengatasi anak demam menggigil di malam hari selanjutnya adalah beri minum air putih hangat sebanyak dan sesering mungkin. Air putih hangat akan memberikan efek hangat ketika menyentuh bibir dan masuk ke dalam kulit. Air putih akan mengeluarkan racun dalam tubuh dan mengatasi dehidrasi.

Sponsors Link

  1. Istirahat

Selanjutnya, biarkan anak istirahat cukup / tidur sementara orangtua berjaga di sebelahnya. Istirahat akan membuat semua fungsi tubuh yang melawan penyakit atau demam infeksi lebih efektif. Biasanya, jika tergolong jenis demam biasa maka bangun tidur anak akan merasa lebih nyaman.

  1. Pakaian dan Selimut Tipis

Karena anak demam menggigil, di mana suhu tubuh panas tapi terasa dingin, maka tidak perlu diberi pakaian dan selimut tebal. Pakaian dan selimut tebal akan memerangkap panas dan menyebabkan demam semakin tinggi.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Pada pagi hari, usahakan anak tetap konsumsi makanan bergizi agar demam tidak berkelanjutan. Sup hangat sebelum tidur di malam berikutnya akan membantu menghangatkan dan menurunkan suhu tubuh

Demikian cara mengatasi anak demam menggigil di malam hari sebagai pertolongan pertama. Segera bawa berkonsultasi ke dokter apabila demam menggigil berulang, anak demam naik turun, demam disertai sakit kepala, diare demam menggigil, nyeri sendi, keluar bintik merah, dan anak demam dan muntah. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan