Sponsors Link

Mengatasi Demam Pada Anak 6 Tahun Paling Ampuh

Sponsors Link

Demam merupakan penyakit umum yang seringkali terjadi, tak hanya pada orang dewasa namun juga dapat terjadi pada anak-anak sekalipun. Ada banyak penyebab seseorang dapat mengalami demam. Demam sendiri merupakan penyakit yang memang umum sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Namun sebenarnya demam bukanlah sebuah penyakit yang buruk di dalam seseorang. Demam dapat menandakan jika tubuh sedang bekerja dalam melawan infeksi. Meskipun begitu, bukan berarti jik anda hanya mengabaikannya begitu saja. Apalagi jika demam tersebut sudah terlalu tinggi, tentunya anda harus segera mengatasinya sehingga nantinya tidak memperburuk keadaan.

ads

Saat tubuh terserang demam, maka suhu tubuh meningkat hingga mencapai 38 derajat Celcius ataupun lebih tinggi lagi. Bahkan pada anak-anak jika suhu tubuh meningkat sangat drastis dapat menyebabkan ketidaknyamanan, iritasi hingga kejang-kejang. Mengatasi demam pada anak tentunya berbeda dengan mengatasi demam pada orang dewasa. Nah berikut ini beberapa cara mengatasi demam pada anak 6 tahun yang efketif untuk anda lakukan.

1. Anjurkan Anak Untuk Beristirahat 

Hal paling penting dalam Cara Mengobati Demam pada anak usia 6 tahun adalah dengan membuat anak banyak beristirahat. Jika demam anak mencapai 38,9 derajat celcius, maka usahakan anak utnuk beristirahat penuh dan banyak mminum cairan. Mengapa? Yang paling berbahaya dari anak yang terkena demma adalah ketika anak mengalami dehidrasi karena banyak Makanan Penyebab Demam Tinggi yang jarang diperhatikan oleh orang tua. Untuk itu, sebisa mungkin berikan anak banyak cairan sehingga nantinya tubuh akan sering untuk mengeluarkan cairan tersebut entah melalui keringat ataupun buang air kecil. Hal ini dapat mempercepat panas agar segera menghilang dari dalam tubuh.

2. Mandikan Dengan Air Hangat

Banyak orang tua yang berpendapat jika memandikan anak ketika demam adalah hal yang tidak diperbolehkan. Namun nyatanya, memandikan anak dengan menggunakan air hangat tentu saja akan meredakan panas pada tubuh anak. Sehingga cobalah untuk memandikan anak dengan menggunakan air hangat.

3. Pijat Dengan Menggunakan Obat Herbal

Anda juga bisa melakukan pijat pada anak sehingga dapat menurunkan gejala panas pada anak. Gunakan obat-obatan herbal untuk memijat sehingga nantinya tidak hanya membantu panas anak menjadi lebih baik namun juga membuat anak menjadi lebih Tenang. Anda bisa menggunakan minyak kelapa yang dicampurkan dengan irisan bawang merah. Kandungan minyak astiri yang ada di dalam bawang merah memang dapat membantu menurunkan panas pada tubuh anak. Pijatan yang lembut juga akan membantu untuk menenangkan anak sehingga nantinya akan lebih mudah untuk tidur.

Selain minyak kelapa, anda bisa menggunakan minyak kayu putih yang kemudian dicampurkan dengan parutan bawang merah dan ditambahkan irisan jeruk nipis ataupun asam jawa. Pijat lembut dengan menggunakan campuran obat-obatan herbal ini terutama pada bagian dada, perut, hingga punggung anak.

4. Kompres

Mengatasi demam pada anak 6 tahun lainnya dapat dilakukan dengan kompres. Sudah menjadi kebiasaan jika mengkompres akan membuat panas pada tubuh anak menjadi menurun. Namun usahakan untuk tidak mengkompres tubuh anak dengan air dingin namun menggunakan ari hangat, mengapa? karena dengan menggunakan air hangat akan lebih membantu menyeimbangkan panas pada tubuh agar dapat kembali nomal.

Sponsors Link

5. Terapi Kaus Kaki

Anda bisa memasukkan kaki anak ke air panas, dan kemudian masukkan kaus kaki katun ke dalam air dingin. Setelah itu peras dan gunakan pada anak sebelum akan tidur. Lalu kenakan kaus kaki yang kering berbahan wol di atas sepasang kaus kaki yang basah tersebut. Terapi ini akan sangat membantu untuk meringankan demam, karena darah akan terkumpul pada bagian kaki yang nantiny akan melancarkan peredaran darah pada tubuh anak.

6. Mengkonsumsi Obat Herbal

Anda bisa membuat anak obat-obatan herbal yang mana dapat membantu meringankan gejala panas pada anak. Berikut ini beberapa obat penurun panas yang dapat anda berikan pada anak usia 6 tahun saat mengalami demam.

ads

a. Lempuyang Emprit

Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam lempuyang emprit yaitu sekuiterpenketon akan sangat bermanfaat untuk emnurunkan gejala panas pada anak. Biasanya bagian yang digunakan adalah bagian rimpangnya yang memiliki warna putih kekuningan dengan rasanya yang begitu pahit. Cukup cuci bersih dan parut kemudian tambahkan dengan 1/2 gelas air panas serta aduk secara merata. Setelah dingin anda bisa mengambil sarinya dan campurkan dengan madu bunga kapuk. Berikan pada anak 3 kali sehari.

b. Kunyit

Kandungna minyak atsiri, curcumin, zingiberen dan turmeron akan sangat bermanfaat untuk anti oksida, antibakteri, serta antiinflamasi. Tak hanya dapat menurunkan panas pada anak namun juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh anak. Bagian yang biasanya digunakan adalah pada bagian rimpangnya yang berwarna orange. Cukup cuci bersih kunyit dan parut kemudian tambahkan pada air panas. Setelah dingin, ambil sarinya dan tambahkan perasan jeruk nipis dan madu bunga kapuk. Berikan pada anak 3 kali sehari hingga demam menruun.

c. Sambiloto

Hampir seluruh bagian tanaman ini dapat anda gunakan sebagai obat herbal. Kandungan andrografolid lactones, falvonoid, glucosides, dan diterpene yang dapat membantu untuk menurunkan panas. Bahkan efek obat herbal ini hampir sama dengan paracetamol. Anda cukup merebus daun sambiloto yang sudah kering, umbi kunyi yang kering, dan air. rebus hingga mendidih dan menyisakan setengahnya. Setelah itu saring dan tunggu hingga sedikit hangat. Kemudian tambahkan dengan madu bunga mahoni atau bunga kapuk dan berikan pada anak 3 kali sehari.

d. Pegangan

Tumbuhan yang dikenal sebagai daun kaki kuda ini memiliki warna daun yang hijau serta berbentuk kipas ginjal. Kandungan saponin, triterpenoid, vellarine, dan hydrocotyline nya mampu untuk menurunkan panas pada anak. Tak hanya itu saja, daun peganagn ini juga dapat bermanfaat untuk revitalisasi tubuh serta pembuluh darah yang dapat memperkuat struktur jaringan pada tubuh. Anda cukup merebus pegangan segar dengan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih dan menyisakan setengahnya saja. Setelah itu berikan pada anak 3 kali sehari.

e. Temulawak

Kandungan di dalam temulawak yaitu germancrene, alpha betha curcumena, alpha beta, dan lainnya dapat bermanfaat sebagai antibiotik, anti inflamasi, hingga meningkatkan produksi serta sekresi pada empedu. Temulawak memang sudah dikenal sebagai obat herbal yang dapat menurunkan panas, mengobati sakit kuning, menambah nafsu makan, peru kembung, dan lainnya. Cara mengelolanya sangat mudah, anda hanya perlu mencuci bersih rimpang temulawak dan kemudian parut dan tambahkan dengan air panas. Aduk merata dan setelah dingin anda dapat mengambil sarinya. Setelah itu campurkan dengan madu bunga kapuk.Untuk dosis obat-obatan herbal ini yaitu 1/3 dari dosis dewasa untuk anak-anak usia 6 tahun

7. Bangun Sistem Imun Anak Lebih Baik

Anda bisa mencoba untuk memberikan makanan-makanan bergizi tinggi yang mana akan membuat sistem imun pada anak menjadi lebih baik lagi. Demam pada anak terkadang membuat selera makan pada anak menjadi menurun. Sehingga pastikan apakah makanan yang dikonsumsi anak benar benar bergizi atau tidak. Salah satunya anda bisa mencoba memberikan kuah kaldu yang berasal dari rebusan ayam/daging yang menjadi salah satu contoh makanan bergizi yang dapat anda berikan pada anak anda. Cara mengatasi demam pada anak 6 tahun ini akan lebih efektif jika orang tua memberikan asupan vitamin yang sesuai.

Sponsors Link

8. Berikan Obat Penurun Panas Pada Anak

Jika demam anak terlalu tinggi bahkan mencapai lebih dari 38,9 deerajat celcius, maka anda bisa mencoba untuk memberikan obat penurun demam untuk anak. Anda bisa memberikan ibuprofen atau acetaminophen. Namun sebelum memberikan pada anak, baca label kemasa pada obat untuk memberikan dosis yang tepat pada anak. Jangan sampai anda memberikan obat  dengan kandungan acetaminophen lebih dari satu pada anak.

Namun bila demam pada anak tak segera menurun, segera periksakan kondisi anak anda pada dokter. Mungkin saja ada penyakit lainnya yang sedang diderita pada anak anda sehingga  membuat gejala demam tak segera membaik. Sehingga nantinya kondisi anak akan lebih cepat membaik seperti pada umumnya.Penting bagi orang tua untuk mengetahui suhu normal tubuh manusia sehingga nantinya paham jika terjadi ketidaknormalan pada kondisi anak.  Nah itu tadi beberapa cara mengatasi demam pada anak 6 tahun yang dapat anda ketahui. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan