Sponsors Link

10 Obat Herbal Demam Rematik Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Saat mendengar kata demam rematik, yang terlintas di pikiran kita adalah sakit yang terasa sampai ke sendi-sendi. Sebenarnya demam rematik adalah peradangan hati, sistem saraf, kulit juga sendi dikarenakan adanya infeksi bakteri. Penyakit demam rematik ini tidak menular, namun demam  infeksi yang menyebabkannya dapat ditularkan. Karena demam rematik dapat dialami oleh siapa saja, umumnya pada anak-anak di bawah usia 18 tahun. Agar dapat meminimalisir kemungkinan terkena demam rematik, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja yang berkaitan dengan demam rematik pada anak dan dewasa termasuk pengobatannya.

ads

Agar kita dapat mengetahui pengobatan yang tepat untuk demam rematik, maka kita pun harus mengetahui gejala-gejala yang umum muncul, diantaranya :

  • Hilang nafsu makan.
  • Peradangan sendi disertai pembengkakan, rasa sakit dan terasa panas.
  • Ruam ringan.

Selain itu jika ternyata jantung ikut terinfeksi atau komplikasi demam rematik maka dapat mengalami :

  • nafas pendek
  • daerah sekitar mata membengkak
  • jantung berdebar lebih kencang
  • mata kaki membengkak

Komplikasi yang umum terjadi adalah kerusakan pada katup jantung  yang dapat menyebabkan murmur jantung dan jika katup jantung ini rusak maka harus diganti. Salah satu penyebab demam reumatik adalah kelainan autoimun, artinya tubuh bereaksi melawan sel dan jaringannya sendiri.

Jika ternyata penderita mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter. Sehingga dokter akan melakukan diagnosa melalui : n

  1. Pemeriksaan fisik
  2. Tes laboratorium dan riwayat medis.
    Tes laboratorium biasanya melakukan tes darah untuk menemukan bakteri streptococcus atau antobodi streptococcus di dalam tubuh.
  3. Pemeriksaan x-ray dada, ECG dan echocardiography untuk melihat adanya kerusakan pada katup jantung. Jika ternyata penderita mengalami kerusakan jantung, maka akan dirujuk ke kardiolog atau dokter spesialis jantung.

Hingga saat ini, demam rematik belum memiliki penanganan  medis secara khusus. Metode yang ada sekarang ini bertujuan untuk meringankan gejala, mencegah komplikasi serius sekkaligus kerusakan permanen pada tubuh penderita. Selain itu juga untuk memberantas bakteri Streptococcus group A dan menghindari kambuhnya demam rematik. Sekarang ini penderita juga dapat mencoba mengkonsumsi obat herbal / obat tradisional demam rematik diantaranya :

  1. Ekstrak Teripang Emas

Teripang emas sejak jamann dahulu telah digunakan oleh bangsa China sebagai salah satu obat herbal yang efekif dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Menurut beberapa penelitian bahwa dalam teripang emas terandung bahan-bahan aktif yang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung dan membantu penyembuhan demam rematik secara cepat jika digunakan dengan rutin, juga obat herbal ini minim resiko dan efek samping.

  1. Rimpang Dringo

Rimpang dringo mengandung mminyak atsiri yang didalamnya terkandung banyak zat seperti asaron, resin, glikosida, amilun saponin dan tanin. Obat herbal ini mampu mengatasi demam rematik bersamaan dengan obat herbal lainnya. Daun pegagan. Obat herbal yang satu ini diyakini mampu mengatasi demam rematik karena mengandung saponin, steroid, flavonoid dan tanin galat.

Sponsors Link

  1. Biji Kedaung

Biji kedaung merupakan salah satu obat herbal yang sejak dulu digunakan sebagai bahan utama pembuatan jamu dan bermanfaat dalam mengatasi demam rematik.

  1. Buah Pala

Buah pala lebih dikenal sebagai salah satu rempah-rempah dalam pengolahan masakan yang juga bermanfaat dalam mengatasi demam rematik. Hal ini dikarenakan kandungan yang bermanfaat seperti senyawa kimia, protein, minyak atsiri, energi, karbohidrat dan lemak.

ads

  1. Daun Sengket

Bahan alami ini di anggap mampu mengobati demam rematik terutama demam rematik jantung. Daun sengket mengandung senyawa polifenol yang dapat menghambat perkembangan virus dan bakteri yang masuk dan menyerang tubuh.

  1. Buah Mengkudu

Buah yang memiliki rasa pahit  ini, umumnya digunakan daunnya.  Namun ternyata, kandungan zat terpenoid dan anti bakterinya, sangat cocok untuk menhambat pertumbuhan bakteri Streptococcus penyebab rematik.

  1. Daun Kaca Piring

Obat herbal ini dapat digunakan dalam pengobatan demam rematik karena kandungan flavanoid, saponin, tanoid, dan triterpenoid sebagai anti bakteri dan penurun panas demam.  Cara penggunaanya cukup unik.  Daun kac dibakara piring dan abunya yang dikonsumsi  dengan mencampurnya dalam minuman.

  1. Daun Sembung

Daun sembung digunakan sebagai pengobatan alternatif demam rematik bersama dengan obat herbal lain.  Herbal tersebut antara lain daun pegagan, daun seruni putih, biji kedaung, buah kapulaga, dan rimpang dringo.  Rebuslah Demua bahan tersbut setelah diiris selama 30 menit.  Setelah itu ramuan daun sembung siap dikonsumsi.

  1. Seruni Putih

Bagian tanaman seruni yang digunakan sebagai obat herbal reumatik adalah bunganya yang berwarna putih. Seruni putih digunakan bersama dengan obat herbal lain akan mengatasi nyeri tulang pada demam reumatik.

  1. Buah Kapulaga

Sama dengan seruni, buah kapulaga digunakan sebagai pengobatan herbal demam reumatik jika dicampur dengan obat herbal lain. Kapulaga mengandung minyak terbang-sineol, terpinol, protein, gula, lemak, dan silikat. Akibatnya, dengan konsumsi kapulaga dapat menurunkan panas sekaligus menghasilkan energi yang lebih.

Itulah sekilas mengenai obat herbal demam remati. Semoga ulasan ini dapat sedikit membantu jika kita atau sala hsatu anggota keluarga mengalami demam rematik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan