Sponsors Link

7 Obat Penurun Panas Bayi 8 Bulan Wajib Diketahui

Sponsors Link

Orang tua pada umumnya pasti akan mengalami panik dan kekhawatiran ketika bayi mereka yang belum genap berusia sembilan bulan atau masih delapan bulan mengalami demam atau panas. Secara alamiah, maka hal yang dibutuhkan untuk membantu menurunkan panas bayi 8 bulan adalah obat penurun panas bayi 8 bulan. Oleh karena itulah, beberapa obat penurun panas bayi 8 bulan di bawah ini mungkin bisa membantu dalam menyembuhkan penyakit panas bayi delapan bulan.

ads

Perlu diketahui bahwa beberapa jenis obat tradisional pun bisa digunakan untuk menyembuhkan panas yang dirasakan oleh sang bayi. Selain karena lebih murah, tingkat kefektifan obat tradisional dalam menyembuhkan panas badan bayi umur 8 bulan pun tidak begitu berbeda dengan obat-obat kimiawi. Efek samping dari penggunaan obat tradisional pun tidak banyak dan tidak terlalu berbahaya sebagaimana efek samping penggunaan obat panas kimiawi. Oleh karena itu kamu juga bisa mencoba menurunkan demam anak tanpa obat medis.

Apa saja obat penurun panas bayi 8 bulan yang bisa kamu gunakan untuk membantu menurunkan panas yang dialami oleh sang bayi? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Paracetamol

Paracetamol adalah salah satu jenis obat kimiawi yang sudah diakui sebagai salah satu obat penurun panas badan yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan panas badan berbagai kelompok usia. Tidak hanya anak-anak, remaja, orang dewasa, bayi pun bisa disembuhkan dengan paracetamol apabila dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter ataupun orang yang ahli. Obat panas untuk anak anak yang satu ini termasuk obat yang banyak dipercaya untuk menyembuhkan penyakit demam pada anak.

2. Lempuyang Emprit

Lempuyang emprit adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari umbi-umbian. Lempuyang emprit memiliki kandungan senyawa minyak atsiri yang sangat baik untuk menurunkan panas atau suhu tubuh, yaitu sekuiterpenketon. Dalam menyembuhkan panas badan bayi, pada umumnya yang digunakan adalah bagian rimpang dari tanaman lempuyang emprit yang berwarna putih kekuningan dan rasanya pahit.

Untuk membuat ramuan dari lempuyang emprit, kamu bisa mengambil 10 gram umbi lempuyang emprit lalu mencucinya hingga bersih. Setelah itu, parutlah dan tambahkan kurang lebih setengah gelas air panas lalu berikutnya hanya perlu diaduk rata. Setelah ramuan tersebut dingin, berikutnya hanya perlu diperas dan diambil sarinya. Campurkan dengan dua sendok makan madu kapuk agar jadi lebih enak. Berikanlah ramuan ini tiga kali sehari supaya lebih efektif.

3. Kunyit

Kunyit telah dikenal sebagai salah satu tanaman dan obat tradisional yang memiliki banyak sekali kandungan yang berkhasiat untuk tubuh kita. Beberapa kandungan dari kunyit antara lain adalah minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang memiliki berbagai macam manfaat dan bisa berfungsi atau berperan sebagai antibakteri, antioksidan, dan juga antiinflamasi. Salah satu manfaat dari ramuan kunyit adalah membantu menurunkan panas tubuh dan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu juga bisa menggunakan kunyit sebagai salah satu cara mencegah demam setelah imunisasi.

Sponsors Link

4. Sambiloto

Masih berasal dari kelompok tanaman tradisional. Obat penurun panas bayi 8 bulan berikutnya adalah tanaman sambiloto. Hampir seluruh bagian tanaman yang satu ini bisa digunakan untuk pengobatan. Tanaman sambiloto memiliki kandungan andrografolid lactones (zat pahit), diterpene, glucosides dan flavonoid yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menurunkan panas badan seseorang. Disebutkan bahwa pada 6 g sambiloto per hari sama efektifnya dengan penggunaan atau konsumsi paracetamol.

5. Pegagan

Tanaman obat tradisional yang bisa digunakan untuk menurunkan panas badan bayi 8 bulan berikutnya adalah tanaman pegagan. Tanaman yang satu ini juga dikenal dengan nama tamanan daun kaki kuda. Pegagan tumbuh merayap sehingga menutupi tanah. Daun tumbuhan pegagan berwarna hijau dan berbentuk seperti salah satu bagian dari organ ginjal. Tanaman pegagan bisa menjadi salah satu tanaman penyembuh panas badan pada bayi 8 bulan karena mengandung triterpenoid, saponin, hydrocotyline, dan vellarine. Senyawa-senyawa tersebut bisa bermanfaat untuk menurunkan panas, merevitalisasi sel-sel tubuh dan pembuluh darah serta memiliki manfaat pula untuk memperkuat struktur jaringan tubuh. Perlu diketahui bahwa hal ini tidak akan bisa digunakan sebagai cara mencegah demam berdarah pada anak.

6. Temulawak

Salah satu jenis tanaman tradisional yang juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan panas badan anak-anak adalah tanaman temulawak. Tanaman yang satu ini memiliki penampilan berupa bunga yang berwarna putih kuning atau kuning muda, sementara rimpangnya berwarna jingga kecokelatan.

Ada berbagai macam kandungan temulawak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan temulawak antara lain adalah zat aktif germacrene, xanthorrhizol, alpha betha curcumena, dan berbagai macam senyawa yang lain. Ada berbagia manfaat dari temulawak, meliputi antiinflamasi (antiperandangan), antibiotik, membantu meningkatkan produksi dan juga membantu proses sekresi empedu. Sejak dulu obat yang satu ini telah digunakan untuk membantu menurunkan panas, meningkatkan nafsu makan, mengobati diare, maag, perut kembung dan juga sekadar pegal-pegal.

Sponsors Link

7. Bawang merah

Bawang merah juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan panas badan bayi 8 bulan. Cara pemakaiannya adalah dengan diparut kasar dan ditambahkan dengan minyak kelapa secukupnya kemudian dibalurkan pada ubun-ubun dan seluruh tubuh sang bayi. Dengan demikian bayi 8 bulan yang sedang mengalami panas badan bisa sembuh dengan relatif lebih cepat.

Bawang merah bisa membantu menyembuhkan panas badan anak 8 bulan karena memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, kaemferol, kuersetin dan berbagai zat lain yang prinsipnya sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan panas badan anak. Akan tetapi hal ini tidak akan cukup apabila kamu berhadapan dengan demam dengue pada anak.

Itulah beberapa obat penurun panas bayi 8 bulan. Seperti yang kamu lihat, sebagian besar kami cantumkan obat-obatan alami yang bisa kamu temukan di pasar ataupun di pekarangan rumah sendiri untuk memudahkan dalam mengobati bayi yang sedang mengalami panas. Semoga dengan beberapa obat penurun panas di atas kamu bisa mengatasi panas bayi 8 bulan ya.

Selamat menjaga kesehatan bayi!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan