Sponsors Link

12 Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Orang Dewasa Terampuh

Sponsors Link

Terkadang suhu badan meningkat disertai dengan sakit kepala atau pusing. Baik itu pusing menyeluruh atau pusing hanya pada saat posisi-posisi tertentu dari tubuh. Namun, hal ini akan menghambat aktivitas sehari-hari. Setelah minum obat penurun  panas badan, pusing dan sakit kepala ini belum tentu ikut langsung menghilang.

ads

Panas dan pusing atau demam disertai sakit kepala, umumnya menjadi pertanda demam infeksi. Mulai dari demam infeksi yang ringan seperti demam flu, demam selesma, demam batuk pilek pada anak, sampai demam infeksi akut, misalnya demam virus (demam berdarah, demam kuning, demam roseola) dan demam karena bakteri (seperti demam tifus). Sama dengan demam tanpa panas, selama demam masih menunjukkan jenis demam biasa, maka biasa diatasi terlebih dahulu di rumah hingga demam tidak lebih dari 3 hari.

Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Orang Dewasa

  1. Mandi Air Hangat

Pada dasarnya orang yang badannya panas boleh mandi dengan air hangat. Selain menyegarkan badan, mandi dapat membantu syaraf tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi pusing. Air hangat yang masuk ke tubuh melalui pori-pori juga menetralisir panas dan membuat tubuh kembali memproduksi keringat lebih banyak.

  1. Istirahat

Jika yang mengalami pusing adalah anak di bawah usia 2 tahun, maka gendonglah beberapa saat agar anak tertidur dan istirahat. Sedangkan anak yang lebih besar dan orang dewasa bisa diminta untuk istirahat sejenak. Umumnya istirahat dengan tidur akan membuat penderita bangun dengan keadaaan lebih baik.

  1. Perbanyak Minum

Perbanyak minum air putih atau konsumsi makanan yang banyak mengandung cairan agar tidak dehidrasi. Cara ini juga membuat tubuh terus bermetabolisme sehingga keringat akan keluar dan kepala menjadi lebih ringan. Bagi bayi yang menunjukkan tanda bayi dehidrasi, berilah ASI sebanyak dan sesering mungkin.

  1. Hindari Kafein

Kafein memicu sakit kepala. Bahkan bagi orang-orang tertentu, kafein menyebabkan kerja jantung meningkat. Oleh karena itu, orang yang sedang menderita demam panas dan pusing seharusnya menghindari konsumsi kafein.

  1. Memakai Baju Tipis

Selama penderita panas tidak kedinginan, sebaiknya jangan menggunakan baju dan selimut tebal. Baju dan selimut tebal akan membuat panas dalam tubuh terperangkap. pakailah baju tipis yang menyerap keringat. Jika minum obat herbal turun panas, dengan sendirinya keringat akan keluar. Begitu pula jika minum air hangat. Bersamaan dengan keringat yang keluar, sakit kepala akan menghilang dengan sendirinya.

  1. Kompres Air Hangat

Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Orang Dewasa selanjutnya adalah dengan kompres demam pakai air hangat atau dingin. Meskipun kebanyakan kompres diperuntukkan pada anak-anak, sesungguhnya juga efektif bagi orang dewasa. Basahilah kain dengan air panas atau hangat dan tempelkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha hingga panas turun dan kepala lebih ringan. Kain bisa berulang-ulang dibasahi air hangat jika sudah mulai dingin.

Sponsors Link

  1. Jahe

Minuman jahe atau di Indonesia terkenal dengan sebutan wedang jahe sangat menghangatkan tubuh. Sangat cocok diminum penderita demam panas dan sakit kepala, khususnya demam flu. Hangat jahe akan melegakan tenggorokan.

  1. Bawang Merah

Bawang merah sebagai obat luar penurun panas demam. Iris tipis bawang merah dan campurkan dengan minyak kelapa. Bisa juga ditambahkan dengan asam jawa. Campuran tersebut dapat digosokkan ke seluruh badan atau ditempelkan di dahi anak. Secara tradisional manfaat bawang merah untuk demam anak  lebih banyak digunakan, tetapi juga cocok untuk penderita dewasa.

  1. Sup Hangat

Orang yang sakit biasanya sulit makan. Semangkuk sup hangat akan membangkitkan selera. Kandungan sup yang lengkap dan bergizi, serta cairannya yang banyak sangat membantu menurunkan panas dan pemulihan sakit. Konsumsi sup hangat akan menyegarkan, menurunkan panas, dan menghilangkan pusing.  Sup hangat termasuk makanan penurun demam.

Sponsors Link

  1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai antibiotik alami dan anti inflamasi. Karena panas badan dan pusing bisanya disebabkan infeksi, maka sangat cocok konsumsi bawang putih langsung degan mengunyahnya. Atau jika penderita tidak suka dengan aroma bawang putih, bisa diperbanyak dalam sup hangat yang dihidangkan.

  1. Daun Singkong

Kompres penurun panas dengan daun singkong mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu menurunkan panas dan mengatasi pusing. Caranya tinggal menumbuk daun singkong hingga halus, ditambahkan sedikit minyak kelapa. dan ditempelkan pada dahi sebagai kompres.

  1. Kunyit

Sering disebutkan bahwa senyawa yang terkandung dalam kunyit merupakan zat penurun panas dan anti inflamasi atau anti radang. Minum sari kunyit yang dibuat sendiri atau dari bubuk kunyit yang saat ini banyak dijual akan membuat tubuh kembali sehat setelah istirahat.

Tidak perlu tergesa-gesa pergi ke dokter jika Anda atau keluarga menderita panas dan pusing. Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Orang Dewasa di rumah dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama. Jangan meminum obat kimia tanpa resep dokter. Segera konsultasi jika terlihat bukan gejala demam biasa, keluar bintik merah setelah demam pada anak, demam anak lebih dar 3 hari, dan demam naik berhari-hari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan