Sponsors Link

12 Cara Cepat Menurunkan Panas Anak 1 Tahun Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Seringkali anak atau bayi 1 tahun demam akan rewel sekali. Hal ini disebabkan mereka belum bisa mengatakan dengan jelas semua yang dirasakan. Rewel umumnya pertanda bahwa selain panas, ada rasa tidak nyaman atau sakit di bagian tubuhnya. Akibatnya, orangtua menjadi panik, tidak tahu apa yang harus dilakukan. Padahal orangtua tidak perlu panik. Ada beberapa cara cepat menurunkan demam anak 1 tahun, seperti di bawah ini.

ads
  1. Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan apotek atau kimia dapat disediakan di rumah atau keluarga sebagai persiapan cara menurunkan panas anak 1 tahun. Obat yang relatif aman adalah jenis acetaminophen atau paracetamol. Obat ini djual dalam berbagai merk obat penurun panas bayi 9 bulan dan dapat diberikan 4 sampai 6 jam sekali sesuai kebutuhan. Jika anak mempunyai riwayat kejang demam, dapat diberikan dumin atau paracetamol yang diberikan dengan memasukannya lewat anus.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres penurun panas hangat merupakan cara paling tradisional yang dikenal. Basahi handuk kecil atau kain dengan air hangat dan letakkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha berulang-ulang hingga panas turun. Kompres bisa juga dikombinasi dengan paracetamol atau obat herbal penurun panas agar kerjanya lebih cepat.

  1. Bawang Putih

Bawang putih juga telah dipercaya puluhan tahun sebagai zat anti inflamasi dan anti radang. Orang dewasa dapat mengkonsumsi bawang putih dan akan segera menurunkan panasnya. Namun, untuk anak usia 1 tahun bawang putih dapat dihaluskan dan dicampurkan degan minyak zaitun, kemudian dioles ke seluruh bagian tubuh sebelum tidur. Ketika tidur, perlahan panas anak akan turun.

  1. Minum Air Hangat dan ASI

Minum air putih sebanyak-banyaknya sangat ampuh untuk menurunkan panas anak 1 tahun. Bagi anak yang masih mengkonsumsi ASI dapat minum ASI sebanyak dan sesering mungkin. ASi akan meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga demam segera pergi.

  1. Teh Jahe

Teh Jahe boleh dikonsumsi anak 1 tahun. Selain mengandung minyak atsiri yang menurunkan panas, jahe menghangatkan tubuh sehingga mengurangi demam akibat radang tenggorokan dan melegakan pernapasan. Dengan minum teh jahe nafsu makan juga diharapkan segera meningkat kembali.

  1. Madu

Manfaat madu untuk anak demam awalnya tidak direkomendasikan untuk konsumsi anak di bawah 2 tahun karena khawatir tidak dapat dicerna dengan sempurna. Namun, sekarang ini banyak diproduksi madu untuk anak yang telah disesuaikan kekentalannya sehingga mudah dicerna. Kandungan madu yang lengkap secara gizi dapat dengan cepat menurunkan panas anak.

Sponsors Link

  1. Suasana Nyaman

Jika anak demam panas, ciptakan suasana nyaman agar anak dapat beristirahat dengan baik. AC tetap dapat dinyalakan asal suhu tidak terlalu dingin. Begitu pula dengan kipas angin, bisa dinyalakan asal tidak langsung mengenai badan anak. Selain itu, kenakan anak pakaian biasa yang tidak tebal dan tidak perlu menggunakan selimut. Pakaian yang tebal dan selimut akan menyebabkan panas tubuh terperangkap dan tidak segera turun.

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan seperti melon, jeruk, pisang, semangka yang mempunyai banyak cairan dan bervitamin tinggi sangat cocok sebagai makanan penurun demam. Selain mencegah dehidrasi, buah-buah tersebut meningkatkan kekebalan tubuh sehingga demam virus akan lebih cepat teratasi.

  1. Bawang Merah

Menggunakan manfaat bawang merah untuk demam anak 1 tahun merupakan cara yang cukup ampuh. Iris tipislah bawang, campurkan dengan minyak kelapa, dan oleskan ke seluruh bagian tubuh sampai ke ubun-ubun. Jika khawatir terlalu panas, oleskan hanya pada punggung, telapak kaki, dada, dan leher secara tipis.

Sponsors Link

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda atau air kelapa yang masih hijau mengandung elektrolit yang menyeimbangkan sehingga mudah dicerna tubuh anak 1 tahun dan mengatasi segala racun. Dengan demikian, konsumsi air kelapa muda menggantikan air putih akan segera menurunkan panas dan mengatasi dehidrasi.

  1. Mandi Air Hangat

Tidak perlu khawatir untuk memandikan anak yang badannya panas. Mandi air hangat dua kali sehari akan menyegarkan dan membatu menurunkan panas anak karena air hangat akan masuk ke dalam pori-pori dengan lebih cepat dan segera menetralisir panas tubuh.

  1. Selalu Mengawasi Perkembangannya

Masih banyak obat herbal demam anak 1 tahun yang belum disebutkan satu persatu. hal-hal yang sudah tertulis di atas adalah yang paling cepat menurunkan panas dan paling mudah digunakan dalam keadaan darurat. Langkah terakhir jika anak demam adalah selalu mengawasi perkembangannya. Mengukur suhu panas secara berkala penting dilakukan untuk memastikan naik dan turunnya. Selain itu, perhatikan pula gejala yang mengiringinya. Jika ada gejala bukan jenis demam biasa, segeralah bawa ke dokter.

Semoga artikel tentang cara cepat menurunkan panas anak 1 tahun ini bermanfaat. Terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan