Sponsors Link

6 Cara Menurunkan Demam Anak Tanpa Obat Paling Ampuh

Sponsors Link

Anak yang mengalami demam memang perlu segera diatasi supaya dia bisa istirahat dengan nyaman, apalagi apabila anak-anak tersebut masih berumur di bawah lima tahun. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya tentu saja adalah membantu mengobati penyembuhan demam anak-anak dengan cara yang baik dan tentunya solutif.

ads

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh orang tua ataupun mereka yang menjaga anak-anak ketika mereka mengalami demam adalah dengan melakukan beberapa cara menurunkan demam anak tanpa obat yang bisa dilakukan oleh siapa saja asal tekun dan juga sabar. Dengan melakukan beberapa cara tersebut, memang penyakit panas sang anak tidak akan langsung sembuh, akan tetapi dengan melakukan beberapa cara menurunkan demam anak tanpa obat itu, kita bisa membantu penyembuhan demam sang anak tanpa perlu memberikan obat-obatan yang bisa menimbulkan efek samping untuk anak-anak tersebut.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa membantu menurunkan demam anak tanpa obat? Bagi kamu yang belum mengetahuinya, beberapa hal di bawah ini pasti akan membantumu dalam mengatasi masalah demam pada anak.  Cara-cara di bawah ini juga bisa dicoba untuk mengatasi masalah seperti demam tinggi disertai mencret pada anak. Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi demam pada anak tanpa menggunakan obat antara lain adalah sebagai berikut.

1. Memastikan agar anak tetap terhidrasi dengan baik

Penyakit atau gejala penyakit demam menyebabkan munculnya peningkatan metabolisme yang menyebabkan tubuh anak akan kehilangan cairan dengan cepat. Oleh karena itulah anak-anak harus dipastikan bisa mendapatkan pasukan air atau cairan dengan baik. Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan mereka minuman air putih secara rutin, ataupun dengan cara lainnya seperti membuatkan jus dan lain sebagainya

2. Memakaikan pakaian yang tipis

Pakaian adalah salah satu hal yang bisa membuat demam pada anak semakin tidak mengenakkan bagi anak-anak. Pakaian yang tebal akan membuat suhu tubuh anak menjadi sulit untuk turun dengan baik karena terperangkap di dalam tubuh karena tebalnya lapisan pakaian yang digunakan oleh sang anak. Oleh karena itulah, apabila anak sedang demam, hal yang perlu dilakukan adalah memakaikan pakaian yang tipis dan longgar supaya panas bisa dengan mudah keluar. Hal ini penting khususnya untuk mengatasi  demam anak 2 tahun.

3. Kompres dan mandi air hangat

Salah satu cara menurunkan demam anak tanpa obat berikutnya adalah dengan memanfaatkan kompres dan juga mandi dengan air hangat. Air hangat akan memabntu tubuh anak untuk membuka pori-pori mereka dengan cepat sehingga mereka bisa mengeluarkan suhu tubuh yang berlebihan dengan cepat.

Sponsors Link

4. Perbanyak istirahat dan tidur

Salah satu cara yang paling ampuh dalam menurunkan demam dan juga menyemuhkan gejala penyakit demam adalah dengan cara beristirahat dengan banyak. Anak-anak memang cenderung bergerak dengan aktif, oleh karena itulah, orang tua ataupun mereka yang merawat sang anak harus dengan rajin mendorong mereka untuk bayak istirahat dan tidur supaya panas tubuh sang anak bisa turun dengan cepat. Dengan demikian suhu tubuh mereka bisa cepat turun dan infeksi tubuhnya pun bisa diatasi dengan baik.

5. Teh herbal

Teh herbal adalah salah satu jenis minuman alami yang bisa berfungsi sebagai pembantu penurun panas tubuh. Beberapa jenis teh herbal bisa membantu anak menurunkan demam tubuhnya. Teh herbal jenis Elderflower misalnya akan membuat badan berkeringat lebih cepat sehingga panas cepat turun. Sementara itu, teh peppermint bisa membantu menurunkan demam, dan teh yarrow bisa melakukan kedua hal tersebut.

6. Asam jawa

Selain teh herbal, asam jawa juga bisa digunakan untuk mendinginkan atau mengurangi dan juga mencegah demam pada tubuh, atau sebagai senyawa antipiretik. Beberapa bentuk pemanfaatan jawa yang bisa kita lakukan untuk membantu anak melawan demam adalah dengan cara membuat teh asam jawa, mencampurnya dengan air untuk mandi, dan lain sebagainya. Kalau beberapa hal di atas masih belum manjur, maka kamu bisa mencoba  obat penurun panas badan yang berdosis ringan sesuai dengan anak-anak.

Penyebab Penyakit Demam pada Anak-anak

Hanya mengetahui bagaimana cara menurunkan penyakit demam tanpa obat tidak akan cukup untuk membantu menghindari demam pada anak. Oleh karena itulah para orang tua harus mengetahui apa saja hal yang bisa menjadi pemicu demam pada anak kesayangannya.

Sponsors Link

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan demam pada anak. Beberapa sebab penyakit demam pada anak tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Infeksi pada salah satu atau beberapa bagian tubuh
  • Penyakit ginjal
  • Pilek
  • Influenza
  • Demam berdarah
  • Malaria
  • Terkena serangan virus atau bakteri jahat
  • Iritasi pada ginjal
  • Penyakit lambung

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Demam pada Anak-anak

Sementara itu, di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri dan atau gejala demam pada anak-anak.

  • Lelah dan tidak bersemangat
  • Mata terasa panas
  • Dahi terasa panas
  • Tubuh terasa panas
  • Tubuh tidak nyaman dibuat beraktivitas
  • Nafsu makan menurun
  • Tidak mau bermain
  • Menangis terus menerus
  • Nafas anak cepat saat demam

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi tanda-tanda apabila seorang anak akan atau telah mengalami penyakit panas. Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri atau gejala di atas, pasti orang tua bisa mengetahui apakah anaknya demam atau tidak dengan cepat.

Sampai di sini pembahasan kita tentang bagaimana cara menurunkan demam anak tanpa obat dan juga beberapa informasi lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi demam pada anak dengan lebih baik. Semoga dengan beberapa informasi di atas, para orang tua ataupun mereka yang merawat anak-anak bisa membantu mengatasi masalah demam pada anak dengan baik. Selamat menjaga kesehatan anak-anak!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan