Sponsors Link

4 Pengobatan Demam Ringan Alami Paling Efektif

Sponsors Link

Sebenarnya, anda tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami demam ringan. Merasa sedikit demam bisa menjadi pertanda baik jika sistem kekebalan tubuh anda masih bekerja dengan efektif. Beberapa obat tanpa resep bisa memaksa tubuh untuk mendinginkan hingga ke suhu normal. Namun meski demam adalah pertanda jika tubuh sedang melawa infeksi, ada baiknya jika anda memakai pengobatan demam ringan alami dibandingkan langsung minum obat. Beberapa pengobatan demam ringan alami ini bisa meredakan demam secara lembut dan sistem kekebalan anda masih bisa bekerja seperti seharusnya.

ads

Kapan Demam Menjadi Serius?

Secara sederhana, demam merupakan mekanisme pertahanan alami yang umumnya dipicu dari infeksi. Peningkatan suhu tubuh akan memicu sejumlah proses internal yang dirancang untuk menghancurkan bakteri dan kuman yang membuat anda sakit. Inilah sebabnya kenapa sangat penting untuk menurunkan demam.

Suhu normal tubuh manusia adalah sekitar 35.89 derajat celcius. Jika suhu anda meningkat antara 1 hingga 5 derajat, maka biasanya tidak perlu terlalu dikhawatirkan sebab ini bukanlah demam yang serius untuk orang dewasa.

Namun untuk bayi di bawah umur 3 bulan, bahkan suhu yang naik hanya sedikit sudah bisa menjadi masalah. Untuk itu, bawa bayi anda ke dokter jika memang bayi memiliki suhu dubur di atas 30 derajat celcius.

Apakah Demam Ringan?

Demam ringan merupakan demam dengan suhu tubuh yang tidak lebih dari 38.5 derajat celcius. Demam ini tidak spesifik dan bisa terjadi dari banyak macam penyakit seperti contohnya infeksi virus hingga penurunan sistem kekebalan tubuh dan kanker yang menjadi gejala dari sebuah penyakit.

Meski terkadang terlihat mengkhawatirkan, namun demam biasa sebenarnya tidak perlu membuat anda panik bahkan ini sebetulnya menjadi pertanda jika sistem kekebalan tubuh masih bekerja seperti seharusnya. Demam sendiri bukanlah sebuah penyakit namun hanya menjadi gejala dari sebuah penyakit yang menyebabkan demam.

1. Echinacea

Echinacea merupakan ramuan kuat yang sudah digunakan selama berabad abad dimulai dari penduduk asli Amerika. Dalam studi ilmiah menunjukkan jika minum teh echinacea pada saat seseorang pertama kali mulai merasakan demam panas bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Echinacea akan membantu untuk mengatasi infeksi penyebab demam dan juga menurunkan demam dengan lebih cepat. Anda bisa menemukan teh yang mengandung echinacea ini di sebagian besar toko makanan kesehatan.

2. Jahe

Pengobatan demam ringan alami berikutnya yang bisa anda gunakan adalah jahe. Dalam jahe mengandung sifat anti bakteri sehingga efektif untuk melawan gejala demam, batuk dan beberapa gejala umum lainnya. Carilah teh berbasis jahe ini di toko biasa atau juga bisa membuat secangkir teh jahe sendiri menggunakan irisan jahe segar.

3. Minum Banyak Cairan

Cairan sangat penting untuk membantu tubuh mengatur suhu, membunuh kuman yang tidak diinginkan serta membantu fungsi tubuh dengan baik. Jika anda merasa sedang demam panas, maka pastikan untuk minum banyak air dan cairan lainnya.

4. Lebih Banyak Tidur

Mungkin, cara terbaik untuk mengatasi demam ringan adalah dengan lebih banyak istirahat. Demam biasa merupakan cara tubuh untuk memberi tahu anda jika sedang bekerja keras untuk mencegah anda sakit lebih parah.

Sponsors Link

Untuk itu, berikan tubuh anda energi dan waktu yang diperlukan agar bisa melawan kuman penyebab demam dengan cara lebih banyak tidur.

Demam akut atau tinggi memang bisa sangat serius. Namun demam ringan terkadang hanya menjadi cara penyembuhan tubuh anda sendiri. Semua obat bebas sebenarnya memiliki risiko dan juga efek samping. Obat obatan yang menurunkan demam akan menekan proses penyembuhan alami tubuh anda. Untuk itu, daripada anda langsung  minum obat, ada baiknya awali cara menurunkan demam anda dengan menggunakan bahan bahan yang lebih alami.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan