Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Baru Lahir

Sponsors Link

Penyakit demam adalah sebuah penyakit yang bisa saja muncul kapan saja. penyakit demam pada anak ini tidak memilih dan tidak membeda-bedakan. Setiap anak memiliki kemungkinan yang sama untuk terserang penyakit demam. Kemungkinan ini juga dapat muncul dan menyerang pada bayi yang baru saja dilahirkan dan berumur beberapa minggu. Demam pada bayi yang masih berumur beberapa minggu merupakan keadaan yang bisa dikatakan berbahaya dan sangat membahayakan keadaan dari bayi tersebut.

ads

Misalnya adalah demam pada bayi yang masih berumur 2 minggu. Untuk bayi yang masih berumur 2 minggu, demam adalah penyakit yang bisa saja merenggut nyawa bayi. Memang ada macam-macam demam, namun jika terlalu cepat menyerang dengan kondisi tubuh bayi yang tak sempurna. Maka demam tersebut bisa berakibat fatal. Ada beberapa cara mengobati demam pada bayi 2 minggu yang bisa kita gunakan. Metode tersebut adalah bahan pembahasan kita kali ini.

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Baru Lahir

Metode penanganan demam pada bayi yang baru lahir atau yang baru berumur beberapa minggu sangat berbeda dengan penanganan bayi yang sudah berumur berapa bulan. Penanganan demam yang muncul pada bayi yang berumur beberapa minggu memiliki beberapa persamaan dengan dengan cara mengatasi demam pada bayi 1 bulan, meskipun pada beberapa point akan ditemukan perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini berhubungan dengan perkembangan dari bayi tersebut. Pada orang tua sebaiknya tetap berhati-hati dan teliti. Ketika gejala demam muncul pastikan bahwa kita tak boleh panik terlebih dahulu. Panik adalah salah satu hal yang bisa membahayakan buah hati.

Ada beberapa cara mengatasi demam pada bayi 2 minggu yang bisa kita gunakan. Metode penanganan ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena badan bayi yang masih lemah dan sangat rentan terhadap berbagai macam hal. Beberapa metode pengobatan yang bisa kita lakukan adalah

  1. Jangan membedong bayi
  2. Jangan gunakan selimut yang tebal
  3. Kompres bayi dengan air yang tidak terlalu panas, pastikan suhu air tepat karena kulit bayi yang baru lahir masih sensitif.
  4. Jangan gunakan pakian yang tebal, namun pilihlah pakaian yang longgar dan tipis
  5. Jaga suhu ruangan bayi agar tak terlalu panas atau pun tidak terlalu dingin
  6. Pastikan bahwa sirkulasi udara berjalan dengan baik
  7. Berikan lebih banyak ASI
  8. Gunakan Metode Kangaroo Mother Care untuk menggendong bayi
  9. Gunakan termoeter untuk dapat mengetahui panas bayi. Suhu bayi yang baru lahir normalnya berkisar pada 37 celcius.
  10. Gunakan uap minyak kayu putih.
  11. Jangan gunakan obat-obatan kimia.

metode pengobatan tersebut dapat kita lalukan dalam jangka waktu tertentu. Pastikan bahwa kita hanya menggunakan metode tersebut maksimal 3 hari sejak bayi mulai menunjukan gejala demam. Jika panas dari badan bayi tak kunjung turun maka sebaiknya kita segera menghubungi dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dan lebih lengkap mengenai kondisi dari buah hati kita. Kecepatan dan kesigapan orang tua merupakan salah satu pengobatan yang cukup ampuh untuk dapat mencegah hal yang tak di inginkan terjadi.

Sponsors Link

Penyebab Demam Pada Bayi Baru Lahir

Jika kita berbicara penyebab demam pada anak, maka ada beberapa hal yang bisa terjadi. Ada beberapa penyebab panas pada bayi baru lahir, seperti

  • Infeksi bakteri
  • Inveksi virus
  • Vaksinasi
  • Kurang asupan ASI
  • Perkembangan badan yang masih belum sempurna

Itu tadi beberapa cara mengatasi demam pada bayi baru lahir yang bisa kita lakukan. Tindakan penanganan demam pada bayi yang baru lahir memang cukup sedikit dan terbatas. Hal ini dikarenakan tumbuh kembang bayi masih belum benar-benar dikatakan sempurna. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan