Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Demam Saat Haid yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Demam atau yang dalam bahasa medisnya disebut febris, merupakan salah satu gejala infeksi yang dapat menyerang siapa saja. Terutama mereka yang memiliki sistem imun yang lemah seperti anak-anak dan febris pada ibu hamil. Seseorang dapat dikatakan terkena febris jika suhu tubuhnya berada di atas rata-rata normal atau di atas 37 derajat Celsius. Tanda dan gejala febris diantaranya adalah berkeringat, sakit kepala, nyeri otot dan lainnya.

ads

Febris atau demam juga dapat terjadi pada wanita yang sedang mengalami haid. Meskipun hal ini jarang terjadi, namun bagi wanita yang mengalami demam bersamaan dengan haid tentu akan meresahkan. Jika Anda mengalami demam yang bersamaan dengan haid tidak perlu panik. Cobalah untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan dan pengobatan febris yang bisa dilakukan di rumah. Pengobatan juga dapat dilakukan dengan mengikuti cara alami mengobati demam flu, yang termasuk di dalamnya yaitu cara mengobati demam dengan daun Jarak. Untuk lebih jelasnya mengenai Cara Mengatasi Demam Saat Haid akan dijelaskan dalam artikel ini.

Penyebab Demam Selama Masa Haid

Sebelum membahas mengenai Cara Mengatasi Demam Saat Haid, perlu diketahui lebih dulu perihal penyebab demam yang timbul pada masa haid. Demam pada masa haid dapat muncul karena beberapa penyebab, yaitu:

  • Perubahan hormon yang terjadi ketika haid
  • Infeksi mikroba yang berhubungan dengan area tulang panggul. Demam bisa muncul dan kambuh ketika haid karena pada masa ini, sistem imun cenderung menurun
  • Karena penyakit lainnya di wilayah rahim, seperti endometriosis, fibroid atau tumor. Demam yang terjadi karena penyakit-penyakit ini tidak akan hilang, kecuali jika penyebab utamanya sudah disembuhkan.
  • Masalah genetik juga dapat menjadi penyebab demam yang muncul ketika haid. Jika saudara Anda mengalaminya, maka kemungkinan Anda juga akan mengalaminya.

Mengatasi Demam Saat Haid

Dikutip dari laman www.naturalantidote.com, diketahui bahwa Cara Mengatasi Demam Saat Haid dapat dilakukan dengan:

1. Kompres dengan Air Dingin

Kompres air dingin dapat membantu mendinginkan suhu tubuh selama demam tinggi pada masa sebelum maupun saat haid. Berikut adalah langkah-langkah dalam mengkompres dengan air dingin untuk menurnkan demam.

  • Bungkus beberapa bongkah es dengan kain bersih
  • Bungkus lagi es tersebut dengan kain baru, agar lapisan luarnya menjadi lebih tebal
  • Gosokkan secara perlahan kantung es ini di daerah dahi dan bagian belakang leher
  • Langkah ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan meringankan rasa nyeri yang mungkin terjadi
  • Kantung es untuk kompres demam ini juga bisa Anda gunakan pada bagian tubuh lainnya seperti punggung, kaki dan perut bagian bawah.

2. Kunyit

Kunyit dapat membantu dalam menyembuhkan demam saat haid karena beberapa hal. Pertama, kunyit dapat berperan sebagai obat anti radang yang dapat melawan demam. Lalu kunyit juga dapat membantu memperlancar peredaran darah sehingga dapat meredakan rasa sakit. Selain itu, kunyit juga dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh, yang menjadi salah satu penyebab demam pada saat haid. Cara mengkonsumsi kunyit untuk menurunkan panas demam saat haid yaitu dengan merebusnya, disaring lalu hasil saringannya diberi madu.

3. Yogurt

Yogurt telah dikenal sebagai makanan yang anit-pyretic (yang dapat menurunkan suhu tubuh). Yogurt dapat berperan sebagai penyegar yang mampu meringankan rasa sakit. Mengkonsumsi segelas yogurt setiap sehabis makan dapat membantu menurunkan demam. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi yogurt yang diencerkan dengan tambahan sedikit gula untuk menurnkan suhu tubuh.

Sponsors Link

4. Teh Daun Kemangi

Daun kemangi telah dipercaya sejak dulu sebagai salah satu tumbuhan yang dapat menutunkan panas. Selain itu, daun kemangi juga berkhasiat sebagai tumbuhan anti radang dan dapat meredakan rasa nyeri sebagai akibat dari menstruasi. Manfaat lain dari daun kemangi adalah dapat menurunkan tingkat stres selama menstruasi. Agar dapat memperoleh manfaat daun kemangi secara maksimal, maka perlu untuk dibuat teh dari daun kemangi. Caranya adalah dengan merebus daun kemangi hingga warna air rebusannya menjadi kekuningan. Setelahnya disaring dan ditambahkan madu.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan berkhasiat lainnya yang dapat membantu menurunkan panas demam. Lidah buaya juga dapat berperan dalam menyeimbangkan hormon di dalam tubuh dan memperlancar aliran darah ke rahim. Berikut adalah cara penggunaan lidah buaya untuk obat demam.

Sponsors Link

  • Keluarkan gel lidah buaya dari batang tumbuhan tersebut
  • Masukkan gel tersebut ke dalam gelas, kemudian tambahkan air (dianjurkan untuk mendiamkan gelnya terlebih dahulu di dalam kulkas)
  • Idealnya, dua sendok makan gel lidah buaya tersebut ditambahkan ke segelas jus
  • Untuk menamkbah kelezatan jus, perasan lemon dan madu dapat ditambahkan
  • Jus bisa diminum setelah makan malam atau sesering mungkin untuk menurunkan panas demam.

Itulah penjelasan mengenai Cara Mengatasi Demam Saat Haid. Demam saat haid memang jarang terjadi. Namun jika terjadi, langkah pengobatan harus segera ditempuh. Karena bisa jadi penyebabnya bukan hanya karena infeksi mikroba, tetapi juga penyakit lainnya. Jika demam tidak kunjung sembuh, segeralah pergi ke dokter.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan