Sponsors Link

5 Cara Alami Mengobati Demam Flu yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Siapapun pasti pernah mengalami demam flu paling tidak sekali dalam hidupnya. Kondisi ini memang tidak menyenangkan dan dapat menghambat aktifitas si penderitanya. Demam atau dalam bahasa medisnya disebut febris, seringkali menyerang anak-anak dan ibu hamil. Febris pada ibu hamil terjadi karena daya tahan ibu hamil yang menurun. Ibu yang mengalami demam dan flu saat hamil 5 bulan memiliki daya tahan tubuh yang lemah karena sistem imunnya selain harus melindungi sang ibu, juga harus melindungi si bayi.

ads

Mirip dengan ibu hamil, anak-anak juga rentan terkena febris karena daya tahan tubuhnya yang tidak sekuat orang dewasa. Pencegahan dan pengobatan febris atau demam flu pada anak maupun orang dewasa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan obat herbal demam flu. Artikel ini akan membahas secara lebih jauh mengenai Cara Alami Mengobati Demam Flu.

Mengobati Demam Flu Secara Alami

Cara Alami Mengobati Demam Flu dapat dijadikan alternatif pilihan dalam mengatasi masalah demam flu. Apalagi jika demam yang Anda alami berlangsung dalam durasi yang sebentar. Sehingga rasanya tidak perlu ke dokter. Terdapat beberapa Cara Alami Mengobati Demam Flu yang dapat diikuti, yaitu:

1. Banyak Minum Air

Flu seringkali dapat menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, pastikan kadar air di dalam tubuh Anda tetap seimbang. Air putih merupakan pilihan terbaik untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Jus buah yang mengandung banyak elektrolit juga dapat dijadikan pilihan. Selain itu, untuk mengatasi sakit tenggorokan karena demam flu, teh herbal hangat ditambah dengan madu dapat dijadikan pilihan. Meminum kopi ketika demam flu sangat tidak dianjurkan karena kopi merupakan minuman diuretik.

2. Meminum Sup

Sudah menjadi anggapan umum di masyarakat bahwa sup, terutama sup ayam dapat meringankan demam flu. Namun apakah itu benar? Dikutip dari laman www.webmd.com, sup dapat membantu meringankan gejala demam flu. Scaffner menambahkan bahwa uap yang muncul dari sup ayam panas juga berperan dalam membuat penderita demam flu merasa lebih baik.

3. Mengkonsumsi Jahe

Jahe selama ratusan tahun telah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Saat ini, banyak studi yang telah membuktikan kebenarannya. Air rebusan dari beberapa potong jahe berkhasiat dalam meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Selain itu, jahe juga dapat menghilangkan rasa mual yang biasanya muncul bersamaan dengan demam flu.

4. Mengkonsumsi Madu

Di dalam madu terdapat banyak kandungan anti-bakteri dan anti-mikrobakteri. Meminum teh yang dicampur dengan madu dapat membantu meredakan sakit tenggorokkan. Dikutip dari www.healthline.com, dikatakan bahwa madu juga efektif dalam menyembuhkan batuk. Pada satu penelitian, diketahui bahwa anak demam flu yang meminum 100gr madu sebelum tidur dapat mengurangi tingkat keparahan batuknya. Mereka juga dapat tidur lebih nyenyak. Namun perlu diperhatikan untuk jangan memberikan madu pada anak yang usianya lebih muda dari satu tahun. Karena madu mengandung spora botulinum, yang tidak dapat dilawan oleh sistem imun anak dibawah satu tahun.

Sponsors Link

5. Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat berperan sebagai anti-mikrobakteri. Mengkonsumsi suplemen bawang putih sebagai pelengkap makanan Anda, dapat membantu dalam mengurangi tingkat keparahan flu maupun pilek. Bawang putih bahkan juga bermanfaat untuk mencegah demam flu.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Alami Mengobati Demam Flu yang dapat dijadikan alternatif untuk menyembuhkan febris atau demam flu selain ke dokter. Jika muncul tanda dan gejala febris, maka cara-cara di atas dapat diterapkan untuk meringankan gejalanya. Namun jika demam flu tidak kunjung sembuh dalam waktu lima hari, maka sebaiknya segera konsultasikan masalah ini ke dokter.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan