Sponsors Link

Pencegahan dan Pengobatan Febris Terlengkap

Sponsors Link

Demam atau febris merupakan gejala penyakit yang umum diderita oleh siapa saja. Biasanya gejala penyakit ini muncul karena adanya infeksi, misalnya demam karena infeksi jamur, demam infeksi saluran kemih dan demam infeksi lainnya. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa demam non infeksi dapat terjadi pada orang-orang yang memiliki penyakit tertentu seperti leukimia.

ads

Seseorang dapat dikatakan terkena demam febris jika suhu tubuhnya berada di atas suhu tubuh orang normal (37 derajat Celsius). Tanda dan gejala febris biasanya adalah berkeringat, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, dehidrasi dan lainnya. Febris pada dasarnya tidak berbahaya. Karena febris merupakan mekanisme tubuh dalam melawan infeksi. Suhu tubuh yang naik dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan bakteri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengobati febris. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai Pencegahan dan Pengobatan Febris.

Pencegahan Terhadap Febris

Pencegahan dan Pengobatan Febris dapat dilakukan jika kita mengetahui sumber dari gejala penyakit ini. Infeksi bakteri dan virus merupakan penyebab utama febris. Oleh karena itu, pencegahan febris dapat dilakukan dengan cara menghindari infeksi baik dari bakteri maupun virus. Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan.

  • Cuci tangan secara bersih dan teratur, untuk berjaga-jaga dari serangan bakteri. Jika Anda memiliki anak, minta guru anak Anda atau pengasuh untuk mengawasi anak dalam mencucui tangan. Pencuci tangan atau hand sanitizer dapat digunakan untuk mencuci tangan. Namun jika tidak ada, cukup gunakan sabun biasa dan air hangat.
  • Basmi kuman pada tempat-tempat tertentu yang sering bersentuhan dengan manusia. Misalnya adalah gagang pintu, gagang kulkas, remot TV, telepon dan lainnya.
  • Cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk yaitu menyentuh bibir, hidung ataupun mata menggunakan tangan. Ini adalah salah satu penyebab utama bakteri dapat berpindah dari tangan ke tubuh. Selain itu, jangan menyentuh hidung atau mulut menggunakan tangan ketika sedang batuk maupun bersin. Cobalah untuk menggunakan lipatan di dalam sikut.
  • Jangan minum ataupun makan dari alat makan bekas pakai. Apalagi jika alat makan tersebut habis dipakai oleh orang yang memiliki febris. Kemungkinan bakteri menyebar akan semakin besar.

Pengobatan Febris

Suhu tubuh yang meningkat akibat febris dapat diturunkan dengan mengkonsumsi obat-obat tertentu yang dapat ditemukan di apotek. Diantaranya adalah:

1. Acetaminophen

Acetaminophen dapat digunakan untuk menurunkan panas akibat febris. Dosis acetaminophen yang diberikan pada anak-anak tergantung dari anjuran dokter anak. Sedangkan untuk orang dewasa yang tidak memiliki penyakit liver atau hati dapat mengkonsumsi 1.000 mg acetaminophen setiap enam jam sekali atau sesuai anjuran dokter.

2. Ibuprofen

Ibuprofen dapat digunakan untuk menurunkan panas akibat febris pada pasien yang berumur di atas enam bulan. Tanyakan pada dokter Anda perihal dosis yang sesuai untuk diberikan. Orang dewasa biasanya meminum ibuprofen 400 mg hingga 600 mg (meminum 2 – 3 tablet 200 mg) setiap enam jam sekali.

3. Naproxen

Naproxen merupakan jenis lain dari  nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Obat ini dapat menurunkan panas akibat demam. Dosisnya untuk orang dewasa adalah dua tablet setiap 12 jam.

Sponsors Link

4. Aspirin

Aspirin dapat digunakan untuk menurunkan demam, namun sangat tidak dianjurkan jika diberikan kepada anak-anak dan remaja. Pemberian aspirin pada anak yang terkena penyakit yang menular melalui mulut (viral) seperti influenza, flu ataupun cacar air dapat memperbesar resiko terkena sindrom reye. Sindrom ini adalah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan muntah berkepanjangan, pusing bahkan hingga koma dan gagal hati.

Demikianlah penjelasan mengenai Pencegahan dan Pengobatan Febris yang perlu diketahui. Pada dasarnya febris sama dengan demam. Pencegahan dan Pengobatan Febris juga sama dengan demam yaitu dapat dicegah dengan menjaga kebersihan agar terhindar dari infeksi bakteri. Jika sudah terlanjur terkena febris, pengobatannya adalah dengan mengkonsumsi acetaminophen atau ibuprofen.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan