Sponsors Link

Cara Mengatasi Demam Scarlet dengan Cepat dan Terampuh

Sponsors Link

Ada macam-macam demam yang bisa menyerang anak. Setiap demam akan menunjukan gejala demam yang berbeda-beda. Namun ada salah satu jenis demam pada anak yang cukup berbahaya. Yaitu demam Scarlet atau demam skarlatina. Demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes memang bisa membahayakan bagi anak jika dibiarkan begitu saja.

ads

Namun, pada dasarnya ada beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk mengatasi demam pada anak. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara mengatasi demam scarlet pada anak yang bisa kita gunakan. Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk menurunkan demam scarlet pada buah hati, seperti

Cara Mengatasi Demam Scarlet

Ada beberapa langkah pengobatan yang bisa kita gunakan untuk mengatasi demam ini. Selain itu langkah pengobatan yang tepat dan akurat dapat menghindarkan si buah hati dari beberapa kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. selain itu dengan metode pengobatan juga dapat mengatasi dan menurunkan kemungkinan tersebarnya bakteri Streptococcus pyogenes ke anak yang lain. Langkah pengobatan yang diambil oleh dokter biasanya adalah berupa terapi antibiotik selama kurang lebih 10 hari.

Meskipun kita tahu bahwa ada beberapa efek samping antibiotik demam pada anak, namun selama pemberian tersebut berasal dari dokter maka semua masih bisa dikatakan aman. Pemilihan jenis antibotik sendiri juga haru diperhatikan dengan baik, biasanya dokter akan memberikan antibiotik dari jenis penicilin. Namun, jika tubuh anak menunujukan reaksi penolakan, obat antibiotik akan diganti dengan jenis erithromicin.

Untuk dapat memperoleh hasil yang paling baik, maka sebaiknya anak-anak menjalani tindakan terapi pengobatan ini secara penuh. Biasanya dengan terapi pengobatan dapat menurunkan panas pada anak dalam kurun waktu 4-5 hari. Namun, kita dapat juga mempergunakan beberapa cara menurunkan panas anak tanpa obat, tapi dengan metode ini biasanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Bagi anak yang memperoleh metode pengobatan dengan terapi antibiotik biasanya akan dapat kembali berkatifitas 24 jam setelah menerima pengobatan pertama.

Cara Mengatasi Demam Scarlet Secara Tradisional

Ada satu lagi cara mengatasi demam scarlet yang bisa kita terapkan. Hal ini sebenarnya lebih merujuk pada metode perawatan yang dapat kita lakukan di rumah. Biasanya metode ini dilakukan oleh orang tua agar dapat lebih merasakan dan mengurangi rasa sakit pada anak. jika orang tua akan melakukan metode ini, maka ada beberapa langkah-langka yang bisa kita lakukan seperti

  • Siapkan larutan air garam untuk dikumur-kumur. Upaya ini efektif dalam membantu meringankan sakit tenggorokan.
  • Permen pelega tenggorokan juga bisa digunakan untuk meredakan radang tenggorokan.
  • Gunakan alat yang dapat menghilangkan udara kering pemicu radang tenggorokan. Pastikan juga sirkulasi udara di dalam ruangan terjaga
  • Hindari pemicu iritasi lain, seperti asap rokok, dan produk pembersih.
    Sponsors Link

  • Sediakan makanan yang nyaman bagi tenggorokan, seperti sup hangat dan hidangan dingin kecil, seperti es batangan untuk menyejukkan radang tenggorokan.
  • Gunakan losion dengan kandungan calamine atau antihistamin untuk meredakan gatal yang muncul.
  • Hindari mengelap penderita dengan air dingin. Air dingin menyebabkan kontraksi pembuluh darah sehingga mengurangi pelepasan panas akibat demam.

Itu tadi beberapa cara mengatasi demam scarlet yang bisa kita lakukan. Pastikan kita memilih cara pengobatan yang tepat sesuai dengan keadaan dari si buah hati. Jika memang pengobatan di rumah tidak mampu menurunkan demam anak, maka sebaiknya kita membawanya ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan