Sponsors Link

6 Cara Menurunkan Panas Anak 2 Tahun Paling Ampuh

Sponsors Link

Anak-anak adalah salah satu hal yang paling berharga dalam hidup kita, khususnya bagi orang tua yang merawat sang anak dengan penuh kasih sayang. Oleh karena itulah, ketika anak sakit, maka alamiahnya kita akan berusaha untuk menyembuhkan penyakit yang diderita oleh anak-anak kita. Salah satu penyakit yang bisa menyerang anak adalah demam atau panas, termasuk pada anak-anak yang baru berumur dua tahun.

ads

Penyakit Panas pada Anak

Panas atau demam merupakan suatu peristiwa perubahan suhu tubuh anak dari suhu tubuh normal menjadi lebih tinggi dan di atas suhu normal tubuh manusia. Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan panas pada anak. Tubuh yang panas secara prinsip disebabkan karena adanya kerja sistem imun tubuh dalam melawan zat asing seperti bakteri atau virus yang ingin menyerang tubuh kita. Akan tetapi kalau demam terlalu tinggi, tentu saja perlu diketahui bagaimana cara menurunkan panas anak 2 tahun supaya dia bisa beristirahat dengan nyaman, apalagi ketika sudah parah seperti demam tinggi disertai mencret pada anak.

Langkah-langkah Menurunkan Panas Anak

Lalu bagaimana cara menurunkan panas anak atau demam anak 2 tahun tersebut? Bagi para ayah dan ibu, tentu saja hal ini perlu untuk diketahui bukan? Silakan baca beberapa hal di bawah ini agar kamu bisa mengetahui bagaimana cara menurunkan panas anak 2 tahun.

1. Mengganti pakaian anak dengan pakaian yang tipis dan nyaman untuk beristirahat

Agar anak bisa beristirahat dengan tenang, tentu saja dibutuhkan kondisi lingkungan yang nyaman untuk beristirahat. Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan yang nyaman tersebut adalah dengan memakaikan pakaian yang tipis pada anak. Pakaian yang tipis akan membuat panas yang keluar dari tubuh sang anak bisa lepas dengan sempurna, sementara pakaian yang tebal justru akan memerangkap suhu tersebut sehingga malah akan semakin panas.

2. Menyelimuti dengan kain yang nyaman

Ketika suhu anak tinggi, maka anak tersebut boleh diselimuti supaya dia tidak terkena suhu udara yang buruk dan mempercepat proses penyembuhannya. Akan tetapi sebaiknya kain atau selimut yang digunakan jangan terlalu tebal karena hal tersebut akan mengganggu sirkulasi udara layaknya pakaian yang tebal pada anak. Sirkulasi yang cukup sangat diperlukan agar kulit sang anak mudah mengeluarkan panas. Memakai selimut yang terlalu tebal justru akan meningkatkan risiko anak mengalami panas berlebihan karena suhu panas tidak bisa keluar dengan leluasa.

3. Mengurangi aktivitas yang melelahkan

Anak-anak yang mengalami panas atau demam haruslah beristirahat dengan baik. Oleh karena itu salah satu cara menurunkan panas anak 2 tahun adalah dengan mengurangi jumlah aktivitas melelahkan yang ia lakukan seperti bermain di luar, nonton tivi terus menerus dan lain sebagainya.

4. Memperbanyak istirahat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, istirahat adalah sesuatu yang sangat penting untuk mereka yang terkena demam. Oleh karena itulah anak-anak harus banyak istirahat ketika mengalami panas agar panasnya cepat turun. Jangan lupa untuk memberi obat penurun panas badan supaya panasnya cepat turun.

Sponsors Link

5. Memperbanyak minum

Panas tubuh akan membuat cairan di dalam tubuh cepat berkurang. Oleh karena itulah supaya tidak terjadi dehidrasi, anak-anak harus minum cukup air supaya bisa menjaga agar kadar cairan di dalam tubuhnya tidak banyak berkurang sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan yang diperlukan.

6. Memandikan anak dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat menjadi salah satu terapi yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan panas. Hal tersebut diakibatkan karena mandi dengan air hangat akan membantu menstimulus terbukanya pori-pori kulit dari yang awalnya sempit menjadi lebih besar sehingga panas tubuh bisa keluar dengan baik. Tentu saja hal ini harus dilakukan di saat yang tepat, jangan melakukannya di malam atau sore hari menjelang malam karena bisa memicu masalah yang lain.

Penyebab Penyakit Panas pada Anak Umur 2 Tahun

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan panas pada anak yang berumur 2 tahun. Dengan mengetahui beberapa penyebab panas pada anak ini, tentunya para orang tua bisa membantu anak untuk menghindari beberapa penyebab penyakit panas tersebut. Beberapa hal di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Infeksi pada salah satu atau beberapa bagian tubuh
  • Penyakit ginjal
  • Iritasi pada ginjal
  • Penyakit lambung
  • Pilek
  • Influenza
  • Demam berdarah
  • Malaria
  • Terkena serangan virus atau bakteri jahat
Sponsors Link

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Panas pada Anak Umur 2 Tahun

Sementara itu, beberapa ciri-ciri dan atau gejala demam pada anak umur 2 tahun adalah sebagai berikut:

  • Mata terasa panas
  • Dahi terasa panas
  • Tubuh terasa panas
  • Lelah dan tidak bersemangat
  • Tubuh tidak nyaman dibuat beraktivitas
  • Tidak mau bermain
  • Menangis terus menerus
  • Nafsu makan menurun
  • Nafas anak cepat saat demam

Itulah beberapa hal penting yang bisa kita bahas dalam kesempatan kali ini berkaitan dengan bagaimana cara menurunkan panas anak 2 tahun. Dengan beberapa penjelasan tambahan seperti di masalah penyebab panas pada anak, ciri-ciri dan gejala penyakit panas pada anak dan lain sebagainya di atas, semoga hal tersebut bisa menambah wawasan orang tua atau calon orang tua kelak dalam merawat sang anak. Semoga dengan beberapa penjelasan di atas bisa membantumu ya.

Sampai di sini pembahasan kita kali ini, sampai bertemu lagi di artikel yang lain! Jangan lupa menjaga diri dari penyakit panas ya!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan