Sponsors Link

Ibu Hamil Demam Pilek – Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Kehamilan adalah momen yang menyenangkan, namun cukup menyusahkan jika kondisi ibu hamil demam pilek tanpa sebab. Tentu hal ini dapat membuat sedikit panik karena rasa takut bahwa demam flu akan mempengaruhi kesehatan janin juga. Apalagi tidak banyak informasi mengenai hal tersebut. Oleh sebab itu untuk memberikan kejelasan kondisi ini berikut akan diberikan pembahasan yang cukup jelas namun singkat mengenai kondisi ibu hamil demam pilek. Simak dengan baik.

ads

Penyebab Demam Flu

Umumnya ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ibu hamil demam flu. Biasanya kondisi tersebut seringkali dipicu oleh hal-hal berikut ini:

  • Susah tidur, sehingga ibu hamil mengalami penurunan daya tahan tubuh akibat kurang tidur. Hal ini karena posisi kehamilan yang menyusahkan dan keinginan untuk sering kencing setiap saat. Akhirnya ibu hamil mudah terbangun di malam hari dan susah tidur kembali.
  • Kelelahan, karena sebagian besar ibu hamil membutuhkan tenaga lebih dalam melakukan aktivitas. Akibatnya saat kelelahan dan kurang istirahat ibu hamil mudah terserang gejala demam denggi maupun flu dan batuk pilek.

Cara Mencegah Demam pilek

Jika terserang demam pilek maka ada beberapa cara untuk mencegah hal tersebut. Berikut ini beberapa cara mencegah demam pilek pada ibu yang sedang menjalani masa kehamilan:

  • Perbanyak konsumsi vitamin dan mineral supaya daya tahan tubuh ibu hamil meningkat. Terutama dengan memperbanyak konsumsi vitamin C yang umumnya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dengan cepat.
  • Minum air putih sebanyak mungkin minimal delapan gelas sehari untuk membantu mencegah kondisi dehidrasi. Dengan demikian maka di masa kehamilan seorang ibu tidak mudah terserang gejala demam berdarah pada orang dewasa maupun gejala influenza seperti batuk maupun pilek.
  • Lakukan olah raga ringan seperti misalnya jalan sehat, berenang maupun yoga yang membantu meningkatkan stamina tubuh pada saat kehamilan. Selain itu olah raga ini dapat membantu system pernafasan ibu hamil menjadi lebih lancar dan maksimal.

Cara Mengobati Demam Pilek

Apabila mengalami demam pilek selama kehamilan, maka sebaiknya segera ambil tindakan pengobatan yang efektif. Berikut ini beberapa jenis obat yang dapat diminum oleh ibu hamil yang aman dan cepat beraksi menyembuhkan penyakit:

  • Obat demam seperti misalnya parasetamol atau ibuprofen. Biasanya dokter akan meresepkan obat ini dengan dosis rendah yang aman bagi janin yang dikandung. Sehingga jenis obat demam untuk ibu hamil ini dapat efektif meredakan demam pilek yang dialami.
  • Obat flu herbal dengan berbagai macam merek yang beredar di pasaran. Karena biasanya obat herbal memiliki efek samping yang minimal pada janin yang sedang dikandung. Lain halnya dengan obat medis yang keras dan dapat mengakibatkan efek samping yang kurang baik pada janin termasuk resiko keguguran maupun cacat.
    Sponsors Link

  • Vitamin C dosis tinggi, karena dengan konsumsi multivitamin maka daya tahan tubuh ibu hamil akan meningkat lebih tinggi. Sehingga demam tinggi pada orang dewasa yang diderita dapat cepat sembuh dengan sendirinya dan dalam waktu singkat.

Demikian penjelasan singkat tentang kondisi ibu hamil demam pilek yang mudah dan mungkin terjadi pada ibu di masa kehamilannya. Dengan memahami apa saja yang umumnya dapat menyebabkan kondisi tersebut, maka diharapkan ibu hamil dapat segera mengambil langkah untuk mengobati kondisi tersebut dengan baik. Yang paling utama sebaiknya cegah kondisi yang dapat menyebabkan ibu hamil mudah terserang virus penyebab demam. Dengan demikian baik ibu maupun bayi dapat berada dalam kondisi yang tetap sehat tanpa kurang suatu apapun.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pra Demam