Sponsors Link

7 Gejala Demam Denggi yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Demam denggi adalah penyakit berjangkit yang disebabkan oleh Virus penyebab demam denggi yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes. Tiada ubat khusus yang dapat merawat demam Denggi kecuali mengamalkan langkah-langkah pencegahan dan kawalan. Tidak kira bayi, kanak-kanak atau orang dewasa, semuanya berisiko menghidapi demam denggi. Tanda demam denggi mudah dikenalpasti jika kita baca maklumat yang diberikan oleh Kementerian Kesihatan Malaysia.

ads

1. Sakit Perut Parah

Salah satu gejala demam denggi yang muncul pada saat demam berdarah adalah sakit perut yang parah. Bahkan tidak jarang kalian akan mengalami mual parah yang diikuti dengan muntah-muntah. Bahkan perut akan terasa kram.yang cukup mengganggu beraktivitas. Kalian jangan terlalu khawatir jika feses berubah warna menjadi hitam. Karena ini merupakan efek dari sakit perut yang parah.

2. Mendadak Demam Tinggi

Gejala demam denggi yang paling sering dialami adalah mendadak demam tinggi. Kalian akan mengalami demam berkepanjangan selama terkena demam denggi. Suhu tubuh pada saat demam bisa mencapai 40°Celcius dengan badan panas dan berkeringat dingin . Lebih mengherankannya lagi adalah demam ini sulit turun padahal kalian sudah mengonsumsi antibiotik serta obat penurun demam panas. Pastikan untuk selalu memantau suhu karena terutama pada anak-anak.

3. Sakit Kepala

Gejala lainnya pada saat terkena demam denggi adalah nyeri didaerah belakang mata, kalian juga akan merasakan nyeri sendi, otot, serta tulang. Ini juga akan diserta dengan sakit kepala yang parah. Hal ini disebabkan oleh virus demam denggi akan mengganggu kinerja beberapa organ. Sakit kepala ini tidak akan kalian rasakan secara terus menerus. Karena rasa sakit kepala serta nyeri pada beberapa bagian akan muncul dan menghilang.

4. Muncul Ruam

Demam denggi juga akan menyebabkan timbulnya ruam berwarna kemerahan di beberapa bagian. Ruam ini biasanya diikuti munculnya bintik-bintik. Bintik-bintik tidak akan menimbulkan gatal karena bintik ini sebenarnya merupakan pendarahan dibawah kulit. Tidak jarang juga ruam yang timbul cenderung berwarna merah gelap.

5. Pendarahan

Pada saat kalian terkena demam virus denggi terutama anak-anak. Akan lebih mudah mengalami pendarahan, pada orang dewasa hal ini cukup jarang terjadi jika dibandingkan dengan anak-anak. Pendarahan yang muncul tergolong ringan. Biasanya pendarahan akan terjadi pada hidung atau biasa disebut mimisan. Serta pendarahan pada gusi.

6. Tidak Nafsu Makan

Gejala demam denggi selanjutnya adalah membuat nafsu makan kalian berkurang. Padahal saat terkena penyakit ini, tubuh memerlukan banyak nutrisi untuk melawan penyakit. Pastikan agar kalian tidak kekurangan nutrisi agar proses penyembuhan lebih cepat.

Sponsors Link

7. Mual dan Muntah

Pada saat demam denggi seringkali disertai dengan timbulnya masalah pencernaan. Bahkan terkadang masalah pencernaan akan diserta dengan muntah-muntah. Anak-anak yang terkena demam dengginumumnya lebih parah dibandingkan orang dewasa. Bahkan mual dan muntah bisa terjadi secara terus menerus. Ini karena kalian akan merasa tidak nyaman, mulut yang terasa hambar dan hidung yang sensitif saat mencium aroma. Bahkan jika dilihat lebih seksama, perut kalian akan lebih besar dari biasanya.

Untuk itu sangat disarankan untuk melakukan penanganan dengan cepat agar gejala demam denggi tidak semakin parah.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan