Sponsors Link

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meredakan Demam

Sponsors Link

Demam merupakan kenaikan tubuh sementara waktu. Seseorang bisa mengalami demam apabila suhu tubuh sudah mencapai 37.5 derajat celcius atau lebih yang merupakan gejala dari sebuah penyakit. Ketika sedang demam, berarti tubuh sedang berjuang melawan bakteri dan penyakit penyebab infeksi di dalam tubuh seperti flu, radang amandel, batuk, cacar air, infeksi telinga, infeksi saluran kemih dan sebagainya. Menggunakan minyak esensial untuk meredakan demam khususnya miyak terapeutik sangat baik untuk meringankan gejala demam pada umumnya serta memiliki sifat anti virus dan anti bakteri di dalamnya. Berikut ini, kami akan berikan beberapa jenis minyak esensial yang bisa anda gunakan untuk meredakan demam rekomendasi dari para ahli.

ads

1. Minyak Basil

Minyak esensial untuk meredakan demam pertama yang bisa anda gunakan adalah minyak basil yang bisa cepat sekaligus efektif untuk mengurangi penyebab gampang demam. Beberapa penelitian juga sudah membuktikan jika basil memiliki sifat antipiretik yang sangat kuat. Peneliti India mengklaim jika basil bisa mengurangi demam yang disebabkan karena tipus dan diare. Mereka juga mengkonfirmasi tentang manfaat anti inflamasi basil untuk beberapa penyakit kronis.

Kemampuan minyak esensial ini untuk menurunkan suhu tubuh mirip dengan cara kerja aspirin namun perbedaannya, basil tidak memiliki efek samping sesudah penggunaan dalam jangka panjang. Anda bisa menggunakan minyak esensial ini dalam waktu lama dan tidak harus khawatir tentang bahaya pada kesehatan anda. Selain itu, kandungan anti bakteri pada minyak basil yakni anti bakteri bisa membunuh mikroba penyebab infeksi yang mungkin menjadi penyebab dari demam.

  • Campur 5 tetes minyak basil atau kemangi dengan 1 sendok teh minyak jojoba dalam botol kaca.
  • Tutup botol dan kocok agar tercampur rata.
  • Letakkan beberapa tetes pada bagian belakang leher dan bawah kaki anda yang bisa diulangi 3 kali sehari selama 3 sampai 5 hari.

2. Minyak Peppermint

Minyak peppermint berasal dari ramuan abadi keluarga Lablatea yang umumnya tidak berwarna namun ada juga yang agak kekuningan atau kehijauan. Penggunaan minyak ini sangat populer digunakan untuk sindrom iritasi usus dan juga bisa meredakan demam panas. Sifat pendingin dari minyak peppermint ini sangat baik digunakan untuk meredakan demam. Penelitian ilmiah juga sudah membuktikan aktivitas anti piretik yang signifikan dalam minyak esensial ini.

  • Tuang 5 tetes minyak peppermint pada handuk dingin dan tempel pada bagian belakang leher anda.
  • Ulangi beberapa kali sehari hingga suhu tubuh anda turun.

3. Minyak Spearmint

Ini merupakan ramuan aromatik yang biasa dipakai dalam produk kosmetik dan farmasi. Spearmint terkenal karena sifat stimulan dan karminatif di dalamnya. Minyak ini berasal dari bagian daun lewat proses distilasi yang ekstraknya mempunyai mekanisme anti virus dan anti bakteri kuat.

Untuk itulah, tidak heran jika minyak esensial ini digunakan untuk menurunkan demam biasa. Minyak spearmint bisa membunuh patogen penyebab infeksi dan peningkatan suhu tubuh yang bisa dipakai untuk mengurangi demam dan meringankan rasa sakit serta peradangan menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013.

  • Masukkan es batu dalam mangkuk berisi air dan tambahkan 5 tetes minyak spearmint dalam air dingin tersebut.
  • Rendam handuk lembut dalam air dan peras untuk mengurangi air berlebih.
  • Tekan lembut handuk di area tubuh yang hangat seperti belakang leher dan ketiak.
  • Lakukan teknik ini 3 hingga 4 kali sehari hingga demam reda.

4. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung fenolik, monoterpen dan zat lain yang bisa menghasilkan efek antioksidan, anti jamur dan anti bakteri di antara beberapa jenis minyak esensial lainnya sehingga baik digunakan untuk melawan penyakit termasuk demam. Senyawa utama dalam cengkeh yakni eugenol akan membentuk 70 sampai 85% dari ekstrak minyak esensial ini yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala demam pada anak.

Eugenol memiliki sifat antipiretik yang kuat sehingga efektif digunakan untuk mengatasi demam. Cara kerjanya sama seperti obat obatan umum yang diresepkan untuk demam seperti acetaminophen namun tanpa menimbulkan efek samping.

  • Tambahkan 5 tetes minyak cengkeh pada handuk dingin dan tempel pada area dahi anda.
  • Lakukan ini sepanjang hari dan ganti handuk baru setiap setengah jam sekali.
    Sponsors Link

5. Minyak Kemenyan

Kemenyan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sudah digunakan orang seluruh dunia bahkan sudah digunakan sejak dulu untuk mengatasi masalah kesehatan. Minyak kemenyan juga menjadi salah satu minyak esensial yang baik digunakan untuk meredakan demam anak anak tanpa menimbulkan efek samping. Minyak kemenyan juga bisa megurangi pembengkakan infeksi virus atau bakteri karena sifat analgesik dan anti inflamasi didalamnya.

  • Tambahkan 5 tetes minyak kemenyan dalam air dingin.
  • Gunakan larutan ini untuk mandi spons yang dilakukan 3 kali sehari sampai 1 minggu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal