Sponsors Link

Penyebab Umum Mual dan Muntah Disertai Demam

Sponsors Link

Semua orang bisa saja mengalami mual dan muntah disertai demam. Meski begitu, kondisi ini memang lebih sering dialami anak anak karena sistem imun tubuh mereka yang masih belum sempurna untuk melawan segala penyakit yang menyerang. Lalu, apa saja penyebab umum mual dan muntah disertai demam yang paling sering terjadi?, simak ulasan kami berikut ini untuk mengetahui jawaban selengkapnya.

ads

Penyebab Mual, Muntah dan Demam

Mual dan muntah disertai demam biasanya merupakan gejala yang mendasari penyakit atau jenis ninfeksi tertentu. Kondisi tersebut merupakan cara tubuh untuk merespon terhadap serangan penyakit. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mual, muntah dan juga disertai demam bisa terjadi. Untuk itu, akan lebih baik jika anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari gejala yang anda alami. Sedangkan beberapa penyebab paling umum dari gejala tersebut diantaranya adalah:

1. Infeksi Saluran Pencernaan

Gastroenteritis atau muntaber merupakan salah satu jenis infeksi saluran pencernaan yang memiliki gejala seperti mual, muntah dan disertai dengan demam. Infeksi ini biasanya disebabkan karena virus, parasit atau bakteri. Seperti namanya, selain gejala demam dan muntah, muntaber juga bisa memicu gejala lainnya seperti diare sampai sakit perut.

Selain itu, radang usus buntu atau apendistis juga bisa menyebabkan mual, muntah dan demam. Kondisi ini termasuk jenis sakit perut yang luar biasa di bagian kanan bawa dan juga nafsu makan yang menurun dengan tajam. Usus buntu harus segera ditangani sebab jika dibiarkan semakin lama bisa pecah kemudian menginfeksi organ pencernaan di sekitarnya.

2. Infeksi Pada Bagian Tubuh Lain

Demam merupakan respon tubuh yang paling utama ketika sedang melawan infeksi. Sedangkan infeksi yang paling sering menyebabkan demam biasa adalah radang tenggorokan, infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, infeksi saluran kencing dan juga infeksi paru paru seperti pneumonia. Pada beberapa orang, demam yang terjadi juga bisa disertai dengan mual dan muntah.

3. Keracunan Makanan

Jika sesudah mengkonsumsi sesuatu anda merasa mual, muntah dan demam, maka ini bisa menjadi pertanda jika anda keracunan makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri. Kondisi tersebut juga bisa disertai dengan diare namun biasanya tidak serius dan bisa sembuh dalam beberapa hari tanpa butuh penanganan medis khusus.

Meski kebanyakan kasus bisa diatasi denan beberapa obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas, namun terkadang kondisi ini juga bisa menandakan masalah yang lebih serius khususnya jika demam berkepanjangan terjadi. Untuk itu, segera kunjungi rumah sakit jika anda mengalami beberapa gejala tambahan seperti:

  • Lemas, lesu dan sering mengantuk.
  • Sakit perut kronis.
  • Muntah tidak berhenti sesudah lebih dari 12 jam.
  • Sesak atau sulit bernapas.
  • Demam mencapai 40 derajat celcius yang terjadi lebih dari 3 hari.

Penyebab Lain

Selain bisa disebabkan karena beberapa kondisi yang sudah kami sebutkan di atas, ada beberapa penyakit lain yang juga bisa menyebabkan gejala seperti demam disertai mual dan muntah, seperti:

Untuk memastikan penyebab demam dan muntah, dokter akan melakukan tes darah dan juga pemeriksaan penunjang lain sehingga anda bisa didiagnosa dan memperoleh penanganan terbaik menyangkut kondisi anda.

Sponsors Link

  • Infeksi sistem pernapasan: Akibat virus dan bakteri yang ditandai dengan batuk, demam, flu, pilek dan juga mual serta muntah.
  • Gastritis: Terjadinya infeksi pada lambung yang menyebabkan penderita mengalami demam disertai dengan mual dan muntah akibat peningkatan asam lambung dan mual membuat air liur bertambah banyak dan terkadang berbuih pekat.
  • Infeksi pada organ pencernaan lainnya.
  • Demam tifoid: Jika demam yang terjadi sudah lebih dari 7 hari.
  • Infeksi saluran kemih.

Meski demam yang disertai dengan mual dan muntah seringkali menjadi pertanda dari penyakit biasa yang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan khusus, namun beberapa gejala tersebut juga tidak boleh diremehkan sebab ada beberapa penyakit serius yang juga butuh penanganan secepatnya khususnya untuk cara mengatasi demam dan muntah pada bayi. Untuk itu hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah segera berkunjung ke dokter untuk memperoleh diagnosa tepat dan juga penanganan secepatnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab