Sponsors Link

7 Pengobatan Demam Biasa Secara Alami

Sponsors Link

Ketika dahi anda terasa hangat, bukan berarti menjadi pertanda sakit parah dan sebaiknya anda tidak panik dengan demam biasa. Merasa sedikit demam sebenarnya merupakan pertanda baik jika sistem kekebalan tubuh anda bekerja dengan efektif. Beberapa obat yang dijual bebas akan memaksa tubuh untuk dingin ke suhu normal meski sebenarnya demam adalah tanda jika tubuh sedang melawan infeksi. Jadi, daripada anda bingung mencari obat, akan lebih baik jika anda mencoba beberapa pengobatan demam biasa secara alami yang bisa menenangkan demam dengan cara perlahan dan aman. Dengan ini, maka sistem kekebalan tubuh anda masih dapat melakukan pekerjaannya dalam menurunkan demam seperti yang akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

ads

1. Echinacea

Echinacea merupakan ramuan kuat yang sudah digunakan selama berabad abad dimulai dari penduduk asli Amerika. Selain itu, studi ilmiah juga menunjukkan jika minum teh echinacea saat pertama kali anda merasakan gejala demam bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu anda untuk menyingkirkan infeksi dan meredakan demam lebih cepat. Anda bisa membeli teh mengandung echinacea ini di sebagian besar toko makanan kesehatan.

2. Jahe

Pengobatan demam biasa secara alami berikutnya yang bisa anda coba adalah memakai jahe. Jahe memiliki sifat anti bakteri yang sangat efektif untuk melawan demam, batuk serta gejala penyakit umum lainnya. Anda bisa membeli teh berbasis jahe di toko atau membuat sendiri di rumah dengan irisan jahe.

3. Minum Banyak Cairan

Minum banyak cairan sangat penting untuk membantuk tubuh mengatur suhu, mengatasi kuman yang tidak diinginkan serta membantu fungsi tubuh berjalan dengan lancar. Apabila anda sedang demam, maka pastikan untuk minuman banyak air putih dan cairan lain yang menyehatkan.

Selain minum 8 sampai 12 gelas air per hari, anda juga bisa minum minuman olahraga yang tidak hanya bisa menggantikan cairan yang sudah hilang akibat dehidrasi namun juga mengganti hilangnya mineral dalam tubuh. Beberapa pilihan cairan lain yang baik dikonsumsi adalah:

  • Jus jeruk dan jus buah lain yang tinggi vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat melawan infeksi.
  • Anggur dingin yang akan memberikan hidrasi dan menenangkan saat sedang demam.

4. Tidur Cukup

Mungkin, tidur cukup menjadi cara terbaik untuk mengatasi demam biasa serta panas pada anak. Demam adalah cara tubuh memberi tahu anda jika sedang bekerja keras untuk mencegah anda sakit lebih parah. Untuk itu, berikan tubuh anda energi dan waktu yang dibutuhkan untuk melawan demam dengan cara tidur yang cukup.

Demam tinggi atau demam kronis memang bisa menjadi masalah yang serius, namun untuk demam biasa, terkadang hanya menjadi cara penyembuhan tubuh anda sendiri. Semua obat yang dijual bebas memiliki risiko dan juga efek samping. Untuk itu, daripada anda langsung minum obat, tidak ada salahnya mulai mencoba pengobatan demam biasa alternatif seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

5. Tambah Cabai Rawit Dalam Makanan

Ketika anda sedang makan saat demam, maka taburkan cabai rawit bubuk dalam makanan anda. Salah satu komponen utama dalam cabai rawit yakni capcaisin adalah bahan panas yang bisa membuat tubuh anda berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah dengan cepat yang akhirnya bisa membuat demam biasa semakin cepat sembuh.

6. Kaus Kaki Basah

Pengobatan demam dengan kaus kaki basah adalah cara tradisional populer untuk mengatasi demam. Pertama tama, hangatkan kaki anda dengan air hangat lalu rendam sepasang kaos kaki katun tipis dengan air dingin dan peras kemudian gunakan sebelum tidur. Gunakan kembali sepasang kaos kaki wol kering di atas kaos kaki basah. Cara ini akan membantu meredakan demam dengan cara menarik darah ke area kaki sehingga secara dramatis akan meningkatkan sirkulasi darah anda.

Sponsors Link

7. Minum Teh

Minum secangkir teh yarrow hangat bisa membuka pori pori anda dan memicu keringat yang konon katanya bisa memindahkan demam. Anda hanya perlu menyeduh satu sendok makan ramuan dalam secangkir air matang dan diamkan selama 10 menit. Biarkan dingin dan minum sebanyak satu hingga dua gelas sampai anda berkeringat.

Teh lain yang bisa anda minum adalah elderflower yang juga bisa membuat tubuh anda berkeringat dan mengatasi demam,demam flu serta pilek. Untuk membuat teh ini, campur dua sendo teh elderberry dalam secangkir air panas dan diamkan selama 15 menit. Saring elderflower dan minum tiga kali sehari selagi masih hangat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan