Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Rasa Dingin Berlebihan yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Kedinginan hampir pernah dialami setiap orang. Rasa dingin tersebut mungkin karena suhu di sekitar memang sangat dingin, misalnya di pagi hari hujan atau tinggal di wilayah yang sedang musim dingin. Toleransi tubuh seseorang atas suhu di sekelilingnya juga berbeda. Orang yang sudah terbiasa tinggal di wilayah yang mempunyai musim dingin tentu saja akan lebih tahan daripada orang yang biasa tinggal di wilayah tropis. Rasa dingin juga bisa timbul karena penyakit tertentu atau kita sebut sebagai demam gigil atau demam meriang, di mana suhu tubuh sebenarnya panas tetapi penderita kedinginan.

ads

Jadi, sebenarnya kedinginan adalah hal yang wajar selama tidak berlebihan atau hipotermia. Hipotermia adalah suhu tubuh yang menurun drastis hingga di bawah 35 derajat celcius. Umumnya penderita akan menggigil hebat. Cara mengatasi rasa dingin yang berlebihan antara lain :

  1. Minum Air Hangat

Jika di rumah atau disekitar tidak ada yang bisa dimakan atau diminum, maka minum air hangat akan cukup membantu. Meskipun tidak meningkatkan suhu tubuh, air hangat akan memberikan sensasi hangat ketika masuk ke dalam tubuh, bahkan ketika air baru menyentuh bibir.

  1. Minum Jahe

Jahe terkenal sebagai rimpang pengusir rasa dingin. Berbagai kandungan di dalamnya, membuat jahe cocok dikonsumsi orang yang badan demam tapi kedinginan atau penyebab tiba-tiba demam menggigil. Jahe memberikan sensasi hangat dalam tubuh seperti air putih hangat. Namun, kandungan antibiotik di dalamnya mampu mengatasi demam akibat radang tenggorokan.

  1. Konsumsi Makanan Berlemak

Dalam kondisi dingin, seseorang diminta melakukan hal kebalikan dari tubuh yang panas. Lemak yang tinggi dalam makanan membuat makanan sulit dicerna dan akan terjadi pembakaran energi yang cukup lama. Hal ini memberi atau meningkatkan suhu tubuh.

  1. Jangan Minum Alkohol

Beberapa orang mengatasi rasa dingin dengan alkohol. Berbagai jenis alkohol memang dapat memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan suhu tubuh. Namun, minum alkohol dapat menurunkan kesadaran. Hal ini sangat berbahaya. Apalagi orang dengan hipotermia yang mengkonsumsinya. Orang yang sedang menggigil kedinginan harus tetap menjaga kesadaran. Bahkan tidak disarankan tidur dengan kondisi kedinginan.

  1. Makan Coklat

Coklat mengandung lemak tinggi dan gula. Dengan demikian, konsumsi coklat akan membuat tubuh lebih lama membakar makanan untuk mencernanya. Sedangkan kadar gula yang dikandungnya meningkatkan kadar gula meningkat dan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk melawan dingin.  Makanan yang harus dihindari saat demam ini sangat cocok mengatasi rasa dingin berlebihan.

  1. Pakaian Tebal

Kedinginan yang tidak disertai demam dianjurkan memakai pakaian tebal dan selimut tebal, hingga badan merasa lebih hangat. Sementara pada demam menggigil yang bisa terjadi pada orang demam selesma, tidak dianjurkan berpakaian tebal karena akan membuat suhu tubuh semakin tinggi.

Sponsors Link

  1. Pakaian Kering

Pakaian juga harus dijaga agar selalu kering. Jika setelah minum obat dan panas menurun menyebabkan menggigil hilang, maka segeralah ganti dengan pakaian baru yang kering. Demikian pula dengan rasa dingin yang berlebih bukan karena demam. Pakaian harus dijaga selalu kering. Pakaian yang basah akan terus menurunkan suhu tubuh.

  1. Hindari Kafein

Menghindari kafein adalah salah satu cara mengatasi dingin yang berlebih. Meskipun di awal meminumnya aka nada sensasi hangat tubuh seperti minum jahe atau air putih hangat. Namun, minum kafein dapat membuat otot jantung bekerja lebih keras sementara energi yang dihasilkan seharusnya untuk pembakaran tubuh.

Sponsors Link

  1. Banyak Makan

Banyak makan, apa saja akan membuat tubuh selalu terjaga. Orang dengan rasa dingin berlebihan tidak boleh tertidur atau kehilangan kesadaran. Karena dengan tertidur atau hilang kesadaran, maka suhu tubuh akan terus menurun tanpa disadari. Dengan banyak makan, metabolisme tubuh akan bekerja terus melakukan pembakaran menghasilkan energi.

  1. Berpelukan

Peluklah orang yang kedimginan agar panas tubuh bisa berpindah dan menghangatkan. Atau jika sama-sama berada dalam wilayah dingin, maka berpelukan akan saling memberikan kehangatan.

Itulah cara mengatasi rasa dingin yang berlebihan. Jika di rumah mengalami hal tersebut dan tidak kunjung teratasi dengan berbagai cara segeralah ke dokter. Ingat, jangan meminum obat tanpa resep dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan