Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Suhu Tubuh yang Rendah

Sponsors Link

Suhu tubuh manusia yang terlalu tinggi atau rendah bisa menjadi indikasi banyak masalah kesehatan. Suhu tubuh yang rendah atau hipotermia merupakan suhu berbahaya di bawah suhu normal tubuh manusia. Kondisi kesehatan ini bisa terjadi karena tubuh kehilangan panas lebih cepat dibandingkan dengan menghasilkan panas. Seseorang yang mengalami hipotermia ini akan merasa kedinginan dan harus segera ditangani sebab gejala hipotermia mengikuti spektrum perkembangan dari ringan sampai mematikan. Jika ini terjadi, beberapa cara mengatasi suhu tubuh yang rendah berikut ini bisa sangat membantu untuk menyembuhkan.

ads

Berapa Suhu Normal Tubuh Manusia?

Rata rata suhu tubuh normal manusia sekitar 37 derajat celcius. Akan tetapi, suhu tubuh yang dianggap normal akan bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Ini juga bisa sangat bervariasi tergantung dari hari, jenis kelamin dan apa yang baru saja dikonsumsi baik makanan atau minuman, siklus menstruasi, tingkat aktivitas fisik dan juga umur. Sedangkan menurut penelitian, seseorang bisa dikatakan memiliki suhu tubuh normal jika berada di 36 sampai 37.2 derajat cecius.

Sedangkan untuk suhu yang lebih tinggi dari 38 derajat celcius dianggap sebagai demam. Sedangkan untuk suhu dibawah 35 derajat celcius dianggap sebagai hipotermia. Suhu juga bisa bervariasi namun tergantung dari ringan atau berat hipotermia yang terjadi.

Sambil menunggu perawatan medis darurat, berikut ini ada beberapa cara mengatasi suhu tubuh rendah yang bisa dilakukan.

1. Tangani Dengan Hati Hati

Alaska menjadi negara yang seringkali menangani masalah hipotermia. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial Alaska, seseorang yang mengalami hipotermia sedang sampai berat harua ditangani dengan hati hati. Pada saat tubuh sedang dingin, maka jantung akan rentan terhadap fibrilasi ventrikel dengan segala gangguan bahkan bisa menyebabkan VF. Seorang pasien hipotermia sedang atau berat dan tidak dalam henti jantung juga bisa mengalami stres kardiovaskular berat yang ditempatkan dalam posisi vertikal.

2. Penghangatan Secara Bertahap

Apabila pasien berada di luar ruangan, maka menjaga kepala dan leher tetap hangat menjadi kunci penting dalam cara mengatasi suhu tubuh yang rendah. Jika tidak dapat memindahkan orang tersebut ke dalam ruangan, maka letakkan sesuatu antara orang tersebut dengan tanah yang dingin.

Lepaskan juga pakaian basah yang masih dikenakan sesegera mungkin.  Pada titik ini, CDC merekomendasikan beberapa langkah penghangatan seperti:

  • Mulai hangatkan bagian tengah tubuh terlebih dulu yakni area dada, leher, kepala dan juga pangkal paha memakai selimut listrik jika memang memungkinkan untuk menghindari tubuh menggigil tanpa demam.
  • Pakai kontak kulit ke kulit di bawah lapisan, selimut atau pakaian yang longgar dan kering.
  • Ketika terjadi peningkatan suhu tubuh, maka pastikan tubuh orang tersebut tetap kering dan dibungkus dengan selimut hangat serta pastikan untuk memasukkan leher dan kepala untuk pemanasan yang optimal.

3. Konsumsi Minuman Hangat dan Manis

Sebagai bagian dari proses penghangatan kembali, sangat direkomendasikan untuk memberikan cairan hangat dan manis pada penderita namun hanya bisa dilakukan ketika orang tersebut masih bisa menelan dengan normal untuk menghindari bahaya suhu tubuh rendah.

Hindari mencoba memberikan cairan pada seseorang yang sedang tidak sadarkan diri. Minuman hangat ini sangat baik diberikan untuk meningkatkan suhu tubuh inti dari dalam ke luar sekaligus bisa meningkatkan kadar gula yang bisa membantu bahan bakar lebih cepat. Sedangkan beberapa minuman hangat yang direkomendasikan diantaranya adalah coklat panas dan sari apel panas.

Sponsors Link

4. CPR

Hipotermia berat bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran dan untuk orang yang ada di sekitarnya mungkin akan sulit menemukan denyut nadi. Untuk itu, CPR harus diberikan dan dilanjutkan ketika korban sedang hangat hingga akhirnya bisa merespon atau bantuan medis sudah tersedia agar suhu tubuh normal penderita bisa semakin cepat.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Apa yang tidak boleh dilakukan dalam situasi medis darurat juga tidak boleh anda lakukan untuk menolong orang yang hipotermia. Jika anda merawat seseorang yang terkena hipotermia, maka ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan dan beberapa diantaranya sangat mengejutkan seperti tidak boleh memberikan rokok atau minuman beralkohol pada penderita. Selain itu, menghangatkan tubuh terlalu cepat juga tidak diperbolehkan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan