Sponsors Link

Cara Menurunkan Demam Bayi 6 Bulan Paling Efektif

Sponsors Link

Jika memiliki bayi yang sedang demam dan masih berusia 6 bulan, ada baiknya segera atasi dengan cara menurunkan demam bayi 6 bulan. Karena pada usia tersebut bayi sangat rentang mengalami resiko kejang demam. Sehingga sebaiknya jangan sampai menyepelekan kondisi gejala demam anak naik turun. Terutama jika tanpa sebab bayi mengalami demam tinggi. Hal ini patut diwaspadai apa yang menjadi penyebabnya. Dan supaya demam cepat turun segera lakukan langkah pengobatan yang sesuai. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa cara menurunkan demam bayi 6 bulan yang paling ampuh.

ads

1. Pemberian ASI

Untuk menghindari timbul demam pada bayi yang masih berusia 6 bulan, sebaiknya berikan ASI untuk menghindari resiko terjadinya dehidrasi. Karena umumnya bayi yang dehidrasi mudah terkena demam.

2. Tidur Lebih Banyak

Pastikan agar bayi tidur lebih banyak dan sedikit melakukan aktifitas fisik. Hal ini akan membantu supaya bayi dapat cepat pulih dari demam karena bisul dan suhu tubuhnya akan kembali normal seperti semula. Pada saat tidur tubuh bayi umumnya akan memproses pemulihan lebih cepat dibandingkan pada saat terjaga.

3. MPASI Bergizi

Salah satu cara menurunkan demam bayi 6 bulan berikutnya yaitu dengan memberikan menu MPASI yang bergizi. Berikan banyak buah dan sayur yang kaya kandungan vitamin dan mineral. Karena kandungan gizi tersebut dibutuhkan untuk membantu pemulihan tubuh bayi dari gejala demam denggi yang mengganggu.

4. Multivitamin

Jika bayi susah makan tidak ada salahnya memberikan multivitamin tambahan. Terutama usahakan untuk memberikan vitamin C dosis tinggi. Karena hal tersebut akan membantu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh bayi sehingga tidak mudah sakit atau terserang demam karena batuk pilek yang mengganggu.

5. Obat Turun Panas

Bila berbagai macam cara telah dilakukan dan tidak menunjukkan hasil, maka sebaiknya berikan saja obat penurun panas yang aman bagi bayi maupun anak-anak. Contohnya dengan memberikan obat parasetamol atau ibuprofen yang umum diberikan sebagai penurun demam pada anak bayi dan balita.

6. Kompres Dingin

Salah satu cara lain yaitu dengan memberikan manfaat kompres demam pada bayi. Baik berupa kompres handuk dingin yang diletakkan pada dahi. Dapat pula dengan menggunakan kompres instan yang banyak terdapat atau dijual di pasaran. Dengan memberikan kompres maka suhu tubuh bayi akan turun dengan perlahan secara alami. Sehingga bayi dapat segera sembuh dari penyakit demam yang diderita.

Sponsors Link

7. Uap Minyak Kayu Putih

Untuk menurunkan demam dengan cara alami yang aman dapat pula dengan menggunakan uap minyak kayu putih. Usahakan agar bayi menghirup uap tersebut cukup banyak selama beberapa saat. Sehingga penyebab demam hilang timbul mereda dan suhu badan bayi kembali ke suhu normal tubuhnya.

8. Suhu Ruangan Hangat

Apabila bayi sedang mengalami gejala demam panas sebaiknya usahakan agar bayi berada di ruangan yang suhunya cukup hangat. Hindari menidurkan bayi di ruangan yang dingin. Dengan suhu ruang yang hangat maka demam bayi akan cepat mereda dengan sendirinya.

Sponsors Link

Demikian beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga agar kondisi demam bayi dapat segera pulih. Dengan cara menurunkan demam bayi 6 bulan yang efektif ini, maka kondisi bayi tidak mudah terserang demam kembali serta penyakit bayi akan mudah sembuh. Jika demikian maka aktivitas dan tumbuh kembang bayi setiap hari dapat tetap maksimal dan tidak mengalami gangguan yang berarti.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan