Sponsors Link

6 Cara Menurunkan Demam Bayi Setelah Imunisasi yang Paling Ampuh

Sponsors Link

Setelah imunisasi ada baiknya untuk mengetahui cara menurunkan demam bayi setelah imunisasi. Hal ini dimaksudkan supaya efek samping imunisasi berupa demam dapat segera diatasi dalam waktu singkat. Karena cukup umum bila setelah mendapatkan vaksin maka tubuh bayi menjadi meningkat suhu tubuhnya dan terjadi mekanisme demam. Dimana hal ini merupakan hal alami yang dialami bayi dalam membentuk daya tahan tubuh terhadap vaksin yang diberikan dalam tubuhnya. Namun tentu saja kondisi demam ini cukup mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, simak berikut ini beberapa cara menurunkan demam bayi setelah imunisasi.

ads

1. Obat Demam

Setelah imunisasi biasanya dokter akan menyarankan untuk memberikan obat penurun panas badan yang biasa diberikan untuk bayi maupun anak-anak. Biasanya berikan saja obat demam paling ringan efek samping seperti misalnya parasetamol. Karena demam akibat imunisasi merupakan hal yang wajar dan akan berangsur-angsur menghilang setelah beberapa hari berikutnya. Jika disertai gejala sakit dan nyeri pada badan dapat diberikan ibuprofen yang dapat bekerja menghilangkan rasa sakit maupun nyeri akibat demam.

2. Kompres Dingin

Jika suhu tubuh bayi meningkat, sebaiknya segera lakukan kompres dingin. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan handuk pada dahi bayi secara berkala hingga suhu tubuhnya berkurang dan kembali normal. Dapat pula dengan menggunakan kompres instan yang banyak dijual di toko obat. Yang paling penting pantau suhu bayi dan usahakan tidak demam tinggi yang dapat menyebabkan kejang demam. Dengan demikian maka bayi akan kembali normal suhunya dan demam mereda secara alami.

3. Air Putih

Langkah mudah sebagai cara menurunkan demam bayi setelah imunisasi yaitu dengan memberikan asupan air putih yang cukup. Usahakan agar bayi terhindar dari dehidrasi yang dapat membuat demam yang tak kungjung sembuh pada anak bayi makin lama. Berikan air putih secukupnya supaya tubuh bayi terlihat tetap segar.

4. ASI

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan saat bayi sedang demam yaitu pemberian ASI. Dengan memberikan ASI secara berkala dan teratur maka daya tahan tubuh bayi akan meningkat serta resiko untuk mengalami kenaikan suhu badan panas tapi terasa dingin dapat diminimkan. Sehingga dengan demikian imunisasi akan bekerja maksimal namun tidak mendatangkan efek samping yang berarti bagi kesehatan bayi.

5. Bawang Merah

Cara tradisional untuk meredakan demam pada bayi dapat dengan memarut bawang merah kemudian mengoleskan hasil parutan tersebut ke punggung dan perut bayi. Sehingga dengan demikian maka tubuh bayi akan terasa hangat serta gejala demam rematik akan menghilang secara alami dengan sendirinya. Cara ini terbukti berkhasiat dan telah dipakai sejak jaman nenek moyang. Sehingga ini merupakan cara aman yang minim efek samping bagi bayi.

Sponsors Link

6. Minyak Kayu Putih

Selanjutnya untuk meredakan demam berikan uap minyak kayu putih. Dengan demikian maka panas tubuh bayi akan dapat keluar dan suhu tubuhnya dapat kembali normal seperti sedia kala. Uap minyak kayu putih ini juga bermanfaat mengeluarkan dahak dan meredakan penyebab panas dingin dan pusing.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai apa saja cara menurunkan demam bayi setelah imunisasi. Sehingga setelah mendapatkan vaksin maka bayi tidak terlalu rewel dan suhu tubuhnya dapat normal kembali. Dengan kondisi badan bayi yang normal maka bayi akan dapat beraktivitas normal kembali serta dapat bertumbuh dengan baik dengan resiko tertular penyakit yang juga lebih minim.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan