Sponsors Link

Cara Menurunkan Demam Dengan Kompres yang Benar

Sponsors Link

Demam merupakan salah satu gejala paling umum yang muncul pada saat kalian terserang penyakit. Bahkan, semua orang pernah mengalami yang namanha demam. Gejala demam  ini pun telah muncul jauh semenjak berabad-abad yang lalu. Jadi tidak heran jika penanganan badan panas dan berkeringat dingin bermunculan, bahkan tiap daerah memiliki penanganan yang berbeda-beda.

ads

Bahkan ada mewariskannya secara turun-temurun. Mulai dengan menggunakan berbagai ramuan seperti bawang merah, kopi dan bahan-bahan lainnya. Buat kalian yang ingin menurunkan demam dengan cara yang mudah. Kalian bisa menggunakan kompres, tapi kalian jangan sembarang mengompres. Karena jika salah justru demam panas akan bertambah tinggi.

Ingat, kalian perlu berhati-hati untuk menangani demam. Penanganan yang keliru bisa berakibat fatal. Jadi penting bagi Anda untuk menyimak baik-baik informasi seputar kompres demam di bawah ini.

1. Menggunakan Kompres Air Hangat

Seperti yang sudah dikatakan jika kalian salah dalam mengompres, justru akan membuat demam semakin tinggi. Biasanya jika kalian atau anak kalian mengalami demam biasa, kalian akan bergegas mengompresnya dengan es batu. Sebelumnya es batu yang dibungkus oleh kain. Tidak jarang juga ada yang menggunakan kain yang telah dicelupkan kedalam air dingin. Cara ini tergolong mudah dan tradisional untuk menurunkan gejala demam disertai nyeri badan panas dengan cepat. Tapi ternyata cara ini sangatlah salah.

Saat kalian mengalami demam,  Suhu tubuh cepat panas. Ini merupakan bentuk mempertahankan diri guna melawan bakteri serta virus yang menyerang. Jika kalian menempelkan kompres dingin, ini akan membuat mengenalinya sebagai suatu ancaman pada proses saat melawan infeksi.

Sehingga, tubuh justru akan semakin meningkat sehingga penyebab demam tinggi pada orang dewasa akan menjadi lebih parah. Tidak hanya itu, kompres dengan air dingin juga berisiko membuat suhu tubuh menurun secara tiba-tiba. Hal inilah yang akan memicu badan kalian mengalami yang namanya menggigil.

Jika suhu tubuh sangat tinggi, kalian harus menhgunakan air hangat. Tapi jika demam disertai sakit kepala tidak terlalu tinggi kalian bisa menggunakan kompres atau kain yang sudah dibasahi oleh air suam-suam kuku. Ini sudah cukup buat menurunkan demam. Kompres hangat juga akan memicu munculnya keringat, ini akan membuat suhu tubuh lebih cepat turun dengan alami. Bahkan kompres air hangat juga akan membantu melancarkan peredaran darah dan membuat kalian tidur dengan nyaman.

Sponsors Link

2. Menggunakan Kompres Instan

Jika kalian ingin yang lebih cepat dan membutuhkam kompres dalam keadaan mendesak, Salah satu cara mengobati panas dingin bisa menggunakan kompres instan. Jangan khawatir, karena kompres dijual dengan bebas di apotik. Kompres ini memiliki konsep hydrogel yang akan berperan dalam menyerap panas tubuh. Serta mengalirkannya ke kompres. Ingat, lebih baik untuk  meletakkan kompres pada bagian tubuh yang benar.

Lebih baik untuk tidak meletakan di dahi tapi meletakannya di ketiak atau pangkal paha. Kalian juga harus menyesuaikan ukuran kompres dengan bagian tubuh yang ingin dikompres. Sehingga pasien tidak akan terganggu saat menggunakannya. Kompres instan sangat dianjurkan unthk disimpan di cooler kulkas kalian.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan