Sponsors Link

Cara Menurunkan Demam Dengan Bawang Merah yang Benar

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal bawang merah? Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang hampir ada di setiap masakan. Tidak hanya berguna untuk masakan saja, bawang merah ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan.

ads

Diantara kalian mungkin sudah mengetahui manfaat bawang merah bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan suhu tubuh cepat panas  kalian. Bahkan cara ini sudah sering dipakai semenjak dulu dan dianggap sebagai salah satu cara tradisional untuk menurunkan demam panas. Berikut beberapa cara menurunkan demam biasa menggunakan bawang merah yang bisa kalian coba di rumah.

1. Mencampurkan Bawang Merah dengan Minyak Telon

Salah satu cara mengatasi gejala demam  dengan bawang merah adalah mencampurkan bawang merah dengam minyak telon. Cara pembuatannya pun sangatlah sederhana dan mudah buat di lakukan. Kalian cuma perlu menumbuk atau menghaluskan beberapa siung bawang merah. Tidak usah terlalu halus, kalian harus membiarkan tekstur bawang merah tidak hancur dan tetap ada.

Selanjutnya kalian cukup menambahkan minyak telon ataupun minyak kayu putih secukupnya. Kemudian aduklah hingga merata dan tercampur semua. Pastikan agar semua bawang merah terlumuri minyak. Jika kalian tidak terlalu menyukai bau minyak dan tidak ingin menggunakannya, kalian cukup menggunakan bawang merah yang sudah diyumbuk saja. Ini karena bawang merah bisa mengeluarkan minyak dengan cara yang alami.

Jika campuran minyak telon dengan bawang merah telah siap. Kalian maka cukup mengoleskan ke leher, bagian punggung, dada serta perut kalian. Oleskan sambil memberikan sedikit pijatan sehingga bawang meresap ke dalam kulit. Ini juga akan membuat kalian merasa nyaman dan mengatasi penyebab demam tinggi pada orang dewasa . Lebih baik jika yang mengoleskannya adalah orang lain, sehingga kalian bisa tertidur pulas.

2. Menggunakan Bawang Merah Untuk Kerokan

Salah satu cara mengobati panas dingin bisa menggunakan metode kerokan. Apalagi jika badan panas dan berkeringat dingin, diserta dengan gejala flu, sakit kepala, serta kembung. Cara ini sangatlah ampuh, tapi tidak dianjurkan dilakukan pada anak-anak. Karena kulit anak masih lembut sehingga akan terasa sakit serta bisa menimbulkan lecet. Untuk itulah kalian bisa menggunakan bawang merah, ini lebih aman dibandingkan melakukan kerokan dengan logam.

Lalu pakailah untuk mengerok, pastikan jika kalian menggunakan bagian yang bergetak buat menggosok. Gosoklah sama seperti kalian mengerok biasanya. Jika kaliam melakukannya pada anak, kalian harus lebih pelan-pelan agar tidak menimbulkan lecet. Jika getah bawang merah sudah mengering, kalian bisa menggunakan bawang merah yang sudah di belah terlebih dahulu. 

Sponsors Link

Kerokan dipunggung bisa membuat pembulu darah melebar. Ini akan membantu proses penurunan demam panas pada kalian. Jika kalian telah selesai kerokan, kalian bisa melumuri punggung dengan minyak telon ataupun minyak kayu putih. Kalian juga bisa memberikannya juga di perut serta dada untuk mengurangi demam disertai nyeri badan .

Bawang merah sudah terbukti ampuh dalam menurunkan demam disertai sakit kepala karena bawang merah mengandung zat penting seperti  minyak atsiri, kaemferol, sikloaliin, metilaliin, kuersetin serta floroglusin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan