Sponsors Link

Cara Menurunkan Demam Dengan Mentimun yang Benar

Sponsors Link

Ada berbagai cara menurunkan suhu badan yang meningkat, termasuk yaitu dengan cara menurunkan demam dengan mentimun. Ini adalah cara yang mungkin jarang dipakai oleh orang, namun ternyata cara ini berhasil untuk meredakan demam jerami dengan baik. Tentu hal ini menimbulkan pertanyaan, sebenarnya bagaimana hal ini dapat dilakukan, apalagi jika caranya tidak biasa.

ads

Mengingat mentimun adalah sayuran yang digunakan untuk konsumsi makanan sehari-hari dan bukan juga merupakan obat untuk menyembuhkan demam. Karena itu untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara menurunkan demam dengan mentimun yang patut untuk dicoba.

1. Lalapan

Buah mentimun paling enak digunakan untuk lalapan. Selain banyak mengandung air juga bersifat dingin di perut, sehingga membantu menurunkan suhu badan tubuh kembali normal secara alami. Karena itu bila demam cobalah untuk konsumsi mentimun segar setiap hari. Dijamin penyebab demam hilang timbul akan segera reda dengan sendirinya.

Makan lalapan ketimun adalah hal yang mudah dilakukan dan tidak perlu susah dalam menyiapkan jenis makanan ini. Sehingga jenis lalapan ketimun biasanya yang banyak dipilih orang sebagai alternatif penyembuhan demam dengan menggunakan ketimun yang segar.

2. Kompres

Selain dimakan buah mentimun dapat pula digunakan sebagai bahan kompres alami demam panas. Caranya cukup mudah, potong mentimun kecil2 dan letakkan di dahi penderita. Timun akan bekerja alami menyerap panas tubuh sehingga gejala demam denggi akan berangsur-angsur menghilang.

Ganti timun setiap beberapa jam dengan yang baru supaya dapat bekerja lebih maksimal untuk menurunkan demam. Demgan demikian maka suhu badan tubuh yang awalnya naik dapat turun dengan perlahan. Cara lain yang tak kalah ampuh yaitu meletakkan kompres mentimun di dada dan perut anak-anak. Ini akan membantu agar suhu badan anak berkurang panasnya.

3. Serut

Selanjutnya cobalah untuk menyerut timun segar dan letakkan di dalam gelas beserta air serutan timun. Minumkan pada penderita demam dengan rash. Dengan demikian maka demam akan sedikit-sedikit menurun hingga suhu tubuh normal kembali. Sudah dikenal sejak lama bahwa mentimun dapat meredakan panas dalam. Sehingga mengkonsumsi timun akan membantu menyembuhkan demam secara maksimal.

Karena dengan kebaikan timun yang satu ini maka panas tubuh akan terserap maksimal. Selain itu timun mengandung banyak air yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Dimana dehidrasi bisa saja merupakan penyebab demam saat diare yang terjadi terutama pada anak kecil.

Selain cara di atas ada pula cara menurunkan demam dengan mentimun lainnya. Salah satunya dengan membuat ramuan herbal mentimun untuk demam biasa. Sedangkan untuk membuat ramuan ketimun herbal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu meliputi:

Sponsors Link

  • Siapkan mentimun serta madu atau gula batu. Boleh juga ditambahkan sedikit garam.
  • Potong mentimun kecil-kecil lalu parut dan ambil air atau sarinya.
  • Tambahkan sedikit madu atau gula batu. Ada pula yang menggunakan garam untuk tambahan rasa. Sehingga rasanya nanti lebih enak dan tidak hambar atau pahit,
  • Sajikan ramuan tersebut setiap hari sebanyak 2 atau 3 kali sehari.

Demikian beberapa cara menurunkan demam dengan mentimun. Ini adalah cara paling alami yang tidak memiliki efek samping. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba cara ini jika sedang mengalami penyebab demam pada kanker akibat gejala flu atau infeksi penyakit. Dengan demikian demam akan segera reda dan tubuh dapat melakukan aktivitas kembali dengan normal.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan