Sponsors Link

9 Cara Menyembuhkan Demam Skarlatina yang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam skarlatina adalah jenis penyakit menular yang sangat mematikan jika tidak segera diobati. Demam skarlatina ini sebenarnya merupakan penyakit yang bisa diobati hanya dalam satu minggu baik dengan resep obat antibiotik atau memakai ramuan tradisional alami.

ads

Beberapa gejala seperti ruam atau bintil merah pada kulit dan sakit tenggorokan nantinya bisa diatasi dengan ramuan tradisional, sedangkan antibiotik berguna untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi. Jika ada anggota keluarga atau mungkin anda sendiri menderita penyakit ini, maka silahkan simak informasi bermanfaat tentang cara menyembuhkan demam skarlatina dari kami berikut ini.

  1. Minum Banyak Air Putih

Demam kronis yang dibiarkan bisa menyebabkan dehidrasi sehingga minum banyak air putih sangat penting untuk dilakukan sehingga dehidrasi bisa dicegah. Pastikan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari dan tambahkan juga dengan minum sari buah seperti jeruk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mandi Dengan Air Garam

Mandi dengan air garam adalah pengobatan tradisional yang sangat baik dilakukan untuk cara menyembuhkan demam skarlatina. Untuk mandi air garam, anda membutuhkan setengah cangkir garam inggris, setengah cangkir madu dan 3 cangkir cuka. Penuhi bak mandi dengan air hangat dan masukkan semua bahan kemudian gunakan untuk berendam selama 20 menit untuk meredakan suhu badan panas dan gatal yang ditimbulkan karena ruam.

  1. Minyak Biji Anggur dan Zaitun

Sesudah mandi dengan air garam dan badan dikeringkan, maka bisa dilanjutkan dengan mengolesi tubuh dengan minyak biji anggur atau minyak zaitun pada kulit. Kedua jenis minyak ini sangat baik untuk meredakan ruam merah pada bayi dan orang dewasa sekaligus menyembuhkan lebih cepat.

  1. Berkumur Dengan Teh Bayberry

Dalam bayberry mengandung zat antibakteri yakni mirisitrin yang sangat baik untuk melawan bakteri penyebab panas dalam tenggorokan sebagai salah satu gejala demam skarlatina.

  • Siapkan 1 sendok teh bubuk akar bayberry dan sedikit susu.
  • Rebus bubuk akar bayberry dengan setengah liter air selama 15 menit.
  • Tambahkan dengan susu dan biarkan hingga dingin.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari
  1. Selasih dan Jahe

Minuman yang terbuat dari selasih dan juga jahe sangat baik dikonsumsi untuk meredakan sakit tenggorokan sekaligus mengurangi rasa mual yang disebabkan demam skarlatina.

  • Campur 1 sendok penuh jus selasih dengan secangkir air hangat, 1 sendok penuh jus jahe dan 1 sendok makan madu.
  • Aduk hingga rata dan minum sebanyak 4 kali sehari secara teratur. 
    Sponsors Link

  1. Antibiotik

Jika demam skarlatina segera diperiksakan ke dokter, umumnya akan diresepkan antibiotik yang berguna untuk menghilangkan patogen dalam tubuh. Pilihan pertama yang biasanya diberikan adalah penisilin, namun jika mengalami alergi maka bisa diberikan eritromisin.

Antibiotik untuk demam ini diberikan setiap 6 hingga 12 jam sekali dalam bentuk suntikan atau pil tergantung dari resep dokter. Meski gejala sudah reda, antibiotik ini tetap harus dihabiskan agar seluruh infeksi bisa benar benar hilang.

  1. Parasetamol

Parasetamol bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada demam skarlatina. untuk dosis anak anak diatas 12 tahun atau orang dewasa bisa diberikan 500 hingga 1000 mg setiap 4 hingga 6 jam sekali dan tidka boleh lebih dari 4000 mg dalam sehari. Sedangkan dosis maksimal untuk anak dibawah 12 tahun adalah 15 mg per kilogram berat badan yang diberikan 4 hingga 6 jam sekali dan tidak boleh diberkan lebih dari 4 kali dalam sehari.

  1. Gunakan Alat Pelembab Udara

Alat pelembab udara atau humidifier merupakan alat pelembab udara yang sangat penting untuk dihirup karena bisa meredakan radang tenggorokan yang disebabkan infeksi saat demam skarlatina agar bisa sembuh lebih cepat.

Sponsors Link

  1. Istirahat Cukup

Selain mengkonsumsi obatan baik yang diresepkan dokter atau obat tradisional, istirahat yang cukup juga sangat penting dilakukan untuk menyembuhkan demam skarlatina dan juga jenis demam lainnya. Tubuh nantinya akan melawan penyakit saat mengkonsumsi antibiotik sehingga umumnya akan merasa lelah atau lemas sehingga istirahat cukup menjadi hal penting yang harus dilakukan agar demam skarlatina bisa lebih cepat disembuhkan.

Beberapa cara menyembuhkan demam skarlatina yang sudah kami berikan diatas sangat penting dilakukan untuk meredakan gejala sekaligus menyembuhkan infeksi yang disebabkan karena demam skarlatina agar tidak menyebabkan komplikasi lanjutan yang sangat berbahaya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan