Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Demam dan Sakit Kepala karena Sinus

Sponsors Link

Demam dan sakit kepala karena sinus bisa terjadi akibat pembengkakan, peradangan atau infeksi di beberapa bagian sinus kepala. Sakit kepala dan demam seringkali juga menunjukkan gejala yang sama seperti sakit kepala karena migrain atau akibat tekanan meski disertai juga dengan gejala lainnya seperti sakit tenggorokan, batuk, lemas atau pilek. Demam dan sakit kepala akibat sinus juga bisa dipicu karena perubahan tekanan pada telinga, infeksi gigi, infeksi bakteri sinus atau sinusitis. Jika anda mengalami beberapa masalah tersebut, anda bisa mengatasinya dengan beberapa obat obatan medis atau perawatan rumahan seperti yang akan kami berikan berikut ini.

ads
  1. Pakai Obat Semprot Hidung Steroid

Obat steroid intranasal seperti flutikason atau flonase bisa anda beli tanpa resep untuk mengatasi demam dan sakit kepala karena sinus. Obat semprot ini sangat berguna untuk meredakan sakit kepala dan demam berkepanjangan yang dipicu oleh alergi. Obat semprot hidung steroid ini juga tidak memiliki efek samping berat seperti dekongestan dan antihistamin oral seperti mulut kering dan mengantuk meski memang efeknya butuh beberapa hari sehingga tidak bisa digunakan untuk meredakan demam dan sakit kepala dengan cepat.

  1. Gunakan Dekongestan

Dekongestan atau obat obatan bisa dibeli tanpa resep untuk mengurangi tekanan pada sinus, membuka sumbatan saluran dalam hidung, mengatasi gejala demam, sakit kepala dan mengembalikan kelancaran aliran. Anda bisa membeli dekongestan ini dalam bentuk obat semprot hidung atau tablet oral di apotek. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter untuk memastikan dekongestan yang anda gunakan tidak mengganggu kondisi kesehatan lain yang mungkin anda derita seperti darah tinggi atau berinteraksi dengan obat obatan yang sedang anda gunakan.

  1. Minum Antihistamin

Beberapa penderita juga merasakan manfaat dari antihistamin khususnya untuk mengatasi demam biasa dan sakit kepala karena sinus yang berlangsung lama atau untuk penderita alergi. Hal yang harus diperhatikan adalah, antihistamin generasi lama seperti Benadryl bisa memberikan efek samping serius pada sinus seperti mengeringkan membran lendir jaringan hidung serta pengentalan cairan di dalamnya dan menyebabkan kantuk.

  1. Aliri Hidung Anda

Untuk mengatasi demam panas dan sakit kepala akibat sinus selanjutnya bisa dilakukan dengan mengaliri hidung anda. Campur 30 ml air hangat dengan 1/2 sendok teh garam dan gunakan alat suntik tanpa jarum yang dijual di apotik untuk mengaliri air tersebut ke lubang hidung. Cara ini sangat membantu untuk mengencerkan dan mengalirkan cairan di dalam hidung sekaligus membuka sumbatan.

  1. Gunakan Uap

Penyebab gampang demam dan sakit kepala akibat sinus juga bisa dihilangkan dengan menggunakan uap. Isi panci dengan air kemudian didihkan hingga banyak uap yang keluar dan angkat. Pasang handuk katun di kepala dan tundukkan kepala anda di atas panci beruap tersebut lalu bernapas lewat hidung dan keluarkan lewat mulut sebanyak lima hitungan.

  1. Pijat Bagian Sinus

Berikan juga pijatan ringan dengan gerakan memutar memakai jari telunjuk dan jari tengah pada kening atau sinus frontalis dan jembatan antara kedua mata atau sinus orbitalis dan bawah mata atau sinus maksilaris. Lakukan pijatan selama beberapa menit dan tiup hidung anda sesudahnya yang sangat membantu untuk meringankan demam disertai sakit kepala akibat sinus. 

Sponsors Link

  1. Minum Banyak Air

Cukupi juga kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum banyak air setidaknya delapan gelas setiap hari. Saluran hidung akan tersumbat dan meradang jika tidak mendapatkan aliran cairan yang cukup sehingga gejala demam biasa dan sakit kepala bisa terjadi. Cairan nantinya akan membantu untuk melancarkan aliran di dalam hidung dengan cara mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit kepala dan demam anda.

  1. Olahraga

Olahraga menjadi dekongestan alami yang sangat baik untuk mengatasi sakit kepala dan demam akibat sinus. Dengan berolahraga, maka denyut jantung akan meningkat dan memperbanyak produksi keringat sehingga bisa melancarkan aliran cairan dalam hidung. Anda bisa berlatih aerobik seperti lari atau bersepeda selama 15 menit untuk meringankan penyakit tersebut.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan