Sponsors Link

5 Gejala Demam Tulang yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Demam tulang atau  demam chikungunya paling sering menyerang pada saat musim pancaroba. Bahkan anak-anak maupun orang dewasa bisa terkena penyakit ini. Demam tulang merupakan penyakit yang disebabkan kuning virus penyebab demam chikungunya yang ditularkan dengan gigitan nyamuk aedes albopictus dan aedes aegypti.

ads

Demam tulang atau yang biasa disebut dengan flu tulang biasanya akan membuat kalian sedikit membungkuk serta meringkuk karena rasa sakit yang cukup parah. Bahkan tidak jarang kesulitan untuk menggerakkan tulang. Berikut gejala demam tulang yang harus kalian waspadai.

1. Sakit Perut

Tidak hanya terasa nyeri pada saat menggerakan anggota badan. Tapi demam tulang juga akan membuat kalian merasa demam nyeri sendi pusing mual serta muntah bahkan terkadang menimbulkan nyeri otot. Jika sudah begini kalin bisa mengatasinya dengan obat herbal atau memakan buah. Ini akan lebih baik daripada kalian mengonsjmsi obat.  Kalian juga harus menastikan agar kandungan nutrisi kalian selalu tercukupi.

2. Sakit Kepala

Salah satu gejala demam tulang yang sering dialami adalah sakit kepala. Tidak hanya sakit kepala, kalian juga akan merasakan nyeri di belakang mata. Ini biasanya akan diikuti dengan nyeri pada sendi, otot. Sakit kepala yang kalian akan rasakan akan membuat kalian sulit beraktivitas. Gejala demam tulang yang ini hampir dirasakan oleh semua penderitanyaa.

3. Bintik Merah dan Gatal

Pada saat kalian mengalami demam tulang, jangan kaget jika timbul demam disertai bintik merah dan gatal atau ruam kemerahan di beberapa bagian. Bintik-bintik merah ini biasanya disertai dengan rasa gatal yang cukup menyiksa. Bintik-bintik yang timbul ini secara perlahan akan menghilang jika kondisi kalian semakin membaik. Jangan pernah menggaruknya jika tidak ingin bertambah parah. Bintik merah yang muncul bisa saja berwarna merah kehitaman tergantung dari perkembangan virus yang masuk kedalam tubuh.

4. Flu

Pada saat kalian terkena  demam tulang, tak jarang juga jika kalian terkena gejala demam tulang seperti flu secara tiba-tiba. Tanda serta gejala flu biasanya akan timbul setelah 24 sampai 48 jam semenjak kalian terpapar virus. Bahkan flu ini biasa disertai dengan demam ringan. Flu akan berlangsung selama 3 hingga 5 hari. Selain itu kalian juga akan merasakan panas dingin, nyeri  pada otot, terasa lemas dan mudah lelah. Kzlian juga skan mengalami bersin, hidung meler, dan serta sedikit sakit pada tenggorokan. Jangan kagdt jugz jika terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening kalian.

5. Mata Memerah

Pada saat kalian terkena demam virus tulang, tak jarang terjadi peradangan serta pembengkakkan pada mata. Inilah yang membuat pembuluh darah jadi lebih terlihat memerah. Mata yang memerah terkadang menkmbilkan gatal serta membuat mata kalian menjadi lebih berair. Jadi jangan heran jika terjadi pembengkakan pada kelopak mata.

Sponsors Link

Cara untuk meredakan mata yang memerah kalian bisa melakukan pengompresan mata menggunakan air dingin. Jika semakin parah, kalian bisa menggunakan obat tetes mata.

Disarankan untuk segera melakukan penanganan setelah mengetahui gejala yang muncul. Jangan sampai demam berdarah tulang memasuki tahapan yang lebih parah. Karena semakin cepat kalian menanganinya, akan semakin cepat rasa nyetinya menghilang.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan