Sponsors Link

7 Cara Mengobati Demam Lembah Secara Medis dan Alami

Sponsors Link

Demam lembah merupakan infeksi jamur yang umumnya terjadi di barat daya Amerika Serikat dan juga barat laut Meksiko. Jamur ini ditemukan pada tanah dan demam lembah merupakan jenis penyakit yang sulit didiagnosis sebab tidak memiliki gejala yang spesifik. Untuk kasus yang ringan, demam lembah mungkin tidak membutuhkan pengobatan. Namun sebagian kasus lain bisa diobati dengan obat anti jamur dan beberapa pengobatan lain karena bisa berbahaya. Ada beberapa cara mengobati demam lembah baik berupa tindakan medis ataupun pengobatan dengan bahan bahan alami seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

ads
  1. Kunjungi Dokter Spesialis

Jika anda sudah didiagnosis terkena demam lembah, maka kemungkinan dokter akan merujuk pasien ke spesialis khusus yang menangani masalah demam lembah. Ini biasanya dilakukan untuk penderita dengan kasus demam lembah yang parah atau jika pasien sudah pernah mengalami gejala demam lembah kemudian kembali kambuh.

  1. Obat Obatan Anti Jamur

Obat obatan anti jamur tidak bisa dibeli bebas untuk menangani demam lembah. Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami gejala yang berat atau kekambuhan. Obat anti jamur ini umumnya akan diresepkan untuk mengobati demam lembah dan perawatan yang biasanya berlangsung antara 3 hingga 6 bulan tergantung dari tingkat keparahan komplikasi.

Selain itu, anda kemungkinan juga akan diberikan flukonazol, ketoconazole, itraconazole. Sedangkan untuk beberapa kasus dengan lembah yang parah, maka akan diberikan amfoterisin B secara intervena. Apabila pasien mengembangkan kondisi tertentu karena demam lembah seperti meningitis atau demam akut, maka kemungkinan obat anti jamur harus dikonsusmi seumur hidup.

  1. Mengatasi Kondisi yang Terkait

Demam lembah terkadang juga bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius khususnya jika sistem kekebalan tubuh penderita juga rendah. Demam lembah nantinya bisa berkembang menjadi infeksi paru paru parah, pneumonia atau infeksi yang menyebar ke seluruh bagian tubuh. Apabila ini terjadi, maka dokter akan menyarankan pasien tetap di rumah sakit kemudian akan diberikan obat anti jamur dan mengobati kondisi terkait yang lainnya.

  1. Operasi

Dalam beberapa kasus jenis demam lembah parah, operasi kemungkinan juga akan dilakukan untuk mengatasi efek demam lembah seperti ketika kerusakan paru paru parah terjadi sehingga rongga paru par harus dibedah. Jika terjadi radang sendi yang berkaitan dengan demam lembah, maka cairan atau abses pada tulang dan sendi juga mungkin terjadi sehingga harus dikeringkan dengan cara pembedahan. Tulang kemungkinan juga harus diangkat lewat operasi apabila osteomielitis sudah terjadi.

  1. Mengobati Gejala Mirip Flu

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam lembah adalah dengan mengobati gejala mirip flu yang terjadi. Perawatan paling utama adalah banyak istirahat untuk kasus demam lembah yang ringan. Demam lembah juga bukan merupakan penyakit menular sehingga tidak perlu khawatir penyakit ini bisa menyebar dari tubuh penderita ke orang lain. 

Sponsors Link

  1. Konsumsi Diet Anti Jamur

Diet juga sangat membantu untuk menciptakan lingkungan yang tidak disukai jamur sehingga bisa membantu membunuh jamur penyebab demam lembah. Kurangi segala makanan dan minuman yang banyak mengandung susu, gula, bir dan makanan yang mengandung ragi untuk mengatasi tipe demam ini.

  • Produk susu: hindari susu, keju atau yogurt termasuk juga membatasi asupan gula seperti buah, madu atau jus.
  • Batasi asupan bir dan makanan lain yang mengandung ragi serta konsumsi makanan yang tidak diproses atau tidak dimasak selama masa pengobatan. 
    Sponsors Link

  1. Konsumsi Suplemen

Cara lain untuk membunuh jamur penyebab demam lembah adalah dengan suplemen. Anda bisa mengkonsumsi suplemen vitamin E, B kompleks, C dan juga A Plus untuk meningkatkan lingkungan baik di dalam tubuh sehingga jamur tidak berkembang sekaligus untuk mengatasi demam virus.

  • Suplemen kunyit juga bisa dikonsumsi sebab merupakan anti jamur yang baik untuk membunuh jamur.
  • Suplemen bawang putih juga tinggi akan anti jamur yang bisa dikonsumsi sebagai suplemen demam lembah.
  • Suplemen lactobacillus acidophilue serta bifidobacterium juga bisa membantu untuk memulihkan flora normal dalam usus anda.
  • Lidah buaya, kemangi, cengkeh, kayu manis, mangan, magnesium, thyme, oregano dan juga seng semuanya memiliki sifat anti jamur yang juga bisa membantu mengobati demam lembah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan