Sponsors Link

10 Obat Herbal Demam Batuk Pilek Paling Ampuh

Sponsors Link

Obat herbal atau obat alami atau obat tradisional, saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat.  Banyak yang mulai mencoba pengobatan dengan cara ini sebagai pengobatan alternatif.  Apa yang dimaksud dengan obat herbal?  Obat herbal adalah semua bahan atau ramuan yang didapat dari alam, baik dari tumbuhan atau hewan dan bahan mineral alam yang digunakan secara turun temurun oleh suatu masyarakat dan dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit.

ads

Beberapa prinsip obat herbal, yaitu :

  • Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit
  • Detoksifikasi atau mengeluarkan racun tubuh
  • Penyeimbang kondisi tubuh agar semua organ berjalan normal
  • Tidak menggunakan bahan sintetis

Salah satu yang biasa dan banyak digunakan adalah obat tradisional demam batuk pilek.  Penyakit ini seringkali diderita terutama demam batuk pilek pada anak.  Sehingga, masyarakat beranggapan penggunaan obat herbal lebih baik daripada penggunaan obat kimia yang terlalu sering.  Beberapa obat herbal demam batuk pilek akan diuraikan di bawah ini.

  1. Jahe

Jahe merupakan obat herbal demam batuk pilek yang paling banyak digunakan. Selain karena khasiatnya, jahe sangat mudah didapatkan.  Bahkan menanam jahe sendiri juga sangat mudah.  Penelitian menunjukkan bahwa jahe mengandung minyak stsiri, glingerol, dan terpenoid zingiberol.  Kandungan tersebut menyebabkan jahe dapat menjadi anti virus mengatasi demam dan melegakan tenggorokan saat batuk pilek dengan memberikan kehangatan dari dalam tubuh.

Cara mengkonsumsi jahe mudah.  Kita tinggal mengambil beberapa ruas jahe putih atau jahe merah, mengupas dan menumbuknya sedikit.  Setelah itu direbus bersama air hingga mendidih.  Dengan menambahkan sedikit madu, setelah direbus jahe siap diminum.

  1. Larutan Garam

Larutan garam dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan efektif.  Garam merupakan mineral yang merupakan anti virus dan  anti bakteri.  Namun cara ini hanya cocok dilakukan oleh orang dewasa karena cukup sulit. Campurkan masing-masing ¼ sendok teh garam dan baking soda dalam segelas air hangat.  Jika mempunyai botol semprotan, masukkan campuran ke dalamnya.  Setelah itu, semprotkan larutan ke dalam hidung dua sampai tiga kali dan biarkan air mengalir kembali keluar. Cara ini dapat dilakukan beberapa kali untuk mengatasi napas sesak karena hidung tersumbat.

  1. Cabe Rawit

Zat capsaicin yang dikandung cabe rawit sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan membantu penyerapan vitamin dalam tubuh.  Bagi orang yang tidak mempunyai gangguan lambung, konsumsi cabe rawit akan meningkatkan daya tahan tubuh.  Ini sangat baik bagi penderita demam infeksi seperti batuk pilek.

Sponsors Link

  1. Air Hangat

Air hangat mudah di mana saja dan sangat mudah membuatnya.  Minum dan mandi menggunakan air hangat akan membuat gejala batuk pilek teratasi.  Sebaliknya, konsumsi air dingin dan mandi dengan air dingin akan membuat kondisi semakin memburuk.

  1. Lemon

Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin c dengan rasa menyegarkan.  Kandungan vitamin C ini memperkuat daya tahan tubuh.  Sedangkan anti virus dan anti inflamasi yang dikandung lemon dapat mengatasi gejala batuk pilek, terutama pada bayi seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan batuk.  Caranya mudah, campurkan beberapa buah lemon yang sudah diiris dengan satu ruas jahe dan segelas air hangat.  Kemudian tutup sekitar 10 menit, saring, dan campurkan dengan sedikit madu atau gula untuk pemanis.  Minuman ini dapat diberikan pada penderita batuk pilek dua sampai 3 kali sehari.

ads

  1. Madu

Madu terkenal sebagai pereda demam atau obat penurun panas badan, meredakan batuk, mencegah iritasi pada tenggorokan, dan anti bakteri dan virus.  Berikan 1 sendok makan madu dua sampai tiga kali sehari pada penderita.  Dapat juga dicampurkan dengan lemon seperti cara di atas.  Perlu diperhatikan, bahwa madu sebaiknya tidak diberikan kepada anak usia di bawah 2 tahun.

  1. Blueberry

Lebih banyak konsumsi blueberry juga disarankan sebagai obat herbal demam batuk pilek.  Buah blueberry mengandung aspirin alami yang berfungsi sebagai obat turun panas dan mengurangi rasa nyeri.

  1. Bawang Putih

Menurt penelitian, bawang putih memiliki senyawa kimia sebagai antibiotik alami.  Artinya, bawang putih dapat menghambat pertumbuhan virus dan bakteri.  Selain itu, bawang putih dapat memperlancar peredaran darah sehingga semua zat gizi dapat terserap cepat oleh tubuh sehingga daya tahan meningkat.  Bawang ini dapat dikonsumsi dengan dicampur dalam makanan sehari-hari atau dikonsumsi langsung saat perut masih kosong di pagi hari bangun tidur.

  1. Jeruk Nipis dan Kecap

Jika demam batuk pilek yang dialami sangat mengganggu di tenggorokan, atau mengalami demam selesma, bahkan sampai suara seperti hilang, campuran jeruk nipis dan kecap sangat manjur.  Beberapa kali konsumsi perasan 1 sendok makan jeruk nipis ditambah kecap akan mampu mengatasinya.

  1. Sup Ayam Hangat

Sup terutama sup ayam sangat cocok untuk mengatasi demam batuk pilek terutama anak-anak.  Campuran bahan makanan yang ada di dalamnya bergizi lengkap.  Termasuk resep makanan untuk anak demam yang paling dikuasai.  Dengan gizi yang lengkap, penyakit akan lebih cepat diatasi dan daya tahan tubuh meningkat.  Kandungan cairan di dalamnya mencegah dehidrasi.  Sementara kandungan dari beberapa rempah seperti bawang putih dan bawang merah membantu mengatasi gejala batuk pilek.

Demikian beberapa obat herbal demam batuk pilek yang dapat dicoba di rumah.  Pengobatan tersebut dapat dilakukan secara kombinasi.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan