Sponsors Link

P3K Saat Demam dan Cara Mengukur Suhu Dengan Termometer

Sponsors Link

Demam adalah sebuah bentuk reaksi yang menjadi tanda terjadinya infeksi dalam tubuh. Dalam keadaan normal, suhu tubuh seseorang berada sekitar 37 derajat celcius. Sedangkan untuk seseorang yang dikatakan demam jika suhu tubuhnya sudah lebih tinggi dari 38 derajat celcius. Dalam keadaan normal, suhu tubuh berada paling tinggi pada jam 4 sore dan paling rendah terjadi pada jam 4 pagi. Sedangkan pada bayi dibawah 1 tahun, peningkatan suhu tubuh meskipun sedikit bisa menjadi pertanda jika tubuh mengalami infeksi. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir, suhu tubuh yang terlalu rendah dari batas normal juga bisa menjadi pertanda dari penyakit serius.

ads

Gejala

Demam umumnya juga disertai dengan beberapa gejala tergantung dari penyebab demam tersebut. Berikut ini adalah beberapa gejala yang sering menyertai demam diantaranya adalah:

Demam dengan suhu lebih dari 39 derajat celcius umumnya juga bisa menyebabkan seseorang mengalami halusinasi dan juga kejang demam.

Pemeriksaan

Termometer menjadi alat yang bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh dan tipe-nya sendiri juga sangat beragam seperti termometer dubur, mulut dan juga liang telinga. Sedangkan untuk saat ini, termometer dengan air raksa semakin ditinggalkan karena jika pecah maka air raksa bisa keluar. Sedangkan untuk cara mengukur suhu tubuh dengan menempelkan telapak atau punggung tangan pada pipi atau dahi tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Untuk mengukur suhu tubuh, sebaiknya gunakan termometer dubur, mulut atau juga bisa dibawah ketiak.

Cara Mengukur Suhu Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai P3K saat demam yakni untuk mengukur suhu tubuh. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer yang bisa anda lakukan.

  • Mengukur Suhu Lewat Dubur Bayi

Untuk mengukur suhu tubuh lewat dubur bayi, oleskan pelumas atau jeli pada bagian ujung termometer kemudian letakkan bayi dalam posisi tengkurap dan masukkan ujung termometer sedalam 3.5 cm dalam dubur bayi. Diamkan selama 3 menit dan biarkan bayi tetap dalam posisi tengkurap kemudian keluarkan dan lihat hasilnya.

  • Mengukur Suhu Lewat Mulut

Letakkan bagian ujung termometer pada bagian bawah lidah dan biarkan selama 3 menit dakan keadaan mulut yang tertutup rapat. Ambil termometer dari mulut dan lihat hasilnya.

  • Mengukur Suhu Lewat Ketiak

Untuk mengukur suhu lewat ketiak, letakkan termometer di bawah ketiak dengan posisi lengan mengarah ke bawah kemudian silangkan lengan di bagian depan dada. Diamkan selama 5 menit kemudian ambil dan lihat hasilnya. 

Sponsors Link

Pengobatan

Untuk pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K saat demam dan dari hasil termometer sudah memperlihatkan tubuh memang sedang mengalami gejala demam, maka sebaiknya beberapa tindakan bisa segera dilakukan seperti:

  • Jika suhu tubuh tidak lebih dari 38.9 derajat celcius, maka tidak membutuhkan obat penurun demam.
  • Jika suhu tubuh melebihi dari 38.9 derajat celcius, maka bisa diberikan obat penurun demam atau obat antibiotik untuk demam seperti acetaminofen atau paracetamol dengan dosis 10 hingga 15 mg/kg berat badan untuk setiap kali minum.
  • Hindari memberikan aspirin pada anak karena bisa menimbulkan efek samping bahkan bisa menyebabkan kematian.

Selain itu, sebagai P3K saat demam yakni kenaikan suhu sebanyak 1 derajat celcius, maka tubuh membutuhkan cairan sebanyak 12.5% sehingga ini yang menjadi alasan mengapa penderita demam harus lebih banyak mengkonsumsi cairan agar terhindar dari dehidrasi.

Sedangkan pada beberapa kasus lain, penderita demam  seperti demam kronis juga sangat dianjurkan untuk dibawa ke dokter untuk berkonsultasi seperti beberapa kondisi berikut ini. 

Sponsors Link

  • Leher terasa kaku dan kepala terasa nyeri saat menunduk
  • Terjadi gangguan kesadaran
  • Muntah yang terjadi terus menerus
  • Nyeri ketika buang air kecil
  • Sulit saat bernafas atau terasa nyeri pada dada.
  • Dubur bayi berusia kurang dari 3 bulan suhunya lebih dari 38 derajat celcius
  • Suhu dubur bayi lebih dari 3 bulan dengan suhu dubur lebih dari 38.9 derajat celcius
  • Demam berkepanjangan sudah berlangsung lebih dari 1 hari untuk anak kurang dari 2 tahun
  • Demam sudah berlangsung lebih dari 3 hari untuk anak usia 2 tahun keatas
  • Bayi yang baru lahir dengan suhu dubur kurang dari 38.1 derajat celcius
  • Demam akut melebihi 3 hari pada orang dewasa dengan suhu lebih dari 39.4 derajat celcius

Demikian ulasan singkat dari kami tentang pertolongan pertama pada kecelakaan atau P3K saat demam yang bisa anda lakukan di rumah lengkap dengan beberapa kondisi demam yang sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan