Sponsors Link

Pengobatan Demam Chikungunya dengan Air Kelapa Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Nyamuk Aedes aegephty merupakan vektor pembawa berbagai penyakit. Nyamuk yang berkembang biak di air tergenang dan bersih ini bahkan dapat menyebabkan nyawa terenggut, jika penyakit tidak diwaspadai. Sedikitnya ada 3 jenis penyakit di dunia yang disebabkan oleh nyamuk ini, demam chikungunya, demam denggi berdarah, dan demam kuning.

ads

Virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegepgty umumnya menyerang pembuluh darah dan hati, sehingga dapat dikategorikan bukan jenis demam biasa. Penyebarannya sangat cepat, jika satu saja penderita demam digigit oleh nyamuk kemudian nyamuk menggigit beberapa orang lain maka penyakit akan segera tersebar.

Seperti telah dikemukakan di atas, demam chikungunya menjadi salah satu penyakit berbahaya karena nyamuk Aedes aegephty betina. Gejalanya mirip dengan penyakit lain, seperti :

  • demam
  • nyeri sendi
  • sakit kepala
  • nyeri otot
  • kelelahan
  • mual
  • muntah
  • ruam atau bintik merah

Penderita demam berdarah juga mempunyai ciri khas sama. Namun, di tingkat akut demam berdarah menyebabkan pendarahan di organ tubuh. Sedangkan demam kuning sesuai dengan namanya, virus menyerang hati dan menyebabkan kuning di kulit dan mata. Sementara gejala khas demam chikungunya adalah nyeri sendi dan otot yang dapat dirasakan berbulan-bulan sampai menghambat gerakan tubuh. Oleh karena itu penderita sakit ini disarankan untuk tetap beraktivitas ringan atau fisioterapi dengan dokter.

Ada banyak pengobatan demam chikungunya secara medis dan alami yang dapat dilakukan. Salah satu cara alami dengan air kelapa. Pengobatan dengan air kelapa ini telah diakui secara medis. Menurut The New Snuday Times, pengobatan demam chikungunya dengan air kelapa dimulai di Cina. Banyak pasien yang sembuh karena hal tersebut. Sementara itu, ahli sains dan dokter India yang menjabat sebagai Presiden Malaysia Dietery Suplement menemukan beberapa hal dalam penelitiannya. Beliau menyebutkan, bahwa air kelapa dapat menymebuhkan demam chikungunya, kolera, disentri, dan demam tifus. Penyembuhan berlangsung lebih cepat.

Berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan, fungsi air kelapa adalah sebagai berkut.

  1. Detoksifikasi Virus Hati
    Kandungan air kelapa diyakini menetralisir segala macam. Temasuk racun yang sudah masuk ke dalam hati.
  2. Menurunkan Suhu Tubuh
    Kandungan air kelapa dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang mengalami demam panas atau demam gigil.
    Sponsors Link

  3. Meningkatkan Stamina
    Meminum air kelapa terasa sangat menyegarkan. Kandungan gula di dalamnya juga cukup untuk menghasilkan energi.
  4. Mencegah dehidrasi
    Tentu saja air yang banyak dapat mencegah atau mengatasi dehidrasi yang mungkin dapat terjadi saat seseorang demam berkepanjangan.
  5. Mengandung Ion Tubuh.
    Tidak seperti air biasa, air kelapa mengandung banyak ion yang dibutuhkan tubuh. penderita yang demam tinggi hingga dehidrasi dan muntah kehilangan banyak ion. Minum air kelapa akan dengan cepat mengganti ion tubuh yang hilang.

Mungkin kebanyakan kita sudah mengetahui khasiat air kelapa untuk penyakit demam chikungunya secara tradisional. Namun, tidak ada salahnya melihat cara yang lebih tepat untuk memberikan air kelapa pada penderita sakit di bawah ini.

1. Balita

Air kelapa yang digunakan untuk penderita sakit balita sebaiknya adalah kelapa tua sebanyak 200 ml. Air kelapa tersebut dapat ditambahkan dengan sendok madu agar rasanya lebih enak dan diminum dua kali sehari.  Manfaat madu untuk penurun panas juga membantu dalam hal ini. 

Sponsors Link

2. Anak Usia Sampai 12 Tahun

Untuk anak usia sampai 12 tahun dapat minum air kelapa yang sama dengan balita sebanyak 250 ml.

3. Anak Usia Lebih dari 12 Tahun dan Dewasa

Untuk anak usia lebih dari 12 tahun dan usia dewasa sebaiknya mengonsumsi air kelapa tua sebanyak 300 ml, dua kali sehari.

4. VCO

VCO atau Virgin Coconut Oil atau Minyak kelapa murni adalah minyak olahan dari air kelapa yang sudah tua. Minyak diperoleh dari pemanasan air kelapa dan menyisakan minyak di bagian atasnya. Saat ini banyak dijual dengan berbagai brand berbeda. Minyak ini tidak berbau, tidak berasa, dan tidak beraroma. Untuk pengganti air kelapa langsung, minyak ini diminum satu sendok makan dua tiga kali sehari.

Demikian pengobatan demam chikungunya dengan air kelapa. Sebuah pengobatan tradisional dan alami yang sudah banyak diakui secara medis. Namun tetap diperhatikan bahwa pencegahan penyakit lebih penting dilakukan agar tidak menjadi endemik. Misalnya dengan mencegah berkembangnya nyamuk dan mencegah gigitan nyamuk.

Sponsors Link
, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan