Sponsors Link

3 Penyebab Demam Disertai Mual dan Muntah Paling Umum

Sponsors Link

Mual dan muntah yang disertai dengan demam bisa terjadi pada siapa saja tidak memandang jenis kelamin dan usia. Namun kondisi ini umumnya lebih sering dialami anak anak kecil sebab sistem imun tubuh anak yang masih belum terbentuk secara sempurna untuk melawan penyakit. Lalu, apa saja sebenarnya penyebab demam disertai mual dan muntah yang paling umum terjadi, silahkan anda cari tahu penjelasan selengkapnya pada artikel yang kami berikan berikut ini.

ads

Penyebab Demam Disertai Mual dan Muntah

Mual dan muntah yang disertai dengan gejala demam menjadi beberapa gejala mendasar dari penyakit atau infeksi tertentu yang terjadi karena tubuh merespon terhadap serangan penyakit tersebut. Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab demam disertai mual dan muntah sehingga memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti menjadi langkah terbaik. Namun, ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan ketiga gejala ini terjadi secara bersamaan seperti beberapa hal yang akan kami sebutkan berikut ini.

  1. Infeksi Saluran Pencernaan

Gastroenteritis atau muntaber merupakan salah satu jenis infeksi saluran pencernaan dengan gejala seperti penyebab demam disertai mual dan muntah. Infeksi ini biasanya terjadi karena bakteri, virus atau parasit. Seperti namanya, selain menyebabkan demam dan muntah, muntaber ini juga bisa menyebabkan gejala lain seperti sakit perut sampai diare.

Selain muntaber, radang usus buntu atau aspendisitis juga bisa menyebabkan gejala mual dan muntah yang disertai juga dengan demam panas. Gejala dari penyakit ini yang lain adalah sakit perut tak tertahankan di area kanan bawah serta nafsu makan yang menurun dengan drastis. Usus buntu ini harus segera ditangani dengan tepat sebab jika hanya dibiarkan, maka bisa membuat usus pecah yang kemudian membuat organ pencernaan di sekitarnya mengalami infeksi.

  1. Infeksi Bagian Tubuh

Demam biasa sebenarnya merupakan respon tubuh yang paling utama dalam melawan infeksi yang terjadi di dalam rubuh. Infeksi yang paling sering menyebabkan gejala seperti demam adalah infeksi telinga, radang tenggorokan, infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran kencing dan juga infeksi paru paru seperti pneumonia. Untuk beberapa orang penderita, tidak hanya gejala demam yang bisa terjadi, namun juga diikuti dengan mual dan muntah.

  1. Keracunan Makanan

Apabila sesudah makan atau minum sesuatu dan mual serta muntah yang diikuti dengan demam panas terjadi, maka kemungkinan ini merupakan pertanda dari keracunan makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri. Keadaan ini juga biasanya menyebabkan penderita mengalami diare namun tidak serius dan dalam beberapa hari bisa sembuh tanpa membutuhkan pengobatan medis yang khusus. 

Sponsors Link

Kapan Harus ke Dokter?

Umumnya, kasus mual dan muntah yang disertai dengan demam kronis bisa sembuh dalam waktu cepat sesudah mengkonsumsi obat obatan pereda rasa nyeri yang bisa dibeli dengan bebas. Akan tetapi terkadang, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda gangguan yang jauh lebih serius sehingga harus ditangani di rumah sakit. Sedangkan beberapa gejala kronis yang membutuhkan penanganan medis diantaranya adalah:

  • Sesak atau kesulitan saat bernapas.
  • Sakit perut tak tertahankan.
  • Tubuh terasa lesu, lemas dan sangat mudah mengantuk.
  • Muntah tidak berhenti sesudah lebih dari 12 jam.
  • Demam akut meningkat hingga 40 derajat celcius atau bahkan lebih tinggi yang terjadi lebih dari 3 hari. 
    Sponsors Link

Untuk memastikan penyebab demam disertai mual dan muntah, maka dokter umumnya akan melakukan beberapa tes yakni tes darah dan juga beberapa pemeriksaan penunjang lain agar pasien bisa memperoleh penanganan paling tepat sesuai dengan penyakit yang sedang diderita. Meski demam disertai dengan mual dan muntah terlihat sepele dan tidak membahayakan, namun jika tidak segera diatasi dengan baik, maka penderita bisa mengalami gangguan yang lebih kronis dan berbahaya jika hanya dibiarkan. Pastikan anda sesegera mungkin mengunjungi atau berkonsultasi dengan dokter apabila beberapa gejala diatas tidak menunjukkan perbaikan sebelum terlambat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan