Sponsors Link

5 Teknik Pernapasan Yoga Untuk Meringankan Gejala Demam

Sponsors Link

Ketika tubuh terkena infeksi virus, maka sistem kekebalan tubuh akan langsung merespons dalam bentuk demam. Meski demam memang biasanya disebabkan karena infeksi bakteri atau virus, namun ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan tubuh terserang demam seperti karena lingkungan dan juga kondisi medis tertentu. Gejala dari demam sendiri meliputi meningkatkan suhu tubuh dari batas normal, nyeri di beberapa bagian tubuh, sakit tenggorokan, sakit kepala dan terkadang disertai dengan hidung berair. Teknik pernapasan dalam beberapa pose yoga dikatakan bisa sangat membantu untuk menurunkan suhu tubuh ketika demam panas sekaligus menghilangkan beberapa gejala tidak nyaman yang terjadi. Yoga bisa membersihkan penyumbatan dan membantu anda agar bisa bernapas lebih mudah. Latihan yoga dengan teratur nantinya juga bisa meningkatkan kekebalan secara drastis sehingga bisa mengatasi di hampir semua jenis infeksi. Berikut ini, kami akan memberikan beberapa teknik yoga untuk meringankan gejala demam yang anda rasakan secara mudah tanpa perlu mengkonsumsi obat obatan.

ads
  1. Nadi Shodhana Pranayam

Postur yoga ini bisa memberikan efek relaksasi pada sistem saraf sehingga juga akan membantu menurunkan suhu tubuh anda hingga ke batas normal. Dengan latihan pernapasan dalam yoga ini, maka anda bisa membersihkan sistem pernapasan dan peredaran darah secara sekaligus serta sangat baik untuk menyembuhkan demam disertai sakit kepala.

  • Awali dengan duduk bersila di lantai dan biarkan badan anda dalam posisi rileks.
  • Tempatkan tangan kiri di paha kiri lalu lalu tekuk jari telunjuk dan jari tengah pada tangan kanan anda.
  • Tutup lubang hidung sebelah kanan dengan tangan kanan tersebut kemudian tarik nafas dan keluarkan secara perlahan.
  • Lakukan cara ini sebanyak beberapa kali namun hindari jika hidung anda benar benar tersumbat.
  1. Anulom Vilom Pranayama

Postur yoga anulom vilom pranayama ini bisa menyalurkan energi dalam tubuh anda sekaligus juga membersihkan dan memurnikan sistem untuk mengatasi gejala demam. Melakukan gerakan yoga ini nantinya dapat menstimulasi lapisan luar mukosa sehingga pilek yang merupakan salah satu gejala umum dari demam bisa diatasi.

  • Tutup lubang hidung kanan anda dengan ibu jari tangan kanan.
  • Tekan ibu jari pada lubang hidung kanan untuk menutup lubang hidung.
  • Tarik napas secara perlahan dari lubang hidung kiri dan isi paru paru anda dengan udara hingga tulang selangka anda naik.
  • Buka lubang hidung kanan dan teruskan menarik nafas hingga paru paru terisi penuh.
  • Pakai jari manis dan jari tengah untuk menutup lubang hidung kiri kemudian buang nafas secara perlahan dari lubang hidung kanan hingga paru paru kembali mengempis.
  1. Kapalbhati Pranayama

Menghirup secara kuat dan pernapasan kuat dalam postur yoga ini sangat membantu anda untuk membersihkan saluran hidung. Teknik pernapasan dalam yoga ini bahkan bisa melepaskan 80% racun yang ada di dalam tubuh anda bersamaan ketika anda menghembuskan nafas sehingga parasit, bakteri atau virus penyebab demam bisa dihilangkan lebih mudah. 

Sponsors Link

  • Tarik nafas dari lubang hidung seperti biasa hingga paru paru penuh terisi udara yang dilakukan secara perlahan.
  • Buang nafas lewat kedua lubang hidung dengan sekuat tenaga dengan cara membuat otot perut anda berkontraksi untuk mendorong udara keluar.
  • Lakukan cara ini selama 15 menit dan istirahat selama 1 menit kemudian lanjutkan kembali.
  1. Sarvangasana atau Headstand

Drainase dalam tubuh dan juga saluran hidung nantinya bisa terbuka dengan lebar ketika anda menggunakan posisi yoga dengan kepala di bawah dan kaki di atas ini. Selain itu, postur yoga ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan energi untuk menyembuhkan demam panas lebih cepat. 

Sponsors Link

  1. Matsyasana atau Pose Ikan

Pose dalam yoga ini bisa membuat anda melegakan area dada dan juga paru paru secara bersamaan sehingga kapasitas pernapasan anda juga semakin meningkat sehingga penyebab gampang demam bisa cepat reda. Selain itu, pose yoga ini juga sangat membantu tubuh untuk melawan rasa sakit sekaligus mengatasi kelelahan yang disebabkan karena demam bahkan juga baik untuk menurunkan stres.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan