Sponsors Link

Cara Mengatasi Demam Berdasarkan Usia yang Benar

Sponsors Link

Cara Mengatasi Demam Berdasarkan UsiaKesehatan merupakan salah satu hal yang terpenting bagi hidup seseorang. Karena dengan tubuh sehat seseorang dapat melakukan berbagai hal yang disukai seperti hobi, pekerjaan, sekolah, traveling. Apabi seseorang tidak sehat maka tidak dapat melakukan aktivitas-aktivitas tersebut dan justru akan mengganggu aktivitasnya.

ads

Salah satu masalah kesehatan adalah masalah demam yang terjadi seseorang. Demam ini merupakan refleks fisiologis yang terjadi pada seseorang dn merupakan hal wajar, reflek normal dari adanya penyakit atau virus tertentu. Demam sendiri banyak jenisnya tergantung pada penyebab demam itu sendiri.

Beberapa jenis demam berdasarkan jenisnya antara lain demam karena batuk pilek , demam karena sakit gigi , demam karena virus pada anak , demam karena alergi pada bayi dan lain sebagainya. Tentunya demam dapat menyerang siapa saja , mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Cara penanganannya pun sedikit berbeda berdasarkan jens umurnya meskipun pada dasar nya sama , tapi ada sedikit perbedaan. berikut mengenai cara mengatasi demam berdasarkan usia.

Cara Mengatasi Demam Berdasarkan Usia

Dalam mengatasi demam pada prinsipnya yaitu menurunkan suhu tubuh dari suhu tubuh yang tinggi menjadi suhu tubuh yang normal. Adapun beberapa caranya mulai dari cara yang tradisional hingga cara medis.

Namun pengobatannya pun juga tergantung dari siapa yang  terkena demam , apakah seorang bayi, apakah seorang anak anak, remaja , dewasa atau mungkin lanjut usia. Setiap usia memiliki perbedaan dalam proses penyembuhan ada yang dikategorikan cepat dan tidak. Pengobatan demam dengan obat medis pun akan berbeda dosisinya dan menyesuaikan dengan usia. Berikut informasi dalam mengatasi demam berdasarkan usia :

1. Mengatasi Demam pada Balita

Mengatasi demam pada bayi memang perlu perawatan yang signifikan. Karena pada dasarnya bayi tidak dapat mengeluhkan apa yang sedang dirasakan. Demam yang menyerang pada bayi juga disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah terkena virus seperti campak, pilek dan yang lainnya. Ada beberapa cara dalam mengatasi demam pada bayi yaitu cara tradisional dan medis, hal tersebut tergantung seberapa tingkat keparahan demam yang dialami. Berikut mengenai beberapa tips atau cara untuk menurunkan demam pada bayi.

  • Gunakan air hangat saat memandikan bayi, hal ini akan membantu penurunan panas pada bayi air yang digunakan sebaiknya tidak terlalu panas. Air hangat juga berfungsi dalam merilekskan tubuh serta dapat membantu aliran peredaran darah menjadi lancar sehinggan membantu proses penurunan demam dan kenormalan suhu tubuh.
  • Pakaikan pakain yang tipis , saat bayi sedang demam hindari dalam pemakaian baju yang tebal ataupun tertumpuk , hal tersebut kurang efektif digunakan s aat bayi demam.
  • Cukupi cairan dari Asi , pastikan saat bayi sedang tidak vit telah terpenuhi kebutuhan cairan. Cairan yang dianjurkan untuk bayi yaitu berasal dari Asi , namun penambahan cairan dari susu formula , air putih juga diperbolehkan. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada bayi.
  • Penggunaan obat-obatan , obat panas dalam bayi 3 bulan atau diatasnya mungkin dapat kita manfaatkan , namun perlunya resep dari dokter , dan konsultasikan kepada dokter.
  • Kompres Air Hangat , juga dapat dilakukan oleh ibu saat bayinya mengalami demam. kompres yang dianjurkan yaitu dengan  menggunakan air hangat.
    Sponsors Link

Hal-hal diatas merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh ibu dirumah. Cara meredakan demam bayi setelah imunisasi juga dapat dilakukan denga cara diatas.

2. Cara Mengatasi Demam pada Remaja

 Cara mengatasi demam menggigil pada anak perlu kita ketahui agar tidak salah dalam penanganannya. Umumnya demam pada remaja atau anak-anak disebu dengan hal yang biasa dan normal. cara mengatasinya dapat melakukan kebiasaan baik, tradisional maupun dengan cara obat medis. Berikut mengenai cara dan tips untuk menurunkan demam pada remaja dan anakanak :

ads

  • Mandi dengan air hangat , sama pada denagn mengatasi demam bayi , saat anak-anak pun juga denga cara mandi dengan air hangat, karena dapat melancarkan peredaran darah sehingga akan menunjang proses penurunan suhu tubuh menjadi normal.
  • Penuhi Cairan (Air Putih) , juga perlu kita berikan kepada anak agar anak tidak mengalami dehidrasi, selain itu cairan tubuh juga akan membantu proses metabolisme dan pembuangan racun dari dalam tubuh.
  • Berikan Vitamin C , yang berasal dari buah-buahan maupun beli vitamin c di apotik. Namun sebaiknya berikan vitamn C yang berasal dari buah-buahan seperti jeruk , strawbery. Vitamin C ini akan meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga anak tidak mudah sakit, selain itu vitamin c juga sebagai kekebalan dn memebantu proses penyembuhan demam yang disebabkan oleh virus tertentu.
  • Berikan madu dan jeruk nipis , merupakan ramuan sederhana atau tradisional yang mampu memberikan daya tahan anak saat sedang mengalami demam.
  • Istirahat cukup , pastian anak beristirahat secara cukup yaitu minimal 8 jam per hari
  • Obat medis , yang dianjurkan atau dari dosis dokter perlu digunakan apabila demam yang dialami termasuk demam yang parah.

Hal-hal tersebut mampu membantu dalam penurunan demam pada anak-anak. Demam pada anak usia 9 tahun dapat disebabkan adanya virus campak yang perlu ditindaklanjuti oleh dokter anak.

3. Mengatasi Demam pada Orang Dewasa

Cara menurunkan demam pada orang dewasa dapat dilakukan dengan cara tradisional dan cara medis. Ada beberapa penyabab yang mengakibatkan orang dewasa terkena demam. Berikut beberapa tips untuk mengatasi demam berdasarkan usia di usis dewasa :

  • Mandi air hangat , ternyata juga efektif diterapkan pada orang dewasa saat demam , sebaiknya mandi dengan mandi air hangat setiap pagi dan sore selama demam.
  • Memenuhi Cairan tubuh , jug sangat penting dalam manjaga cairan tubuh , hal ini juga akan membantu memperlancar peredaran darah.
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin , sangat penting untuk memulihkan jaringan-jaringan yang telah rusak karena akibat dari demam.
  • Mengkonsumsi obat-obatan , seperti paraccetamol, aspirin, ibuprofen juga terkadan diperlukan apabila demam tidak sembuh-sembuh , pastikan resep dari dokter.

Hal-hal tersebut apabila kita lakukan saat demam , mungkin akan mempercepat proses penyembuhan.

Sponsors Link

4. Mengatasi Demam pada Orang Tua (Lanjut Usia)

Pada dasarnya sama dengan cara mengatsi demam pada usia dewasa. Namun kita juga perlu mengetahui konteks penyebab demam pada lanjut usia. Biasanya lanjut usia jika terkena demam disebabkan oleh faktor [enyakit tertentu. Maka disarankan saat seseorang yang lanjut usia demam segera konsultasikan dengan dokter terdekat untuk penanganan yang lebih lanjut.

Ternyata penanganan demam dilihat dari usianya berbeda–beda , meskipun berbeda namun juga terdapat beberapa kesamaan. Sebaiknya tetap menjaga kesehatan agar tubuh tetap vit dan terhindar dari berbagai penyakit yang menyababkan demam.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan