Sponsors Link

8 Mengatasi Demam Pada Bayi dengan Cepat dan Tepat

Sponsors Link

Bayi segala usia, baik itu bayi baru lahir atau bayi yang sudah berusia balita sangat rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Jika para ibu ditanya penyakit apa yang paling sering diderita oleh bayi, mungkin jawaban terbanyak adalah Demam. Namun satu yang harus dipahami, demam bukanlah penyakit. Jika bayi mengalami demam, tandanya ada virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh bayi. Untuk mencegah virus dan bakteri semakin menyebar, maka tubuh menaikkan suhunya.

ads

Diantara banyak Jenis Demam yang sering menyerang bayi, dua diantaranya adalah Demam Infeksi yang disebabkan oleh masuknya bakteri ke dalam tubuh bayi. Yang kedua adalah Demam Virus. Demam yang satu ini menyerang saat ada Virus Penyebab Demam di dalam tubuh bayi yang terbawa oleh udara atau sentuhan tubuh. Ada pula Demam Karena Alergi Pada Bayi yang biasanya disebabkan oleh makanan tertentu atau susu.

Orang tua harus tahu bagaimana cara mengatasi demam pada bayi yang tepat. Dengan demikian orang tua tidak akan cepat panik dan bisa berpikir dengan jernih bagaimana cara mengatasi demam pada bayi. Inilah cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah demam bayi semakin parah:

1. Kompres Air Hangat

Cara mengatasi demam pada bayi yang pertama adalah dengan mengompres air hangat. Air hangat membantu mengeluarkan panas di dalam tubuh. Ini bisa dilakukan untuk mengatasi Demam Pada Bayi Usia 3 Bulan. Jangan menggunakan air dingin atau alkohol karena bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah bayi dan membuat panas sulit keluar. Ini juga bisa dijadikan sebagai Cara Mengatasi Bayi Demam Setelah Imunisasi.

2. Perbanyak ASI

ASI adalah obat terbaik untuk segala penyakit yang menyerang bayi. Manfaat utama dari ASI adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit dan bisa melawan Demam Karena Virus Pada Anak Bayi. Saat bayi sedang demam, berikan ASI lebih sering dari biasanya untuk mencegah bayi mengalami dehidrasi. Kenali apa saja Tanda Bayi Dehidrasi Karena Demam agar bisa segera dilakukan pencegahannya.

3. Beri Pakaian yang Menyerap Keringat

Agar panas tidak terperangkap di dalam tubuh bayi, memberikan baju yang mudah menyerap keringat pada bayi adalah cara tepat untuk mengatasi Demam Pada Bayi Usia 1 Bulan. Pakaian yang menyerap keringat akan memudahkan sirkulasi udara masuk dan keluar tubuh bayi sehingga panas bayi dapat cepat turun dan sembuh. Cara Mengatasi Bayi Demam di Malam Hari yang paling tepat ini harus diketahui oleh orang tua.

4. Berikan Makanan Penurun Panas

Jika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan dan tidak lagi dalam masa pemberian ASI eksklusif, maka berikan bayi Makanan Penurun Demam yang bisa membantu menurunkan demam pada bayi secara efektif. Salah satu makanan penurun demam yang paling disukai bayi adalah pisang. Memberikan pisang pada bayi yang sedang demam adalah Obat Panas Dalam Untuk Bayi 9 Bulan yang sangat baik dan disukai oleh bayi. Selain pisang, ibu harus mengetahui jenis makanan lain yang bisa membantu menurunkan panas bayi.

Sponsors Link

5. Dekapan Ibu

Ada satu obat yang sangat ampuh untuk mengatasi Bayi 5 Bulan Demam Batuk Pilek, yaitu dengan terapi dekapan ibu. Meskipun tidak berupa obat, namun interaksi skin to skin antara ibu dan bayi akan memberi kehangatan pada bayi dan meningkatkan kesehatannya. Bayi akan bisa merasakan kasih sayang ibu, dan ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak inilah yang akan membantu bayi untuk bisa sembuh lebih cepat dari penyakit demam yang ia derita.

6. Atur Suhu Ruangan yang Nyaman untuk Bayi

Salah satu Cara Menurunkan Demam Setelah Suntik DPT Pada Bayi yang tepat dan efektif adalah dengan menidurkan bayi dalam suhu ruangan yang nyaman. Atur suhu agar bayi bisa tidur dengan lelap. Jangan terlalu panas apalagi terlalu dingin. Suhu ruangan yang ekstrim akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan bisa menjadi lebih rewel dari biasanya.

7. Jaga Pola Tidur Bayi

Agar kondisi bayi dapat cepat kembali seperti sedia kala dan sehat, maka pola tidurnya harus dijaga dengan baik. Istirahat yang cukup adalah cara memulihkan kesehatan yang paling tepat, bahkan untuk anak bayi sekalipun. Usahakan agar bayi bisa tidur hingga 10 jam per hari saat ia sedang sakit demam. Semakin nyenyak tidur bayi, maka semakin cepat pula penyakitnya akan sembuh. 

Sponsors Link

8. Periksa Ke Dokter

Jika semua cara telah dilakukan oleh orang tua dan tidak menunjukkan hasil, maka segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Jika bayi menderita penyakit lain yang lebih serius, akan bisa segera diobati sejak dini.

Itulah berbagai cara mengatasi demam pada bayi dengan tepat yang bisa dilakukan oleh orang tua. Satu hal yang harus diingat adalah, orang tua tidak boleh cepat panik saat bayi mengalami demam. Dan sebelum bayi terkena demam, orang tua harus melakukan cara terbaik untuk mencegahnya dengan memperhatikan kebersihan lingkungan dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bayi. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, bukan?

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan