Sponsors Link

10 Cara Menurunkan Demam Setelah Suntik DPT pada Bayi

Sponsors Link

Bayi diwajibkan untuk menerima imunisasi agar tubuhnya bisa bertahan melawan berbagai macam penyakit. Salah satu imunisasi yang harus didapatkan oleh bayi adalah Imunisasi DPT atau suntik DPT. Imunisasi DPT diberikan untuk mencegah penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Bayi menerima imunisasi ini selama 3 kali. Suntik DPT menyebabkan beberapa efek samping pada bayi seperti menurunnya nafsu makan dan Demam Akibat Imunisasi.

ads

Suntik DPT memang bisa menjadi penyebab panas pada bayi, seperti suntik vaksin lain yang menjadi Penyebab Panas Pada Anak Usia 2 Tahun. Agar orang tua tahu dan memahami bagaimana Cara Mencegah Demam Setelah Imunisasi DPT, penting untuk mengetahui apa saja Macam Macam Panas Pada Bayi.

Sebenarnya demam pada bayi setelah suntik DPT bukanlah penyakit atau gangguan kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Demam adalah cara tubuh bayi merespon adanya benda asing, yaitu vaksin, yang masuk dan mencoba beradaptasi dengan benda tersebut. Demam menunjukkan bahwa obat vaksin telah diserap oleh tubuh bayi. Namun tetap saja, orang tua merasa khawatir saat suhu tubuh bayinya meningkat. Inilah berbagai cara menurunkan demam setelah suntik DPT pada bayi yang tepat:

1. Memberikan ASI Sesering Mungkin

Cara menurunkan demam setelah suntik DPT pada bayi yang pertama adalah dengan memberikan ASI. Inilah Cara Mengatasi Bayi Demam Setelah Imunisasi, karena ASI dapat mencukupi kebutuhan gizi bayi yang nafsu makannya turun drastis setelah suntik DPT. ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak dan menurunkan demam dengan cepat.

2. Mengompres Bayi dengan Air Hangat

Demam Pada Bayi yang terjadi setelah imunisasi adalah hal yang wajar. Berikan kompres air hangat pada bayi untuk membantu menurunkan panasnya. Air hangat adalah pilihan yang lebih baik untuk mengompres bayi dibandingkan dengan menggunakan air dingin. Air hangat bisa mengurangi resiko Kejang Demam setelah imunisasi.

3. Memberikan Pijatan Halus

Berikan pijatan halus pada tubuh bayi setelah imunisasi. Panas Pada Anak bayi mungkin saja disebabkan oleh rasa nyeri setelah disuntik. Fokuskan pijatan di area punggung bawah jika anak disuntik di bagian bokong.

4. Menidurkan Bayi di Ruangan yang Sejuk

Setelah suntik DPT, kondisi tubuh bayi sangat mungkin tidak stabil. Hal ini bisa menyebabkan suhu tubuh bayi naik turun dan akhirnya menjadi demam. Tidurkan bayi di ruangan yang sejuk setelah imunisasi agar bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman. Ini penting untuk menjaga kestabilan kondisi bayi.

5. Dimandikan dengan Air Hangat

Sebelum bayi terkena panas atau suhu tubuhnya naik, mandikan bayi dengan air hangat setelah imunisasi. Air hangat memiliki efek relaksasi yang menenangkan tubuh dan mengurangi nyeri akibat jarum suntik pada bayi. Ini juga Cara Cepat Menurunkan Panas Anak 1 Tahun.

Sponsors Link

6. Memberi Obat Penurun Panas Badan

Cara menurunkan demam setelah suntik DPT pada bayi yang paling cepat adalah dengan memberi bayi obat untuk menurunkan panas. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu obat apa yang aman untuk diminum bayi, karena Obat Penurun Panas Bayi 5 Bulan berbeda dengan Obat Penurun Panas Bayi 8 Bulan. Jangan memberikan anak sembarang obat tanpa pengawasan dokter.

7. Mengompres Bekas Suntikan

Bayi bisa saja mengalami nyeri yang hebat akibat bekas tusukan jarum suntik. Inilah yang kemudian membuat Demam Naik Turun Pada Bayi, apalagi ketika bayi menjadi sangat rewel setelah imunisasi. Kompres bekas suntikan dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit dan menenangkan bayi agar tidak rewel.

8. Mengompres dengan Kentang

Banyak yang belum tahu kalau kentang bisa menurunkan panas pada anak tanpa harus dimakan. Kentang memberikan sensasi dingin yang menenangkan, sehingga mengurangi rasa sakit bayi setelah diimunisasi. Caranya sangat mudah, bahan yang perlu disiapkan hanyalah 1 buah kentang segar. Cuci kentang sampai bersih, kupas lalu haluskan dengan parut. Peras airnya, lalu kompreskan ampas kentang dengan dibalut kain.

Sponsors Link

9. Beri Pakaian yang Menyerap Keringat

Agar panas bayi cepat turun, sirkulasi udara di sekitar memang perlu diperhatikan agar keringat tidak terjebak di dalam tubuh. Berilah pakaian yang menyerap keringat untuk bayi agar dapat lancar bernapas. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi Panas Naik Turun Pada Bayi 7 Bulan.

10. Periksa ke Dokter

Jika panas bayi tidak kunjung turun setelah dilakukan berbagai cara, segera bawa anak ke dokter. Penanganan yang tepat bisa mencegah terjadinya penyakit lain yang lebih serius yang mungkin saja menyerang bayi.

Dari penjelasan di atas, telah diketahui bahwa suntik DPT adalah salah satu Penyebab Terjadinya Demam pada bayi. Jika orang tua tahu cara menurunkan demam setelah suntik DPT pada bayi yang tepat, maka panas tubuh bayi bisa diatasi dengan cepat. Demam adalah respon wajar yang ditunjukkan saat anak imunisasi, disebabkan oleh vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh. Biasanya secara bersamaan anak akan menjadi lebih rewel dan tidak nafsu makan. Dibutuhkan kesabaran dari orang tua jika kondisi bayi sedang seperti ini. Rewel, demam, dan tidak nafsu makan tidak akan berlangsung lama dan akan segera reda setelah obat vaksin telah diserap dengan sempurna oleh tubuh.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan