Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Panas Dingin Pada Ibu Menyusui Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ibu menyusui adalah salah satu orang yang wajib menjaga kesehatannya. Hal itu disebabkan karena ibu menyusui memiliki tanggung jawab untuk menyediakan gizi yang cukup untuk pertumbuhan sang bayi atau anak yang ada dalam masa pertumbuhannya. Oleh karena itulah, ketika sakit panas dingin menyerang pada sang ibu, maka ibu harus segera mengatasinya dengan cepat dan tepat. Salah satu hal yang perlu diketahui agar hal tersebut bisa tercapai adalah cara mengatasi panas dingin pada ibu menyusui dengan langkah yang tepat layaknya dengan kita mengetahui cara mengobati panas dingin pada orang dewasa.

ads

Apabila kamu belum mengetahuinya, terlepas apakah kamu ibu menyusui atau tidak, kamu harus tetap mengetahui bagaimana cara mengatasi panas dingin pada ibu menyusui agar bisa membantu saudara, atau mungkin pasanganmu nanti atau mungkin dirimu sendiri ketika dalam masa menyusui dan mengalami panas dingin. Dengan demikian, kamu bisa membantu para ibu hamil untuk menyembuhkan diri mereka dari sakit panas dingin yang mereka alami.

Apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menyembuhkan panas dingin yang dialami oleh para ibu menyusui? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi panas dingin pada ibu menyusui yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah panas dingin pada ibu hamil.

1. Meminum Jus Sayuran Tinggi Zinc

Zinc merupakan salah satu jenis senyawa yang bisa membantu menyembuhkan penyakit meriang atau panas dingin pada ibu menyusui. Ada banyak jenis sayuran hijau yang mengandung zinc, dan juga memiliki berbagai macam kandungan vitamin, antioksidan dan berbagai kandungan mineral lainnya yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan ibu yang sedang menyusui. Di antara berbagai macam jenis sayuran tersebut, sayur bayam adalah salah satu sayuran yang bisa digunakan untuk menyembuhkan meriang pada ibu menyusui secara alami. Madu dan pemanis alami yang lain bisa digunakan sembari mengonsumsi bayam apabila dirasa bayam terlalu pahit ketika dimakan mentah-mentah. Alternatif lain adalah obat herbal demam meriang.

2. Mengonsumsi Bawang Putih

Selain sayuran, salah satu jenis makanan yang mengandung banyak zinc dan berbagai macam antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh adalah bawang putih. Salah satu rempah-rempah yang menjadi bumbu dasar di hapmir semua makanan ini sangat baik untuk membantu menyembuhkan penyakit meriang atau panas dingin dan juga demam yang bisa dirasakan oleh ibu menyusui ataupun berbagai macam subjek yang lainnya. Bawang putih bisa dimakan secara mentah ataupun diolah terlebih dahulu dalam berbagai makanan, tetapi memakan secara langsung lebih disarankan untuk memastikan kandungan gizinya benar-benar terserap dengan baik.

3. Memakan Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah penyakit meriang pada ibu menyusui dan juga sebagai cara mengobati panas dingin pada umumnya. Hal ini disebabkan karena buah pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang bisa membantu mengatasi berbagai macam gejala panas dingin ataupun meriang seperti pusing, lemas, dan lain sebagainya. Selain itu, pisang juga memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh ibu menyusui dan manusia pada umumnya.

Untuk memakan buah pisang juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Para ibu menyusui yang menderita panas dingin bisa memakan buah pisang secara langsung, ataupun membuatnya menjadi jus dan berbagai model lain selama buah pisang tersebut tidak dimasak atau dicampurkan dengan berbagai bahan lain yang bisa merusakan kandungan gizi yang terdapat dalam pisang tersebut.

Sponsors Link

4. Teh Hangat

Teh hangat merupakan obat panas dingin berikutnya untuk mengobati meriang pada ibu menyusui secara alami. Hal itu disebabkan karena teh hangat bisa membantu tubuh ibu menyusui untuk menjadi lebih segar dan lebih hangat secara alami. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hangat juga bisa membantu tubuh untuk menjadi sehat dan terbebas dari oksidasi yang buruk untuk kesehatan jaringan tubuh. Teh hangat bisa dicampurkan dengan campuran madu atau lemon untuk menambah khasiat sekaligus membuat teh terasa lebih enak. Cara ini juga bisa dicoba sebagai cara menurunkan panas pada anak 6 tahun.

5. Memakan Seafood

Makanan laut atau dikenal pula dengan nama seafood juga bisa menjadi salah satu opsi untuk menjadi obat alami bagi ibu-ibu menyusui yang terkena panas. Cara mengatasi panas dingin pada ibu menyusui dengan menggunakan makanan laut juga cukup sederhana, yaitu tinggal menyediakan makanan laut yang telah dimasak dengan baik, dan setelah itu para ibu menyusui hanya tinggal memakan makanan laut tersebut untuk mendapatkan khasiatnya yang optimal. Beberapa jenis makanan laut yang bagus untuk kesehatan ginjal antara lain adalah kepiting dan tiram. Walaupun harganya mungkin bisa mahal, akan tetapi kalau memang bisa menyembuhkan para ibu hamil yang mengalami panas dingin, mengapa tidak?

Sponsors Link

7. Istirahat Penuh

Semua obat-obat alami di atas tidak akan banyak bermanfaat apabila sang ibu terus saja beraktivitas tanpa memiliki waktu untuk beristirahat. Oleh karena itulah, salah satu cara mengatasi panas dingin pada ibu menyusui adalah memastikan bahwa ibu menyusui beristirahat dengan cukup selama masa penyembuhannya. Dengan demikian, ibu pasti bisa sembuh dengan relatif lebih cepat. Kita juga bisa mengombinasi dengan cara menurunkan panas dengan kompres.

Itulah beberapa jenis obat panas dingin untuk ibu menyusui yang bisa bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit panas dingin pada ibu hamil. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba obat-obatan tersebut, walaupun obat-obatan alami di atas memang bisa digunakan untuk mengobati panas dingin, karena siapa tahu hal tersebut bisa membuat implikasi tertentu pada sang ibu.

Nah, buat para ibu yang sedang sakit, semoga lekas sembuh ya!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan