Sponsors Link

15 Cara Mengobati Panas Dingin Orang Dewasa Paling Efektif

Sponsors Link

Memasuki bulan Desember yang berarti musim penghujan, lebih baik jika kita menjaga kesehatan tubuh. Karena mungkin saja kita mengalami suatu penyakit akibat kondisi tubuh yang menurun.  Salah satu yang paling sering dialami adalah panas dingin atau masyarakat kita sering menyebutnya meriang atau demam selesma atau demam kaki dingin. Walau sakit ini sering dianggap biasa namun jika berlarut-larut maka akan mengganggu aktivitas juga dapat membahayakan tubuh.   Adapun gejala umum yang sering dialami oleh penderita panas dingin adalah :

ads

Dengan mengetahui gejala-gejala yang umum terjadi, maka kita dapat lebih cepat mencegah atau cara mengobati panas dingin yang kita alami. Adapun cara mencegah dari sakit panas dingin ini adalah :

  • Pola makan yang teratur
  • Nutrisi yang seimbang
  • Perbanyak olahraga agar tubuh tetap dapat bergerak sesuai aktivitas
  • Jangan lupa sarapan, agar ada energi untuk memulai hari.

Walau terkesan mudah, namun masih banyak diantara kita yang mengabaikan salah satu atau mungkin ke empat poin diatas. Hingga akhirnya penyakit datang, dari berbagai jenis demam, seperti panas dingin atau penyakit lainnya. Namun jika dapat melakukan keempat poin diatas maka jangankan panas dingin, penyakit lain pun enggan mendekati kita. Tapi jika terlanjur, cara mengobati panas dingin orang dewasaatau meriang adalah di bawah ini.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung zat zinc

Makanan yang mengandung zat zinc seperti bayam, udang, jamur, kepiting dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, dengan meningkatnya kekebalan tubuh panas dingin yang sedang dialami akan cepat sembuh dan fungsi tubuh dapat kembali normal.

  1. Perbanyak minum air putih

Dengan mengkonsumsi air minum yang banyak dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang juga membantu mendinginkan suhu tubuh.

  1. Minumlah air teh hangat

Meminum air teh hangat mungkin untuk beberapa orang sudah menjadi kebiasaan baik di pagi hari maupun di sore hari. Tanpa banyak kita ketahui, air teh hangat atau teh panas sangat bagus untuk obat herbal demam meriang.

  1. Istirahat yang cukup

Disamping poin-poin diatas juga akan lebih cepat jika kita istirahat yang cukup, Karenna dengan istirahat yang cukup dapat mengembalikan stamina yang hilang.

  1. Garam

Untuk panas dingin, garam digunakan dengan cara melarutkannya dengan air. Selanjutnya, rendam kedua kaki ke dalam larutan garam tersebut selama beberapa saat hingga badan terasa lebih nyaman.

Sponsors Link

  1. Kunyit dan kuning telur

Sari kunyit yang dicampur dengan kuning telur dan ditambah sesendok madu sangat berkhasiat bagi penderita badan demam tapi kedinginan. Ramuan ini bisa diminum saat malam hari menjelang tidur agar tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar dan panas dingin hilang.

  1. Jahe

Jika seseorang panas dingin, maka berilah minuman jahe. Dengan minuman jahe atau yang di Indonesia dikenal dengan wedang, maka demam akan perlahan menurun. Sementara parasaan dingin juga perlahan hilang karena jahe menghangatkan tubuh.

ads

  1. Teh dan echinacea

Teh juga mempunyai efek menghangatkan tubuh dari awal. Maka minuman ini dapat dicampur dengan echinacea akan meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi demam karena infeksi.

  1. Daun pepaya dan kencur

TAk banyak yang mengetahui, air rebusan daun pepaya dan kencur dapat digunakan untuk mengatasi panas dingin, Caranya mudah, sama dengan membuat sari muniman kunyit atau jahe.

  1. Bawang merah

Manfaat bawang merah untuk demam anak yang diiris tipis diambil minyaknya dan dibalurkan ke seluruh tubuh akan memberikan efek hangat. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada bawang merah yang masuk ke dalam pori-pori kulit membantu menurunkan panas badan.

  1. Kunyit putih

Kunyit putih mempunyai khasiat yang sama dengan kunyit kuning. Dengan membuat sari kunyit putih dan dicampur madu akan menyembuhkan panas dingin karena masuk angin.

  1. Kompres air hangat

Kompres dengan air hangat secara tepat akan menurunkan panas badan dan sekaligus mengatasi rasa dingin yang timbul. Orang meyakini kompres penurun panas lebih cepat menyembuhkan gejala demam biasa.

  1. Jahe dan kencur

Jika di atas disebutkan khasiat jahe dan kencur secara terpisah, ramuan herbal jahe dan kencur dapat disatukan. Minuman sari jehe ditambah kencur merupakan salah satu cara mengobati panas dingin orang dewas yang efektif.

  1. Gunakan selimut

Biasanya jika demam panas tidak dianjurkan untuk menggunakan selimut. Namun, khusus bagi penderita demam meriang berlaku sebaliknya. Rasa dingin dapat diusir dengan menggunakan selimut. Setelah panas turun dan keluar keringat, segeralah buka selimut yang digunakan.

  1. Obat penurun panas

Obat penurun panas badan sejenis paracetamol dengan dosis rendah dapat digunakan untuk menurunkan panas badan pada demam panas dingin. Umumnya gejala demam biasa. meriang akan hilang seiring dengan stabilnya suhu tubuh.

Demikian uraian cara mengobati panas dingin orang dewasa. Jika demam gigil berlanjut, maka segera ke dokter karena beberapa penyakit lebih serius mempunyai gejala tersebut seperti demam berdarah. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita semua selalu sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan