Sponsors Link

12 Cara Mengobati Demam dan Sakit Kepala dengan Cepat

Sponsors Link

Saat badan dalam kondisi tidak fit maka akan mudah untuk suatu penyakit datang menyerang, terutama di musim pancaroba seperti sekarang ini. Pada musim pancaroba, banyak penyakit yang siap menyerang tubuh salah satunya demam panas dan demam selesma yang mempunyai gejala mirip. Panas badan biasanya diikuti dengan sakit kepala atau pusing, hal ini biasa terjadi karena panas badan mempengaruhi metabolisme tubuh. Penyakit panas badan atau demam dan sakit kepala sering dialami oleh banyak orang dan menjadi hal yang biasa terjadi, hal itu dapat disebabkan oleh demam infeksi bakteri atau demam virus.

ads

Pada dasarnya panas badan dan sakit kepala dapat sembuh dengan sendirinya karena ada sistem imun tubuh, kecuali jika gejala yang dialami bukan gejala demam biasa dari yang umumnya terjadi. Karena demam dan sakit kepala, sebenarnya merupakan tanda atau efek dari sistem imun tubuh yang bekerja melawan infeksi bakteri atau virus yang menyerang. Maka penderita akan merasakan kondisi tubuh yang sangat tidak nyaman dikarenakan hal itu, bahkan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Dengan mengetahui penyebab dari panas badan atau demam yang pada akhirnya dapat menyebabkan sakit kepala, maka kita akan dapat mengetahui pengobatan yang sesuai. Berikut ini beberapa cara mengobati demam dan sakit kepala, yaitu :

  1. Istirahat yang cukup

Dalam semua kasus atau penyakit, pastilah akan selalu dianjurkan untuk istirahat dengan cukup. Hal itu agar dapat menormalkan kembali fungsi tubuh, mengembalikan stamina juga memperkuat sistem imun tubuh. Jika tidak beristirahat dengan cukup maka jenis demam  dan sakit kepala akan susah untuk sembuh karena tidak ada tenaga untuk tubuh melawan serangan infeksi yang ada.

  1. Konsumsi sup kaldu hangat

Salah satu makanan yang direkomendasikan sebagai makanan penurun demam orang dewasa adalah sup kaldu hangat. Disamping kandungan gizi dan nutrisinya yang sehat, sup kaldu hangat juga mudah untuk dicerna sehingga sesuai saat panas badan dan sakit kepala.  Sup juga merupakan makanan pereda demam anak.

  1. Konsumsi banyak air hangat

Dalam sistem imun tubuh akan diperlukan cairan yang banyak untuk memperlancar kinerjanya. Begitu juga jika kita mengalami dehidrasi maka akan cepat mengalami panas badan dan sakit kepala dan hal ini dapat membuat oksigen dalam tubuh tidak lancar mengalir hingga ke kepala. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi air hangat dapat mudah menyesuaikan dengan suhu tubuh juga membantu mengganti cairan tubuh yang menguap karena panas badan.

  1. Hindari kafein untuk sementara

Selama panas badan dan sakit kepal menyerang akan lebih baik menghindari kafein yang terkandung dalam beberapa jenis makanan dan minuman seperti teh, kopi dan coklat. Karena kafein dapat berdampak buruk pada kondisi penderita panas badan dan sakit kepala, maka dari itu wajib dihindari terlebih dahulu.

Sponsors Link

  1. Konsumsi bawang putih

Konsumsi bawang putih yang mengandung anti bakteri dan anti jamur atau antibiotik sangat efektif. Minumlah satu atau dua siung bawah putih yang diambil setelah didiamkan beberapa saat dalam air hangat. Atau bisa juga dikonsumsi langsung. Minum sebelum tidur, maka keesokan harinya tubuh akan terasa nyaman.

  1. Pemijatan

Pemijatan menggunakan campuran bawang merah, minyak kayu putih, dan jeruk nipis juga dapat menunrukan demam sekaligus akit kepala terutama pada anak-anak. Jeruk nipis bisa diganti dengan asam jawa, dan minyak kayu putih dengan baby oil atau minyak kelapa jika dirasa terlalu panas.  Sejak dahulu orang meyakini manfaat bawang merah untuk demam anak.

ads

  1. Berkumur air garam

TAk banyak yang tahun jika kumur dengan air garam dapat menurunkan demam karena sakit kepala atau demam disertai sakit kepala. senyawa yang terkandung dalam garam dapat membunuh penyebab penyakit. Oleh karena itu, detelah berkumur beberapa saat kondidi tubuh akan terasa lenih nyaman.

  1. Kompres dengan daun singkong

Daun singkong yang dihaluskan dan dicampur sedikit minyak kelapa, kemudian dijadikan kompres penurun panas ternyata dapat mengatasi demam. Selain itu, kandungan singkong menyebabkan sakit kepala ikut hilang.

  1. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membuat badan menjadi lebih segar saat demam. Bila diperlukan mandi sambil berendam beberapa lama. Setelah mandi segera beristirahat sebentar, maka panas badan akan turun dan sakit kepala hilang.

  1. Obat penurun panas badan

Obat penurun panas badan jenis paracetamol dianggap paling aman dibandingkan yang lain. Efek minum obat ini juga lebih cepat daripada cara mengobati demam dan sakit kepala secara alami. Namun, jika memilih obat kimia, jangan meminum antibiotik tanpa resep dokter.

  1. Minyak peppermint

Minyak peppermint diyakini dapat menyembuhkan demam dan sakit kepala. Minyak ini cukup dibalurkan ke seluruh tubuh dan masuk melalui pori-pori. Selain menurunkan demam, peppermint juga mengatasi infeksi penyebabnya.

  1. Sirkulasi Udara yang Baik

Sirkulasi udara yang baik dapat membantu mengobati demam disertai kepala. Caranya ventilasi yang nyaman di rumah dan tidak menggunakan baju tebal.

Jika telah mencoba keempat cara diatas dan panas badan serta sakit kepala masih terasa, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, agar mendapat perawatan lebih lanjut. Semoga ulasan cara mengobati demam dan sakit kepala ini dapat sedikit membantu dan bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan