Sponsors Link

15 Obat Herbal Anak Demam Tinggi Paling Ampuh

Sponsors Link

Anak demam tinggi sangat mengkhawatirkan orangtua. Meskipun pada anak, khususnya balita demam tinggi masih mungkin sering terjadi karena daya tahan tubuhnya belum sempurna. Apalagi jika didukung dengan kondisi lingkungan dan fisik anak. Setiap demam anak tinggi orangtua tetap khawatir.

ads

Apakah jika setiap anak demam tinggi harus ke dokter? Bagaimana dengan anak yang sering minum obat kimia apotek? Untuk mengurangi kekhawatiran ibu, ada alternatif pengobatan alami yang bisa digunakan sebagai pertolongan pada anak demam tinggi. Obat tersebut sering disebut sebagai obat herbal atau obat tradisional atau cara tradisional. Cara tersebut merupakan langkah-langkah pengobatan yang bisa dilakukan tanpa menggunakan obat sintetik dari bahan kimia. Dan di bawah ini beberapa obat herbal anak demam tinggi yang terkenal dan telah terbukti khasiatnya.

  1. Bawang Merah

Manfaat bawang merah untuk demam anak sangat diyakini karena mengandung metialin, sikloalin, minyak atsiri, kuersetin, floroglusin, kaemferol, vitamin C , kalium serat, dan asam folat. Penggunaannya dapat dilakukan dengan mengiris tipis dan mencampurkannya dengan minyak kelapa. Campuran tersebut bisa dioleskan ke beberapa bagian tubuh tertentu atau pemijatan.

  1. Meniran Hijau

Meniran hijau mengandung filantin, hipofilantin, kalium, damar, dan tannin untuk mengobati anak demam tinggi. Membuat meniran hijau sebagai obat juga mudah, tinggal merebus 10 lembar daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Minum sari meniran hijau setiap pagi dan sore setelah makan dan atau menjelang tidur.

  1. Air Putih

Minum air putih sesering dan sebanyak mungkin juga merupakan obat herbal demam tinggi. Air putih dapat mencegah dehidrasi karena kondisi tubuh yang panas dan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat hingga suhu tubuh kembali stabil.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung minyak atsiri, turmeron, dan curcumin. Dengan meminum sari kunyit yang dibuat dengan memasukkan beberapa rimpang kunyit yang telah bersih ke dalam air hangat, maka efektif menurunkan demam.

  1. Temulawak

Temulawak, seperti kebanyakan tanaman rimpang atau akar tinggal mempunyai banyak kandungan xanthotrithol, germacrene, dan curcumin. Dengan demikian, temulawak yang dibuat sarinya dengan cara sama seperti kunyit, dapat menajdi penurun panas demam, anti inflamasi, dan antibiotik.

  1. Mandi Air Hangat

Jangan ragu memandikan anak dengan demam tinggi. Mandikan dengan air hangat agar tidak kedinginan dan membuat pori-poro lebih terbuka. Jika ada, tambahkan garam atau essential oil sebagai anti bakteri dan anti virius.

Sponsors Link

  1. Terapi Kaus Kaki

Terapi kaus kaki ini belum banyak dikenal. Padahal cukup efektif mengobati demam seperti kompres penurun panas. Cara melakukan terapi ini, yaitu :

  • Masukkan kedua kaki ke air hangat
  • Rendam sepasang kaus kaki ke dalam air dingin kemudian peras
  • Kenakan kaus kaki pada anak yang bersiap untuk tidur
  • Setelah kaus kaki basah di pasang, pasang pula sepasang kaus kaki bersih menyerap air dan keringat pada kaki anak
  • Lakukan cara ini saat anak akan tidur dan lepaslah segera bila dirasakan panas mulai menurun.
    ads
  1. Peppermint Oil

Pepermint oil dapat digunakan sebagai minyak untuk memijat. Kandungan mint di dalamnya selain menurunkan panas juga mengasi demam batuk pilek pada anak.

  1. Kompres

Nama kompre penurun panas yang paling banyak digunakanadalah asir hangat.  Air hangat ini diyakini dan dibuktikan oleh para ahli medis mempunyai efek yang sangat baik sebagai penurun panas. Basahilah handuk dengan air hangat dan peras, kemudian tempelkan pada dahi, ketiak, dan lipatan paha. Setelah handuk dirasakan tidak hangat, maka gantilah atau rendam kembali dengan air hangat.

  1. Temulawak

Temulawak sebagai rimpang sebagai obat herbal demam cocok bagi segala usia. Temulawak bisa diberikan pada bayi, anak balita, ibu hamil, dan menyusui. Cara membuat minuman temulawak sama dengan membuat sari kunyit.

  1. Daun Sambiloto

Daun sambiloto juga cocok sebagai obat herbal anak demam tinggi, namun rasanya cukup pahit. Namun, minuman ramuan ini selain menurunkan panas juga menambah nafsu makan. jika mau mencobanya, tinggal merebus beberapa helai daunnya bersama kunyit hingga air tinggal setengahnya. Agar rasa pahit tidak terlalu rasa, rebusan yang diambil sarinya bisa ditambahkan 1 sendok teh madu anak.

  1. Bawang Putih

Bawang dengan kandungan acilinnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti alergi, asma, termasuk demam tinggi. Bawang putih ini mengandung antibiotik alami dan sudah dipercaya ribuan tahun. Dapat dikonsumsi langsung untuk memperoleh khasiatnya setelah digeprek. Jika anak tidak suka dengan baunya, maka dapat dicampurkan pada sayur sup dengan lebih banyak.

  1. Air Gula Aren

Sepertinya obat herbal anak demam tinggi yang satu ini akan disukai anak-anak karena rasanya cukup manis menyegarkan. Gula aren mengandung vitamin B kompleks, glukosa, dan garam mineral. Dengan demikian rebusan air gula aren yang telah disaring dapat diminum dan menurunkan berbagai jenis demam dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Buah

Buah tentunya juga sangat disukai anak. Rasanya menyegarkan dan mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Buah penurun panas anak seperti semangka, melon, dan jeruk mengandung banyak cairan yang mencegah dehidrasi dan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat untuk menstabilkan suhu.

  1. Asam Jawa

Daun dan buah asam jawa mempunyai kandungan flavonoid, vitamin C, asam askorbat, dan tannin. Rebusan salah satunya dan diambil sarinya akan menurunkan demam sekaligus radang tenggorokan.

Cukup banyak obat herbal anak demam tinggi. Jika diperlukan, tinggal dipilih mana yang tersedia di rumah dan sekitarnya. Tetapi obat di atas hanya untuk gejala demam biasa. Jika anak demam naik turun selama 5 hari, demam anak yang harus diwaspadai,dan demam gigil terus menerus segeralah bawa ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan