Sponsors Link

18 Cara Menurunkan Panas pada Anak Usia 6 Tahun

Sponsors Link

Memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan seperti pada usia 6 tahun, masih sangan rentan dalam menghadapi penyakit yang sering menyerang terutama di musim penghujan sekarang ini. Walaupun penyakit yang menyerang umumnya dianggap ringan seperti panas atau demam namun jika dibiarkan dapat berakibat fatal. Anak usia ini umumnya terserang penyakit karena memang aktivitas fisiknya sedang tinggi. Dan mereka sulit sekali diajak beristirahat. Gejala yang umum timbul pada demam anak 6 tahun yaitu :

ads

Gejala-gejala di atas adalah gejala umum atau gejala demam biasa. Namun jika tidak ditangani dengan cepat, maka demam akan menjadi berbahaya. Adapun cara untuk menurunkan panas pada anak usia 6 tahun antara lain seperti di bawah ini.

  1. Memberi Obat Turun Panas

Memberi obat penurun panas badan seperti paracetamol ataupun ibuprofen. Biasanya jika anak mengalami panas, maka hal yang pertama kali dilakukan adalah memberi obat penurun panas jenis paracetamol ataupun ibuprofen. Kebanyakan keluarga menyimpan jenis obat ini di rumah.

  1. Istirahat yang Cukup

Biarkan atau ajak anak istirahat yang cukup agar obat dapat bekerja maksimal dalam tubuh. Terkadang demam juga terjadi karena anak kelelahan atau demam non infeksi.

  1. Kompres Air Hangat

Saat demam sebabnya kompres dengan air dingin atau hangat sering menjadi pertanyaan orangtua.  Dianjurkan untuk kompres dengan air hangat karena air hangat dapat membantu tubuh menyeimbangkan suhu tubuh menjadi kembali normal. Kompres yang tepat akan memperlebar pembuluh darah agar terjadi penguapan panas lebih cepat.

  1. Terapi Kaus Kaki

Terapi kaus kaki dilakukan dengan cara memasukkan kaki anak ke air hangat. Setelah itu, masukkan kaus kaki katun ke dalam air dingin lalu peras dan gunakan sebelum anak tidur. Kenakan kaus kaki yang kering berbahan wol di atas sepasang kaus kaki yang basah tersebut. Hal ini dapat membantu untuk meringankan panas yang dialami si anak, karena nantinya akan melancarkan peredaran darah pada tubuh anak.

Sponsors Link

  1. Mandi Air Hangat

Berbeda dengan keyakinan banyak orang yang menganggap anak demam dilarang mandi. Mandi air hangat sangat dianjurkan karena mempunyai efek yang sama dengan terapi kaus kaki atau kompres air hangat.

  1. Minum Sari Kunyit

Cara menurunkan panas pada anak usia 6 tahun yang selanjutnya adalah dengan obat herbal anak demam tinggi. Salah satunya adalah dengan minum sari kunyit. Kandungan dapat menurunkan panas dan anti inflamasi yang baik.

ads

  1. Menggunakan Bawang Merah

Manfaat bawang merah untuk demam anak diakui sejak lama. Cara menggunakannya juga tidak dikonsumsi, jadi lebih mudah diberikan pada anak. Gosokkanlah bawang merah yang dicampur minyak kelapa ke seluruh permukaan tubuh anak sebelum tidur.

  1. Minum Jahe

Teh jahe atau wedang jahe atau minuman sari jahe sekarang ini mudah ditemui. Minuman instan juga ada. Jahe mempunyai efek menurunkan panas, menghangatkan, dan melegakan tenggorokan sehingga sangat efektif sebagai penurun demam batuk pilek dan demam akibat radang tenggorokan.

  1. Konsumsi Buah

Buah semangka, melon, ketimun, jeruk, dan lain-lain sangat efektif sebagai makanan penurun demam. Buah-buahan tersebut memberi efek dingin dalam tubuh sehingga tubuh langsung merasa nyaman jika mengkonsumsinya. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh anak.

  1. Kompres Herbal

Kompres penurun panas sangat efektif diberikan sebagai cara menurunkan panas anak usia 6 tahun. Di antara nama jenis kompres adalah kompres menggunakan bahan herbal. Contohnya menggunakan daun cocor bebek dan daun singkong yang ditumbuk halus. Setelah itu kedua bahan tersebut dapat ditempelkan di dahi, ketiak, atau lipatan paha. Daun cocor bebek cocok bagi demam karena diare. Sedangkan daun singkong sebagai daun epnurun panas sangat baik untuk demam anak disertai sakit kepala.

  1. Minum Sari Temulawak

Kandungan temulawak hampir mirip dengan kunyit. Sehingga minum air sari temulawak juga menurunkan panas. Kandungan curcuma pada temulawak juga akan meningkatkan nafsu makan pada anak yang demam.

  1. Plester Kompres Demam

Plester kompres demam untuk anak anak masih cocok untuk anak usia 6 tahun. Plester ini adalah cara praktis kompres anak, yang khasiatnya mirip dengan kompres air hangat.

  1. Pegagan

Daun pegagan dapat menurunkan panas. Caranya dengan mengambil beberapa helai daun dan mencampurkannya pada air hangat.

  1. Konsumsi Sup Hangat

Sup hangat memiliki banyak zat gizi yang meningkatkan kekebalan tubuh. Orang-orang Barat juga menggunakan cara ini untuk menyembuhkan demam infeksi yang mengakibatkan batuk pilek sacara tradisional.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Seperti telah diketahui, bawang putih dapat menjadi penurunan panas sekaligus antibiotik alami. Konsumsi langsung setelah digeprek sangat bagus khasiatnya.

  1. Banyak Minum Air Hangat

Air hangat memperlebar pembuluh darah sehingga mempercepat penguapan panas. Hal ini menjadi cara menurunkan panas anak usia 6 tahun yang pertama sebenarnya. Karena paling mudah dilakukan. Minum banyak air putih juga mencegah dehidrasi karena panas.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Pakaian Tipis

Usia berapapun penderita panas, tidak dianjurkan menggunakan pakaian tebal dan selimut ketika demam panas. Pakaian tipis akan lebih menyerap keringat dan mempermudah penguapan.

  1. Minum Ramuan Sambiloto

Sambiloto pada beberapa orang mudah ditemukan. Ini juga menjadi obat tradisional penurun panas tinggi. Caranya dengan merebus sambiloto sampai airnya tinggal setengah. Minum sambiloto sebelum tidur, agar panas turun ketika tidur.

Itulah beberapa cara menurunkan panas pada anak usia 6 tahun dengan sebelumnya mengetahui gejala juga penyebab dari penyakit panas tersebut. Semoga sedikit bahasan ini dapat membantu kita pada saat anak mengalami penyakit panas.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan