Sponsors Link

15 Cara Menurunkan Panas Anak dengan Cepat Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Memiliki anak yang masih kecil memang menyenangkan dengan semua tingkah laku dan kelucuannya. Namun saat si kecil sakit, sering kali tawa itu berubah menjadi tangisan juga sikap yang sangat rewel hingga membuat pusing dan tak jarang jadi panik. Sakit yang paling sering dialami oleh anak-anak adalah panas atau demam panas.
Sebelum membahas cara menurunkan panas anak dengan cepat, sebaiknya diketahui dulu tanda anak demam, yaitu :

ads

Salah satu dari gejala tersebut di atas pastilah muncul atau dialami si kecil saat demam. Dengan mengetahui gejala-gejala yang mungkin timbul, maka kita akan lebih yakin dalam mengambil tindakan penanganan selanjutnya. Anak dapat ditangani di rumah jika gejala menunjukkan demam biasa. Berikut langkah-langkah atau cara menurunkan panas anak dengan cepat :

  1. Kompres

Kompres penurun panas dengan air hangat agar si kecil merasa lebih nyaman. Jangan gunakan alkohol karena dapat menyebabkan keracunan saat diserap melalui kulit. Jangan menggunakan air es untuk kompres karena akan memicu hipotermia dan meningkatkan suhu tubuh.

  1. Obat Paracetamol

Obat paracetamol / asetamino bisa diberikan. Obat jenis paracetamol atau obat asetamino sebagai obat penurun panas yang aman. Obat jenis ini banyak direkomendasikan oleh dokter pada anak yang mengalami panas.  Sanmol adalah salah satu obat yang mengandung paracetamol.

  1. Berikan Anak Pakaian Ringan

Gunakan pakaian yang ringan dan nyaman pada si kecil. Jangan memakaikan pakaian yang tebal atau terlalu tipis, karena dapat membuat panas tubuh terperangkap dan tidak keluar ke lingkungan sekitar. Bahkan hanya akan membuat suhu tubuh terus naik.

  1. Berikan Cairan yang Cukup

Berikan cairan yang cukup dengan menyediakan air minum di dekat si kecil, sehingga saat dia merasa haus dengan mudah dapat langsung meminumnya. Hal ini juga untuk menghindari dehidrasi saat si kecil demam. Banyak minum membuat tubuh bermetabolisme terus dan menurunkan panas.

  1. Anak Tidak Munum Kafein, Cola, dan Teh

Hindari minuman yang mengandung kafein, cola dan teh. Karena minuman jenis tersebut dapat menyebabkan si kecil mengalami urinas (kencing yang berlebihan malah menyebabkan dehidrasi). Jika ingin mengkonsumsi teh, bisa minum teh herbal yang dapat menurunkan panas.

Sponsors Link

  1. Mandi Air Hangat

Tetap mandi menjadi salah satu cara menurunkan panas anak dengan cepat. Yang penting, mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat membuat tubuh menjadi lebih segar dan melebarkan pembuluh darah. Melebarnya pembuluh darah membuat penguapan suhu tubuh lebih cepat.

  1. Konsumsi Sup Hangat

Sup mengandung nilai gizi yang tinggi sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu rasa hangat dari sup akan melegakan pernapasan. Penurunan suhu tubuh juga akan lebih cepat.

ads

  1. Bawang Merah

Manfaat bawang merah untuk demam anak yang diiris tipis dan dicampurkan dengan minyak kelapa dapat dengan cepat menurunkan panas dengan dibalurkan ke seluruh tubuh. Bawang merah mengandung minyak atsiri yang membantu menurunkan panas dengan cepat.

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan obat tradisional yang menurunkan panas dan mengandung anti biotik alami. Cocok bagi anak yang menderita demam infeksi atau demam bakteri. caranya dengan mencampurkan bawang putih pada makanan penurun panas.

  1. Madu

Manfaat madu untuk demam anak sejak lama dipercaya. Madu juga menghasilkan energi yang berlebih sehingga anak lebih cepat pulih dari sakitnya.

  1. Teh Jahe

Jahe merupakan bumbu dapur khas Indonesia yang mudah ditemui. Jahe mengandung minyak atsiri yang menurunkan panas. Selain itu, kandungan jahe menghangatkan tubuh. Sangat pas diminum anak yang demam flu pada anak atau demam batuk pilek pada anak atau demam akibat radang tenggorokan.

  1. Temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri. Juga mengandung curucuma yang menambah nafsu makan anak. Minum sari temulawak merupakan salah satu cara menurunkan panas anak dengan cepat sekaligus memulihkan stamina dengan bertambahnya nafsu makan.

  1. Plester Kompres Demam

Plester kompres demam anak dapat disediakan bagi orangtua yang ingin praktis. nama jenis kompres ini banyak beredar bebas di pasaran dan khasiatnya tidak kalah dengan kompres air hangat. Yang penting diperhatikan adalah cara kompres dengan benar.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda atau kelapa hijau sangat menyegarkan jika diminum. Kandungan elektrolitnya menurunkan panas dengan cepat dan menetralisir racun. Sangat cocok untuk mencegah dehidrasi pada anak dengan demam diare atau demam cirit birit.

  1. Buah

Beberapa buah seperti semangka, timun, melon, dan jeruk memberi efek dingin jika dikonsumsi. Hal ini membuat buah menjadi makanan penurun penurun demam. Buah juga mengandung vitamin C tinggi yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikian 15 cara menurunkan panas anak dengan cepat.  Selain penanganan-penanganan juga satu hal yang penting yaitu tetap tenang. Tetap tenang dan tidak panik, tetap fokus pada penanganan panas si kecil agar lekas sembuh. Dalam beberapa kasus, jika panas adalah gejala demam biasa, panas akan mereda dengan istirahat beberapa jam saja. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan