Sponsors Link

7 Cara Mengobati Exanthema Subitum yang Alami

Sponsors Link

Exanthema subitum merupakan penyakit virus yang umumnya menimbulkan gejala berupa demam dan diikuti dengan timbulnya ruam sesudah demam berhasil turun. Demam tinggi ini bisa turun secara tiba tiba atau bersamaan dengan munculnya ruam berwarna kemerahan. Ruam yang terjadi pada exanthema subitum ini akan terlihat pertama kali di area pipi yang kemudian menyebar ke tangan, kaki dan seluruh bagian tubuh selama 3 hingga 7 hari.

ads

Exanthema subitum merupakan jenis penyakit menular lewat cairan tubuh yang keluar saat berbicara, bersin atau batuk. Exanthema subitum sebenarnya tidak membutuhkan perawatan khusus, akan tetapi dokter akan merekomendasikan beberapa cara mengobati Exanthema subitum seperti yang akan kami berikan dibawah ini.

  1. Minyak Atsiri

Minyak atsiri bisa digunakan untuk menurunkan virus penyebab demam dan mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Beberapa minyak atsiri yang bisa digunakan adalah minyak kayu putih, chamomile dan juga bergamot.

  • Gunakan sekitar 10 tetes minyak atsiri ini dalam alat aromaterapi pada kamar.
  • Cara lain yang bisa dilakukan adalah mencampur 2 tetes minyak bergamor dengan lemon dan 4 tetes minyak kayu putih atau minyak chamomile dalam semangkuk air dingin.
  • Celupkan handuk kecil dalam air tersebut dan peras lalu letakkan pada dahi dan leher.
  1. Biji Carom

Biji carom adalah rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan yang juga bisa digunakan sebagai obat penurun demam yang bagus dan gejala lain yang ditimbulkan Exanthema subitum. Rebus beberapa biji carom dengan air lalu hirup uap yang dihasilkan sebagai dekongestan dan juga membunuh virus penyebab Exanthema subitum.

  1. Jus Elderberry

Jus elderberry bisa merangsang keringat lebih banyak sekaligus menurunkan demam lebih cepat. Kandungan vitamin C tinggi dalam jus elderberry juga membantu untuk melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Saat demam berkepanjangan yang akut, anda bisa mengkonsumsi 1 gelas jus elderberry ini dan lakukan secara teratur.

  1. Kompres Cuka Apel

Kompres cuka apel sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu dan sampai sekarang masih digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti salah satunya Exanthema subitum sehingga demam panas bisa cepat diturunkan.

  • Celupkan kain dalam larutan 1/3 cangkir cuka apel dengan 2 gelas air dingin.
  • Peras kain dan gunakan untuk kompres lalu ganti setiap 20 hingga 30 menit sekali supaya demam cepat turun.
  1. Diet Buah Buahan

Saat virus ini menyerang, maka sistem kekebalan tubuh juga akan menurun sehingga diperlukan asupan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita seperti buah yang tinggi kandungan vitamin C. Beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi diantaranya adalah nanas, pepaya, jeruk, kiwi dan juga strawberry yang tinggi vitamin C serta aman dikonsumsi. Agar khasiatnya lebih bermanfaat, tambahkan dengan madu yang juga berguna untuk menambah rasa.

Sponsors Link

  1. Konsumsi Banyak Cairan

Minum lebih banyak cairan juga sangat disarankan seperti air putih, air jahe, air lemon, kaldu atau larutan elektrolit serta minuman berolahraga untuk mencegah dehidrasi mengingat Exanthema subitum juga seringkali menyebabkan tanda bayi dehidrasi karena demam maupun orang dewasa.

  1. Mandi Air Hangat

Penderita exanthema subitum juga disarankan untuk mandi air hangat yang juga menjadi cara pengobatan mudah untuk mengurangi ruam dan juga menurunkan gejala demam. Pastikan air cukup hangat untuk mencegah badan menggigil dan tambahkan juga desinfektan untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari ruam seperti menambahkan minyak lavender atau minyak rosemary ke dalam air.

Sponsors Link

Sebenarnya, tidak ada solusi spesifik untuk cara mengobati exanthema subitum dan beberapa cara diatas hanya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga gejala dari exanthema subitum seperti demam, ruam dan juga kelelahan bisa diatasi sekaligus mempercepat penyembuhan penyakit dan membunuh virus tersebut. Hal yang paling penting adalah tidak memberikan aspirin untuk penderita exanthema subitum yang masih bayi atau anak anak karena bisa meningkatkan sindrom Reye yakni penyakit otak serius yang juga mempengaruhi kinerja organ hati dan beberapa organ lainnya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan