Sponsors Link

7 Cara Mengobati Roseola Infantum Pada Bayi Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Roseola infantum merupakan infeksi yang terjadi pada bayi dengan gejala seperti demam, ruam pada kulit, diare, kelelahan dan nafsu makan yang menurun drastis. Roseola infantum memang umumnya terjadi pada bayi dan juga anak kecil yang membutuhkan perawatan medis dan perhatian khusus. Selain itu, roseola infantum juga bisa diatasi dengan berbagai jenis rempah dan makanan yang mengandung antiviral. Sebelum melakukan beberapa pengobatan rumahan untuk roseola infantum, ada baiknya juga dikonsultasikan dulu dengan dokter. Simak ulasan mengenai cara mengobati roseola infantum pada bayi selengkapnya seperti yang kami berikan berikut ini.

ads
  1. Mandi Chamomile

Pengobatan pertama yang mudah dilakukan dengan hasil yang efektif adalah memandikan bayi dengan chamomile. Chamomile merupakan ramuan untuk menenangkan sistem saraf dan bagus juga untuk mengatasi masalah pencernaan. Sedangkan kegunaan lain dari chamomile adalah mengatasi ruam merah pada bayi yang terjadi pada kulit karena roseola infantum. Mandikan bayi anda dengan air hangat yang dicampur dengan beberapa tetes ramuan chamomile sehingga gejala utama dari roseola infantum bisa disembuhkan.

  1. Jus Jeruk dan Lemon

Kedua jenis buah sitrus ini sangat efektif untuk melawan berbagai gejala roseola infantum. Dalam jeruk sangat tinggi kandungan vitamin C atau asam askorbat yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk mengatasi gejala demam. Vitamin C ini merupakan antioksidan yang bisa menguatkan tubuh dan mencegah infeksi virus serta mencegah dehidrasi dan kelelahan karena penyakit ini.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung sifat antiviral, antiseptik dan juga antiinflamasi sehingga menjadi pengobatan alami berikutnya untuk roseola infantum. Gel atau lendir yang terdapat dalam tanaman lidah buaya bisa diekstrak kemudian dioleskan pada kulit untuk menyembuhkan ruam. Selain itu, gel lidah buaya juga bisa diaplikasikan pada dahi atau kening untuk menurunkan demam panas yang terjadi. Sedangkan untuk ekstrak atau kapsul lidah buaya juga bisa diberikan pada bayi namun dengan dosis yang tetap dan harus dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum diberikan pada bayi.

  1. Makanan dan Minuman Probiotik

Mengatasi virus yang ada dalam tubuh memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan khususnya jika terjadi pada bayi, Mengkonsumsi makanan dan minuman probiotik seperti yogurt atau kefir sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi yang menyehatkan dan juga mudah dicerna sehingga demam berkepanjangan bisa diturunkan. Selain itu, penelitian yang dilakukan di Italia menyebutkan jika probiotik berperan penting dalam melawan infeksi saluran pernafasan pada anak sehingga baik diberikan pada bayi dan anak.

  1. Mentega Kakao

Mentega kakao atau cocoa butter juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis tertentu sekaligus mempercepat penyembuhan ruam pada kulit sekaligus mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari roseola infantum. Dalam cocoa butter mengandung asam lemak tinggi seperti asam palmitat dan juga asam stearat yang baik digunakan untuk menyembuhkan roseola infantum.

  1. Aromaterapi

Untuk memudahkan iritabilitas dan kecemasan pada bayi serta anak yang terkena roseola infantum, salah satu aromaterapi seperti minyak lavender bisa ditambahkan pada air mandi bayi untuk menenangkan dan meringankan ruam yang terjadi karena roseola infantum. Menghirup aroma lavender juga sudah terbukti bisa mengurangi stres dan kecemasan sehingga sangat baik digunakan untuk mengatasi roseola infantum pada bayi.

Sponsors Link

  1. Selenium

Selenium sangat baik diberikan pada bayi dan anak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mencegah virus penyebab demam sekaligus membantu penderita pulih lebih cepat dari infeksi virus seperti roseola infantum. Selenium juga berfungsi untuk mengurangi peradangan dan gejala asma sehingga sangat penting ditambahkan dalam asupan makanan anak seperti lebih banyak memberikan telur yang tinggi akan kandungan selenium dan bisa dicerna dengan baik pada pencernaan bayi. Untuk bayi yang alergi dengan telur bisa diberikan ekstrak biji bunga matahari atau kacang brazil yang juga mengandung selenium tinggi.

Roseola infantum memang sampai saat ini belum diketahui cara pencegahannya yang terbaik. Namun jika sistem kekebalan tubuh bayi, anak anak dan orang dewasa terganggu, maka roseola infantum ini bisa terjadi sehingga sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lewat asupan makanan terbaik sekaligus tetap menjaga tubuh bayi agar selalu terhidrasi dengan baik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan