Sponsors Link

6 Cara Menurunkan Demam Bayi 9 Bulan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Saat mendapati bayi sedang sakit sebaiknya segera ingat-ingat cara menurunkan demam bayi 9 bulan. Hal ini sangat penting karena bayi rentan mengalami infeksi lanjutan akibat daya tahan tubuh bayi yang sangat minim dan belum maksimal. Oleh sebab itu sangat wajar jika bayi tiba-tiba sakit dan demam karena asam lambung maka orang tua akan segera membawa bayi ke dokter untuk memperoleh pengobatan yang paling tepat dan berkhasiat.

ads

Cara ini tidak salah, namun sebagai pilihan tentu ada beberapa alternatif lain yang dapat dilakukan. Sebagai informasi, berikut ini beberapa cara menurunkan demam bayi 9 bulan yang mudah dilakukan sendiri.

1. Kompres Dingin

Cara paling mudah dan efektif untuk membantu menurunkan demam pada bayi yaitu dengan memberikan kompres dingin. Berikan manfaat kompres demam di dahi bayi dan ganti secara berkala. Dapat menggunakan handuk dingin atau dapat pula menggunakan kompres instan yang ada di pasaran. Yang paling penting yaitu demam dapat mereda dan bayi dapat ceria lagi seperti sedia kala.

2. Parutan Bawang Merah

Cara alami untuk mengatasi penyebab demam saat diare yaitu dengan mengoleskan parutan bawang merah ke punggung dan perut bayi. Dengan demikian maka tubuh bayi akan lebih hangat dan demam berangsur-angsur akan mereda. Sehingga kondisi suhu tubuh bayi akan kembali normal seperti sebelumnya.

3. Uap Minyak Kayu Putih

Cara menurunkan demam bayi 9 bulan yang dapat dilakukan berikutnya yaitu dengan memberikan uap minyak kayu putih. Caranya sangat mudah, tuangkan minyak kayu putih pada sebaskom air panas dan minta bayi menghirup uapnya. Dengan demikian gejala demam biasa dapat mereda dan kondisi kesehatan bayi juga akan jauh membaik. Cara ini terbukti sangat ampuh setelah sekian lama dilakukan sejak jaman dahulu kala.

4. Minum ASI

Obat demam paling manjur untuk membuat suhu badan bayi menjadi normal kembali yaitu dengan memberikan asupan ASI yang lebih banyak. Sehingga dengan demikian maka daya tahan tubuh bayi juga akan meningkat lebih maksimal. Hal ini sangat penting karena akan membantu bayi dalam memproduksi imunitas tubuh yang lebih tinggi dan lebih cepat. Sehingga bayi menjadi tidak mudah demam panas di kemudian hari.

5. Perbanyak Air Putih

Cara berikutnya yang juga dikenal sangat manjur yaitu dengan memberikan asupan air putih yang lebih banyak. Sebaiknya berikan sesuai porsi berat badan bayi. Manfaat air putih ini berfungsi menghindari resiko tanda bayi dehidrasi karena demam. Karena kurang minum dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, susah menyerap racun dan dapat berakibat gagal ginjal. Selain itu akhirnya dapat membuat tubuh menjadi demam dan suhu badan tubuh anak menjadi susah untuk turun.  

Sponsors Link

6. Obat Turun Panas

Jika beberapa cara alami di atas tidak berhasil, maka segera berikan obat penurun panas badan baik berupa paracetamol yang ringan maupun ibuprofen yang dapat membantu meredakan rasa sakit akibat demam juga. Dengan demikian maka bayi dapat segera sembuh dan suhu tubuhnya dapat segera normal kembali.

Demikian beberapa cara menurunkan demam bayi 9 bulan yang umum diberikan dalam mempercepat normalnya suhu tubuh bayi yang demam air mata keluar. Dengan penanganan yang tepat maka infeksi sekunder dapat dihindari. Lebih jauh lagi, pengobatan yang tepat dan efektif dapat membantu bayi cepat sembuh dan tidak perlu mengalami resiko demam yang sama untuk kedua kalinya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan