Sponsors Link

Mandi Ketika Sakit Demam Jangan Sembarangan, Ini Caranya!

Sponsors Link

Banyak orang yang sering bertanya tanya tentang apakah mandi ketika sakit demam boleh dilakukan dan apa bisa memperburuk kondisi demam. Demam sendiri sebenarnya bukan penyakit namun gejala umum dari banyak penyakit. Demam berkepanjangan ditandai dengan suhu tubuh yang mengalami peningkatan, badan menggigil, lemas, sakit kepala dan juga nyeri otot serta persendian. Demam merupakan hasil proses peradangan yang terjadi di dalam tubuh yakni pada saat sistem imun sedang berjuang melawan infeksi. Proses peradangan tersebut kemudian akan membuat senyawa kimia terlepas dan dibawa ke hipotalamus lewat aliran darah. Hipotalamus tersebut merupakan struktur dalam otak yang berguna untuk mengukur suhu tubuh.

ads

Di dalam hipotalamus, maka senyawa kimia ini akan mengubah suhu tubuh menjadi tinggi atau panas dan ini juga yang membuat tubuh keliru lalu menganggap jika suhu tubuh yang normal justru yang bersuhu panas dan inilah penyebab seseorang terserang gejala demam biasa. Pada bayi serta anak anak, demam umumnya terjadi ketika suhu tubuh sudah lebih dari 37 derajat celcius. Sedangkan untuk orang dewasa bisa terjadi ketika suhu tubuh sampai 38 dan 39 derajat celcius. Saat tubuh sedang demam, apakah orang demam boleh mandi dan apakah tidak menyebabkan masalah pada tubuh, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

Aturan Mandi Saat Demam

Mandi ketika sakit demam sebenarnya diperbolehkan karena mandi tidak berhubungan dengan terjadinya demam. Bahkan jika memang mungkin, saat sedang demam dianjurkan untuk mandi sebanyak dua kali sehari agar tubuh bisa tetap dijaga kebersihannya sekaligus mencegah terkena infeksi lainnya. Hal yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah suhu dari air. Mungkin banyak orang yang menganggap jika mandi air dingin saat demam bisa memberikan rasa nyaman ketika tubuh sedang kepanasan. Akan tetapi para dokter seluruh dunia sangat tidak menyarankan hal ini ketika sakit karena bisa memperparah kondisi demam.

Tubuh panas karena demam memang sebenarnya merupakan hal alami yang dibutuhkan tubuh untuk pertahanan diri. Untuk itu saat mandi ketika sakit demam memakai air dingin, maka tubuh akan menganggap suhu dingin dari air adalah ancaman pada proses melawan infeksi sehingga akhirnya suhu tubuh semakin demam dan demam semakin parah sebab air dingin bertugas untuk menutup pori pori sehingga menghambat perpindahan atau pengeluaran suhu tubuh.

Selain itu, mandi menggunakan air dingin juga bisa membuat suhu tubuh turun mendadak yang bisa menjadi penyebab demam menggigil sehingga sebaiknya hindari mandi dengan air dingin saat sedang demam. Sebagai gantinya dan juga menjadi cara terbaik, maka sangat disarankan untuk memakai air hangat atau suam suam kuku pada saat mandi yang bertujuan untuk menyamakan suhu air dengan suhu tubuh. 

Sponsors Link

Perawatan Diri Saat Demam

Jika sesudah mandi namun tubuh masih terasa tidak nyaman dan bahkan suhu tubuh juga semakin meningkat, maka ada beberapa obat yang bisa dikonsumsi seperti ibuprofen, acetaminophen atau aspirin untuk meredakan gejala demam. Ikuti semua petunjuk dokter dan baca label kemasan untuk mengetahui dosis pemakaian obat tersebut. Berhati hati juga untuk tidak mengkonsumsi lebih dari satu obat yang mengandung acetaminophen seperti obat batuk dan pilek. Segera hubungi dokter jika demam yang anda alami tidak kunjung membaik sesudah mandi, minum obat dan berlangsung lebih dari 3 hari dengan suhu mencapai 39 derajat celcius atau bahkan lebih.

Dari ulasan diatas bisa dilihat sebenarnya mandi ketika sedang demam panas sebenarnya tidak berbahaya dan bahkan dianjurkan para ahli kesehatan untuk menghindari infeksi lain menyerang tubuh sekaligus memberi rasa nyaman. Namun hal yang harus diingat ketika ingin mandi saat demam adalah jangan pernah menggunakan air dingin namun sebaiknya gunakan air hangat atau suam suam kuku.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup